Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Sponsors Link

Pernahkah anda melihat bunga dan mengetahui bagian-bagian bunga? Tentunya ini sudah tidak asing lagi dipendengaran anda.  Ya, bunga merupakan salah satu bagian penting dari tumbuhan, dan biasanya merupakan salah satu bagian yang membantu proses reproduksi dari sebuah tumbuhan.Biasanya bunga dapat muncul pada jenis tanaman yang merupakan jenis tumbuhan berbunga dan memiliki bagian-bagian bunga yang memiliki keunikan masing-masing untuk melengkapi agar bunga menjadi tumbuh sempurna dan membuat bunga disukai oleh banyak orang.

ads

Secara umum, bunga merupakan salah satu bagian penting dari jenis tanaman bunga yang tentu saja memiliki beberapa bagian. Biasanya, yang disebut dengan bunga mendeskripsikan bagian batang atau ranting dari sebuah tanaman, hingga mencapat bagian ujung terjauh dari sebuah bunga yang menempel pada sebuah pohon atau tanaman.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari bunga :

bagian bunga

1. Bagian tangkai induk bunga

Bagian tangkai bunga, atau yang sering dikenal dengan bahasa latin sebagai Rachis Pedunculus merupakan bagian awal dari sebuah bunga. Bagian tangkai induk bunga ini merupakan cabang kelanjutan dari sebuah batang atau ranting pohon dan tanaman untuk menuju bunga.

2. Bagian tangkai bunga

Tangkai bunga atau yang dalam bahasa latin juga dikenal sebagai pedicellus merupakan bagian cabang terakhir antara tangkai induk bunga hingga bagian dasar bunag. Tangkai bunga inilah yang biasa sering kita jadikan sebagai bagian bunga yang kita petik dari pohonnya. Biasanya bunga yang dijual sebagai hiasan dan juga koleksi juga mengikut sertakan bagian tangkai bunga ini.

3. Bagian dasar bunga

Bagian berikutnya dari sebuah bunga adalah bagian dasar bunga. Bagian dasar bungam atau yang dikenal juga dengan istilah receptacle dalam bahasa ilmiahnya, merupakan bagian bunga yang menjadi bagian dari ujung tangkai bunga, yang berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

4. Bagian daun pelindung

Bagian selanjutnya dari sebuah bunga adalah bagian daun pelindung bunga. Bagian pelingdung bunga ini berbeda dengan kelopak bunga, karena bagian yang sering dikenal dengan nama Brachtea ini merupakan daun terakhir yang merupakan lokasi tumbuhnya bunga. Jadi, pada bagian ketiak daun ini, sang bunga itu tumbuh dan berkembang.

5. Daun tangkai bunga

Brachteola adalah nama lain dari bagian daun tangkai bunga ini. Ya, bagian daun ini merupakan bagian berupa daun yang yang berfungsi sebagai daun pelindung. Daun tangkai bunga ini tampak di luar bungan dan bisa terlihat. Daun ini berada pada bagian pangkal dari tangkai bunga.

ads

6. Kelopak bunga

Kelopak bunga merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada sebuah bunga. Bagian bunga yang bernama sepal ini merupakan bagian bunga yang berupa kuncup saat bunga belum mekar. Jadi secara fungsi, kelopak bunga membantu menjaga bunga yang belum mekar. Ketika bunga sudah mulai mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, dan membiarkan bunga tersebut mekar. Ketika bunga sudah mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau daun.

7. Mahkota bunga

Bagian mahkota bunga atau yang dikenal juga dengan nama Corolla merupakan salah satu bagian bunga yang seringkali direpresentasikan sebagai bunga itu sendiri. Ya, mahkota bunga merupakan bagian paling luar dari sebua struktur keseluruhan bunga, yang biasanya memiliki warna yang cerah dan juga menarik. Mahkota bunga juga memilki susunan dan juga bentuk yang berbeda – beda setiap bunga, sehingga menjadi salah satu indikator utama dari kecantikan dan juga keindahan dari seuatu bunga

8. Benang sari

Dalam bahasa ilimiahnya , benang sari sering juga dikenal dengan nama stamen. Stamen ini merupakan bagian yang dikenal sebagai alat kelamin jantan pada sebuah bunga. Benang sar berfungsi untuk membantu proses reproduksi dan juga perkembangbiakan pada sebuah bunga, yang nantinya dapat menumbuhkan tanaman baru.

