Sponsors Link
     Sponsors Link

Peredaran Darah Jantung Manusia

Advertisement

Pada artikel yang telah lalu kita telah membahas mengenai sistem transportasi pada manusia yang meliputi sistem kardiovaskuler dan sistem lilmfatik. Pada artikel kali ini lagi-lagi kita akan membahas mengenai sistem kardiovaskuler. Pada kesempatan yang lalu pula kita telah membahas mengenai alat peredaran darah manusia yang meliputi jantung dan pembuluh darah (arteri, vena, dan kapiler). Pada artikel kali ini kita masih akan membahas tentang peredaran darah, namun kali ini lebih ke cara kerja dan alurnya. Baca pula:

  1. Jenis-jenis sel darah
  2. Fungsi sel darah putih dan sel darah merah.
  3. Perbedaan plasma dan serum darah
  4. Kelainan morfologi eritrosit dan leukosit
  5. Bahaya hemofilia

Cara Kerja Jantung

Jantung adalah mesin pompa tubuh. Ia adalah organ kedua yang selalu diutamakan untuk diberi aliran darah pada kondisi shock, setelah otak. Jantung sendiri memiliki cara kerja yang cukup unik. Cara kerja jantung tak hanya bergantung pada inervasi dari sistem saraf pusat, organ jantung juga memiliki inervasi sendiri. Namanya bioelektrisitas otot jantung. Otot jantung memang dikaruniai sifat tersendiri yang mirip dengan sistem saraf.

Jantung juga memiliki mesin pacu sendiri, yaitu SA node dan AV node. Kedua mesin pacu ini memiliki efek threeshold effeck. Di mana ketika satu bekerja dan berkontraksi, maka akan memicu seluruh ruang jantung yang lain untuk berkontraksi. Baca pula:

Nah, seperti yang kita ketahui, jantung berperan dalam peredaran darah dalam tubuh manusia. Lalu bagaimana dengan nutrisi dengan dirinya sendiri? Apakah ia turut mengambil darah dari sistem tubuh ataukah ia memiliki jalur sendiri? Sesungguhnya jantung memiliki apa yang dinamakan vasa privata dan vasa publica.

Berikut adalah penjelasan mengenai peredaran darah jantung :

Vasa Privata

Seperti namanya ‘privat’, jalur vasa (pembuluh darah) ini adalah jalur untuk menutrisi organ jantung sendiri. Jadi untuk nutrisi tubuhnya, jantung tidak mengambil darah dari sistem peredaran darah (baca pula: fungsi sel darah merah dan fungsi sel darah putih).

Vasa privata jantung dimulai dari arcus aorta yang memberi cabang arteri coronaria dextra ke kanab dan arteri coronaria sinistra ke kiri. Arteri coronaria dextra memiliki enam cabang sementara arteri coronaria sinistra memiliki empat cabang.

anatomi permukaan jantung

anatomi permukaan jantung

Cabang arteri coronaria dextra:

  1. Coni arteriosa
  2. SA node
  3. AV node
  4. Marginal dextra
  5. Interventricular posterior
  6. Transversus

Cabang arteri coronaria sinistra:

  1. SA node
  2. AV node
  3. Circumflex
  4. Interventricular posterior

Selain kedua arteri utama tersebut, di sulcus atrioventricular jantung juga terdapat sebuah sinus yang disebut sinus coronarius. Sinus coronarius melingkari jantung secara transversal. Sinys coronarius juga merupakan muara dari lima buah vena sebagai berikut:

  1. Vena cordis magna: berjalan di sulcus interventricular anterior (sisi depan).
  2. Vena cordis media: berjalan di sulcus interventricular posterior (sisi belakang).
  3. Vena cordis parva: berjalan di dinding dorsal sulcus coronarius (sisi belakang berjalan arah transversal).
  4. Vena cordis posterior ventriculi sinistri: berjalan di dinding dorsal (sisi belakang) ventrikel kiri.
  5. Vena cordis oblique marshalli: berjalan di dinding dorsal (sisi belakang) atrium kiri.

