8 Peran Manusia Dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Advertisement

Manusia merupakan mahluk tuhan yang paling sempurna. Manusia akan dibekali oleh kemampuan otak yang lebih tinggi ketimbang mahluk hidup yang lainnya. Manusia juga memiliki rasa empati yang tidak dimiliki pula oleh binatang atau tumbuhan. Faktor-faktor itulah yang menyebapkan manusia menjadi mahluk yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk hidup yang lainnya.

Manusia juga berinteraksi langsung dengan lingkungannya. Lingkungan yang ditinggali oleh manusia juga mempunyai peran vital untuk kehidupan manusia itu sendiri. Interaksi yang dibangun oleh manusia dan lingungannya terkadang menimbulkan kesan yang negatif, meskipun tak banyak juga yang membekas untuk kesan positif. (Baca: Jenis piramida rantai makanan)

Saat ini pula peredaban manusia menuju titik yang labih maju, dan seiring berjalannya waktu peradaban yang semakin maju ini memiliki dampak yang berbeda; positif dan negatif. Salah satu contonya adalah saat menusia era kekinian yang menginginkan sesuatu yang praktis, cepat dan ringkas. Namun mengabaikan proses. Satu contoh untuk mobilitas yang cepat ini adalah saat menusia mengendarai kendaraan bermotor. Praktis, ringkas, cepat, namun, diketahui atau tidak itu sangat berdampak buruk untuk lingkungan sekitar, termasuk manusianya sendiri.

Untuk mengatasi itu semua sangatlah diperlukan adanya kesadaran dari manusiannya sendiri untuk dapat peduli terhadap lingkungn sekitar agar dapat memenuhi kebutuhan mahluk hidup. Dan untuk lebih jelasnya, apa-apa saja yang harus dilakukan oleh manusia untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan juga sekitar, akan dijelaskan secara lebih rinci dibawah ini mengenai Peran Manusia Dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan :

  1. Adakan penghijauan

Syarat pertama dan utama adalah mengadakan penghijauan. Jika dirasa lingkungan sekitar sudah harus dilakukan penghijauan alangkah lebih baiknya kita dahulu yang melakukan penghijauan ini. Karna, ada pepatah yang mengatakan secara jelas, jika bukan kita, lalu siapa lagi. kita dapat mekakukan penghijauan untuk jenis-jenis sumber daya alam yang berlaku untuk saat ini. tujuan lain dari penghijauan ini juga untuk menjaga tumbuhan langka yang ada di Indonesia Teruslah mengadakan pneghijauan di lingkungan sekitar, agar lingkungat tersebut tetap terjaga keseimbangannya.

  1. Menjaga flora dan fauna

Langkah kedua yang harus diambil adalah dengan menjaga beberapa unsur terkait yang berada di lingkunagn tempat tinggal kita. Salah satunya adalah flora dan fauna. Ini menjadi kunci utama dalam menjaga sistem keseimbangan lingkungan yang ada di tempat tinggal kita. ini pun akan menjaga keseimbangna ekosistem buatan dan alami. Flora dan fauna merupakan harga mati yang harus dijaga.

Aspek ini dapat dinilai dari keseriusan seseorang dalam menjaga tanaman yang berada di sekitar rumahnya. cara ini juga membuat rantai makanan aman dari segala bahaya. Tidak memetik batangnya secara sembarangan dan iseng, pun juga tidak mengganggu unsur lain yang ada seperti binatang-binatang yang tinggal disekitar. Karna, pengaruhnya akan dirasakan beberapa tahun kemudian.

  1. Pengolahan limbah industri yang tepat

Cara selanjutnya adalah tentang pengolahan limbah industri. Secujurnya ini merupakan cara yang tergolong klasik, namun pengaruhnya akan sangat besar. limbah juga ada yang berbahaya untuk lingkungan salah satunya adalah bahaya logam berat pada lingkungan sekitar. Cara seperti ini memang sudah dilakukan oleh banyak orang. Namun, masih saja ada sebagian yang tidak mau melakukannya. Untuk memulai cara ini yakni dengan memilih sampah mana saja yang dapat didaur ulang dan tida. Kemudian memilih sampah yang akan dibuang berdasarkan jenisnya.