Benang sari terdiri atas tiga bagian utama. Berikut ini adalah ketiga bagian utama dari benang sari :

  • Kepala sari atau yang dikenal dengan nama antheral
  • Serbuk sari atau yang dikenal dengan nama polen
  • Tangkai sari atau yang dikenal denan nama filament

Bagian pendukung dari kepala sari :


1. Putik bunga

Putik merupakan bagian dari bunga yang sering dikenal dengan nama pistil. Bagian ini merupakan alat kelamin wanita pada sebuah bunga. Putik memilikki bentuk seperti sebuah botol lurus, dimana pada bagian dasar putik tersebut terdapat bakal biji dari sebuah bunga, yang dapat membuat tumbuhan baru apabila bertemu dengan serbuk sari yang dihasilkan oleh bunang sari.


2. Carpel

Carpel merupakan pendukung dari sebuah makrospora. Terdapat bakal buah dan juga bakal biji pada bagian carpel ini. Bakal biji yang terdapat pada carpel ini memiliki dua inti, yaitu sebagai sel telur atau ovum, dan juga calon lembaga alias calon buah dari sebuah pohon atau tanaman.


Jenis – Jenis Bunga

Bunga yang indah tentunya memiliki beragam macam jenis-bunga, sehingga tidak semua bunga yang kita temukan selalu memberikan keindahan untuk dilihat. Apabila dilihat dari kondisi dan juga jenis- jenisnya, bunga secara keseluruhan bisa dibagi menjadi beberapa jenis sehingga tidak selalu semua bunga terbentuk secara sempurna.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari bunga yang dapat anda temukan secara umum :


1. Bunga Lengkap

bunga lengkapBunga lengkap merupakan jenis bunga yang memiliki bagian – bagian tubuh yang lengkap. Biasanya, bunga dengan jenis bunga lengkap ini memiliki beberapa bagian yang utuh, seperti bagian kelopak bunga, mahkota bunga, dan juga alat kelamin pada bunga.

Berikut ini adalah beberapa bunga yang termasuk ke dalam jenis bunga lengkap :

  • Bunga kembang sepatu
  • Bunga Bakung


2. Bunga tidak lengkap

bunga tidak lengkapJenis bunga berikutnya adalah bunga tidak lengkap. Sesuai dengan namanya, bunga tidak lengkap ini merupakan kebalikan dari jenis bunga lengkap. Bunga tidak lengkap basanya memiliki beberapa ciri utama. Ciri utama dari bunga tidak lengkap ini adalah bahwa jenis bunga tidak lengkap merupakan bunga yang tidak memiliki perhiasan atau kelopak bunga, dan beberapa juga tidak memiliki alat kelamin untuk fungsi reproduksinya.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari bunga tidak lengkap :

  • Bunga kamboja
  • Bunga kelapa


3. Bunga Sempurna

bunga lengkapBunga sempruna menjadi jenis bunga yang paling banyak fungsinya dan juga merupakan jenis bunga yang paling komplit. Hal ini disebabkan karena, selain memilki bagian mahkota dan juga kelopak, bunga sempurna juga memiliki ciri utama, yaitu memilki dua organ kelamin yang terdapat di dalam satu bunga. Hal ini membuat jenis bunga sempurna ini seringkali dikenal dengan istilah bunga hermaprodit.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari bunga sempurna :

  • Bunga matahari
  • Bunga mawar


4. Bunga Tidak Sempurna

bunga salakBunga tidak sempurna mengacu pada jenis bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin saja. Biasanya, tanaman dengan bunga yang berjenis bunga tidak sempurna ini memiliki alat kelamin yang terpisah antar pohon atau tanamannya, sehingga seringkali memunculkan istilah tanaman jantan dan juga tanaman betina.

Hal ini biasa ditemukan pada jenis pohon salak, yang memiliki jenis bunga yang tidak sempurna, sehingga pohon salak sering dikenal juga dengan istilah salak jantan dan juga salak betina.