Sementara itu ada pula dua buah vena lainnya yang bermuara di ruangan jantung yang lain. Kedua buah vena tersebut adalah:

  • Venae cordis anterior: terletak pada dinding depan (ventral) ventrikel kanan dan bermuara di atrium kanan jantung.
  • Venae cordis minimae thebesii: vena yang bermuara pada seluruh ruang di jantung dengan melalui foramen venarum minimarum.
Sponsors Link

Jantung atau cor adalah organ yang sangat kompleks. Organ ini dilapisi oleh semacam membran tipis namun kuat yang bernama pericardium. Jantung sendiri terletak di mediastinum medius (ICS V midclavicular sinistra) dan ia terombang-ambing di sana, hanya difiksasi atau menggantung dari delapan buah pembuluh datah di sekitarnya.

Vasa Publica

Setelah mengetahui tentang vasa privata, kini saatnya kita mempelajari vasa publica. Publica berarti untuk umum. Vasa publica menjalankan fungsional dari jantung. Ia meliputi delapan pembuluh darah besar yang bermuara pada jantung. Delapan pembukuh darah itu adalah aorta, vena cava superior, vena cava inferior, arteri pulmonalis, dan empat buah vena pulmonalis.

Vasa publica inilah yang berperan dalam sistem peredaran darah dalam tubuh manusia. Jalur sistem peredaran darah dibagi menjadi dua, yaitu peredaran pulmonik dan peredaran sistemik.

Jalur sirkulasi darah sistemik dan pulmonik

Jalur sirkulasi darah sistemik dan pulmonik

  • Peredaran pulmonik

Jalurnya dimulai dari ventrikel kanan-arteri pulmonalis-paru-alveolus-kapiler-vena pulmonalis-atrium kiri.

Di sini terjadi penggantian darah yang sudah banyak mengandung karbon dipksida kembali menjadi darah yang kaya akan oksigen. Hemoglobin yangbterkandung dalam sel darah merah lah yang mengikat oksigen di alveolus. Baca pula artikel: fungsi hemoglobin dan fungsi fibrinogen.

Gangguan atau sumbatan pada peredaran pulmonik dapat berakibat pada terjadinya efusi pleura. Efusi pleura adalah penumpukan cairan di ruang antara paru dan pleura. Pada rontgen, hal ini memberi gambaran edema paru dan manufestasinya adalah rasa sesak.

  • Peredaran sistemik

Jalurnya dimulai dari ventrikel kiri-aorta-arteri-seluruh tubuh (hingga ke jaringan dan sel)-kapiler-vena-vena cava superior/vena cava inferior-atrium kanan. Peredaran sistemik ini alirannya ke seluruh tubuh. Fungsinya untuk menghantarkan zat-zat yang diperlukan tubuh, baik nutrisi berupa makanan maupun pertukaran gas dari jaringan ke pembuluh darah dan sebaliknya.

Peredaran darah sistemik memiliki dampak pada seluruh organ tubuh, seperti hati dan ginjal (baca pula artikel: bagian-bagian ginjal). Gangguan atau sumbatan pada peredaran darah sistemik bisa mengakibatkan edema di seluruh bagian tubuh.

Sponsors Link

Pada peredaran ini kita juga mengenal sistem porta dan vasa porta. Sistem porta sebenarnya adalah bagian dari peredaran sistemik yang bermuara atau membentuk portal khusus untuk menutrisi organ tertentu (organ pencernaan). Antara sistem portal dan peredaran sistemik ini dihubungkan oleh lima pasang pembuluh darah di beberapa bagian tertentu dalam tubuh manusia. Tubuh manusia adalah robot terhebat di dunia. Bahkan untuk satu sistem saja, begitu rumit yang mesti kita pelajari. Apa yang dijelaskan dalam artikel ini sejatinya hanyalah penjelasan secara garis besar. Bisa dibayangkan betapa kompleksnya setiap inci struktur dan fisiologi dari tubuh kita.

Semoga dengan artikel ini kita bisa semakin bersyukur dan mengagumi keagungan Sang Pencipta. Semoga dengan artikel ini pula kita bisa lebih sadar dalam merawat tubuh kita ini.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 28th, August 2016 / 14:01 Oleh :
Kategori : Manusia