  1. Menjaga kesuburan tanah

Cara yang tergolong baru ini dapat diterapkan oleh semua orang, dan sepertinya tanpa terkecuali. Untuk memulai cara ini sungguhlah mudah, yakni dengan cara menerapkan sistem multikultur yang ada pada tumbuhan atau orang biasa menamakannya dengan tumpang sari dalam bercocok tanam. Cara ini dapat membuat kesuburan tanah yang tetap terjaga. Cara ini pun juga dapat mencegah erosi tanah.(Baca: cara menjaga keseimbangan ekosistem)

Sponsors Link

  1. Bijak dalam mengkonsumsi sumber daya

Untuk sumberdaya yang dapat diperbaharui mungkin boleh saja kita konsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, untuk perkara sumber daya yang tidak tadapt diperbaharui atau pun sulit untuk diperbaharui, alangkah lebih baiknya kita bijak dalam mengkonsumsinya. cara seperti ini juga seperti cara melestarikan laut atau ekosistem yang lainnya. Karna, pengaruhnya akan berdampak untuk kita juga sebagai manusia.

Beberapa sumberdaya yang tidak bisa atau sulit untuk diperbaharui adalah, seperti bahan bakar. Bahan bakar seperti minya akan sangat sulit untuk diperbaharui dan jika memang bisa, akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses untuk memperbaharui sumber daya inipun akan sangat sulit, karna membutuhkan alat-alat dan pekerja yang banyak dan tentunya ahli. (Baca: Jenis-jenis terumbu karang yang ada di Indonesia)

  1. Mengkonsumsi hasil peternakan dalam negri

Cara yang mungkin terlihat tidak biasa atau malah bersifat konyol. Namun, begitulah adanya. Cara ini biasa dilakukan untuk mengatasi buah-buahan atau juga daging yang diimpor dari luar. Karna, segala macam yang diimpor dari luar biasanya akan membawa hama baru yang akan merugikan petani dan lingkungan sekitar secara keseluruhan. hal ini juga akan berpengaruh untuk sekitar, seerti pencemaran tanah, air dan juga udara Maka dari itu cara ini harus digalakan.

Sponsors Link
  1. Membuat analisis dampak lingkungan

Ini biasanya akan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tingkat intelejensi yang tinggi, serta tingkat kepedulian terhadapa lingkungan yang tidak kalah tinggi juga. Cara ini biasa di sebut dengan AMDAL. inilah yang dibutuhan untuk upaya pelestarian lingkungan hidup, Yang jika dijabarkan akan menjadi analisis dampak lingkungan. Cara ini bisa dilakukan oleh sang ahli. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk awam melakukan hal yang sama.

  1. Menegakkan peraturan yang berkaitan dengan lingkungan

Cara yang satu ini diperlukan penanganan khusus. Lebih spesifik untuk pemerintah dan instansi terkait. Cara ini adalah cara paling ampuh untuk membasmi para penebang liar, pemburu liar dan segala yang merugikan lingkungan sekitar. ini juga untuk menjaga kebutuhan mahluk hidup dan keutuhannya. Orang-orang yang melakukan pelanggaran secara jelas dan bukti yang nyata, perlu dihukum selayaknya dan seadil-adilnya.

Karna, mereka telah menciptakan kesukan pada lingkungan dan menjadikan lingkunag yang sudah tidak seimbang lagi. Maka sangat pantas agar para penjahat itu diberi hukuman yang layak. inipula akan menjaga keseimbangan ekosistem dan menjaga rantai makanan. Selain menciptakan kerusakan lingkungan, mereka juga menciptakan kerusakan pada ekosistem yang seluruh komponen yang ada. Termasuk juga lingkungan manusia itu sendiri.

Itu tadi adalah beberapa cara dan  Peran Manusia Dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan untuk menciptakan keseimbangan lingkungan yang lebih baik, dan tentunya lebih terjaga. kita harus menjaga lingkungan, karna akan ada bahaya tidak melestarikan lingkungan yang akan kita terima, jika lalai. Beberapa cara diatas tadi bisa diterapkan oleh siapapun, dan juga dimanapun. Karna, untuk menjaga keseimbangn lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Dan karna lingungan pulalah kita dapat hidup dengan layak. Jadi, sudah selayaknya dan sepatutnya kita menjaga keseimbangan lingkungan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 18:16 Oleh :
Kategori : Lingkungan