Fungsi dari bagian bunga

Bunga yang biasa sering kita jumpai dimana-mana ternyata memiliki fungsi dari setiap bagian-bagian yang ada pada bunga. Agar bunga tetap terlihat indah, bagian-bagian dari bunga ikut berperan memiliki fungsi masing-masing untuk saling melengkapi agar bunga selalu terlihat indah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari beberapa bagian bunga yang sudah disebutkan sebelumnya :

1. Mahkota bunga

Mahkota bunga memiliki beberapa fungsi yang penting, baik bagi bunga, tanaman, maupun bagi makhluk hidup lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mahkota bunga :

  • Sebagai bagian yang dapat menarik minat dari serangga dan hewan untuk membantu penyerbukan
  • Untuk menarik mangsa (bagi jenis bunga yang sifatnya karnivora)
  • Sebagai hiasan pada taman dan juga pekarangan rumah
  • Sebagai tanda respon afeksi atau perasaan seseorang
  • Terkadang digunakan juga untuk mencerminkan kepribadian seseorang
  • Dapat menjadi indikator dari kondisi kesehatan sebuah tanaman
  • Untuk pewarna dan juga keperluan lainnya
Sponsors Link

2. Tangkai bunga

Tangkai bunga selain sebagai penahan dari bunga agar dapat tetap berada di posisinya, juga memiliki beberapa manfaat dan fungsi, seperti :

  • Membantu menyalurkan nutrisi dari akar menuju bunga
  • Membantu penyerapan air, sehingga bunga bisa tetap hidup, apabila sudah dipetik

Fungsi Bunga

Tak banyak kita ketahui bahwa bunga memiliki fungsiBunga sendiri, tentu saja merupakan salah satu jenis bagian dari tumbuhan yang memiliki banyak sekali fungsi. Paling tidak, ada dua fungsi yang dimiliki oleh bunga, yaitu fungsi secara biologis dan juga fungsi secara non biologis.


1. Fungsi biologis bunga

Fungsi biologis bunga merupakan fungsi dari bagian bunga tumbuhan yang berfunggsi dan memilki peran penting dalam siklus biologis dari suatu tanaman. Apabila dilihat berdasarkan fungsi biologisnya, bunga memiliki beberapa fungsi biologis, terutama bagi keseluruhan tanamannya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi biologis dari bunga :

  • Sebagai organ seksual, dimana bunga merupakan tempat menyatunya gamet jantan dan juga gamet betina pada tumbuhan.
  • Setiap tanaman yang memiliki bunga akan sangat menggantungkan reproduksi dan juga penyebarannya melalui bunga tersebut.
  • Sebagai organ untuk bertahan pada kondisi yang kurang menguntungkan. Hal ini terjadi, misalnya pada tanaman yang biasa tumbuh pada lokasi kering, dimana tumbuhan tesebut akan membentuk bunga ketika mangalami kondisi kekurangan air.
  • Untuk menarik serangga, agar mau hinggap dan membantu proses penyerbukan pada bunga
    Untuk meneruskan proses perkembangbiakan, karena bunga ada juga yang berproses menjadi biji, yang kemudian bisa ditanam kembali.


2. Fungsi Non Biologis bunga

Dari sisi non biologisnya, bunga juga memilki beberapa manfaat. Fungsi non biologis merupakan fungsi yang dimiliki oleh bunga, yang dimanfaatkan oleh organisme lainnya, dan bukan untuk kepentingan dari bunga dan juga tumbuhan itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa fungsi non biologis dari sebuah bunga :

  • Sebagai hiasan pada pekarangan
  • Untuk mempercantik sebuah ruangan
  • Sebagai aksesoris
  • Untuk membantu mengusir nyamuk dan juga serangga yang mengganggu
  • Sebagai penghasil nectar, yang sangat dibutuhkan oleh beberapa serangga sebagai makanan, seperti lebah dan juga burung kolibri.
  • Sebagai aroma terapi, karena beberapa jenis bunga memiliki wangi yang memikat dan mampu membuat suasana menjadi lebih rileks.
  • Sebagai indikator bahwa kondisi kesehatan dari sebuah tumbuhan baik, karena apabila kondisi tumbuhan tidak baik, maka biasanya tumbuhan tersebut tidak berbunga.
  • Sebagai konsumsi apabila sudah berubah menjadi bentuk buah


Nah tentu saja, bunga memiliki banyak kontribusi dan juga fungsi yang sangat banyak, bagi keseluruhan makhluk hidup, seperti hewan dan juga manusia, karena itu harus dijaga dengan baik keanekaragaman hayati yang ada di bumi kita. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya juga mengenai ilmu biologi :

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 02nd, October 2015 / 09:08 Oleh :
Kategori : Tumbuhan