Sponsors Link

Metagenesis Tumbuhan Paku Paling Lengkap

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang metagenesis tumbuhan paku. Namun, sebelum kita membahas tentang metagenesis tumbuhan paku, alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu tumbuhan paku? Langsung aja kita simak penjelasannya :

ciri ciri tumbuhan paku pada umumnya berbeda dengan tanaman lainnya yang tumbuh langsung dari biji. Tumbuhan paku tumbuh dari spora. Tumbuhan paku termasuk kelompok tumbuhan kuno. Konon, fosil tumbuhan paku pertama ada sekitar 360 juta tahun yang lalu, jauh lebih tua dari pada dinosaurus.

Pada umumnya tumbuhan paku berupa rerumputan yang hidup ditempat yang lembab dan basah, tumbuhan ini sangat mudah kita temui dimana-mana (Kosmopolitan), tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang memiliki peringkat paling bawah di hutan-hutan subtropis dan tropis.

Mulai dari dataran rendah sampai ke dataran tunggi gunung, bahkan ada juga yang hidup di air, Namun sebagian besar hidup di darat, di tanah atau ada sebagian yang menempel pada tumbuhan lain (epifit). Berikut adalah Siklus hidup tumbuhan paku:

  • Tumbuhan paku mengalami pergiliran keturunan (metagenesis) antara fase gametofit dan fase sporofit.
  • Kedua fase ini berlangsung secara bergiliran.
  • Sporofit pada tumbuhan paku adalah tumbuhan paku itu sendiri yang menghasilkan spora pada daunnya.
  • Sporofit merupakan fase dominan pada proses pergiliran keturunan tumbuhan paku.
  • Spora yang dihasilkan akan tumbuh bila jatuh pada tempat yang lembab dan teduh.

Itulah sedikit ulasan mengenai tumbuhan paku. Oke, langsung saja kita lanjut ke pokok bahasan utama yaitu tentang metagenesis tumbuhan paku :

Metagenesis (pergiliran keturunan) pada tumbuhan paku merupakan bagian dari mekanisme reproduksi tumbuhan ini.  Reproduksi generatif tumbuhan paku dilakukan melalui peleburan spermatozoid dan ovum. Reproduksi vegetatifnya dengan membentuk spora. perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif berlangsung secara bergantian melalui suatu pergiliran keturunan yang disebut metagenesis. Ada beberapa tahapan-tahapan metagenesis tumbuhan paku diantaranya yaitu:

  • Sporangium yang mengeluarkan spora yang kemudian mengalami pematangan dengan mitosis menjadi protallus atau protalium yang terdapat pada tumbuhan paku.
  • Kemudian didalam tumbuhan paku juga terdapat protalium atau protallus yang berkembang sehingga menjadi alat reproduksi seksual seperti anteridium yang menghasilkan spermatozoid dan arkegonium yang kemudian menghasilkan sel telur. Terbentuknya protalium atau protallus menjadi awal fase gametofit dalam metagenesis tumbuhan paku.
  • Zigot terbentuk dari hasil pertemuan antara Sel telur dan spermatozoid.
  • Zigot berkembang membentuk tumbuhan paku dewasa. Pada tingkat ini fase sporofit dimulai kembali.

Metagenesis yang terjadi pada tumbuhan paku yang heterospora, hanya berbeda dari protalium dan spora yang dhasilkan dikarenakan adanya  istilah makro dan mikro. Perlu kita ketahui bahwa, metagenesis secara utuh tidak terjadi pada satu tumbuhan saja, akan tetapi terjadi reproduksi dengan kata lain dalam metagenesis tumbuhan paku terjadi pembentukan anakan paku baru, bukan terjadi pada satu spesies saja yang bertransformasi.

Sampai disini dulu ya sobat pembahasan artikel pada kesempatan kali ini mengenai metagenesis tumbuhan paku. Semoga bisa membawa manfaat sedikit ilmu yang saya ulas di atas. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan