Sponsors Link

Nanoteknologi dan Penjelasannya

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk lebih memperluas pengetahuan anda mengenai teknologi yang berkembang saat ini, mungkin ada salah satu ilmu yang sangat cocok untuk sobat ketahui. Ilmu tersebut memiliki istilah atau dikenal dengan sebutan nanoteknologi atau manfaat penggunaan teknologi nuklir. Lantas, apa sih sebenarnya ilmu nanoteknologi itu? Apakah nanoteknologi memiliki dampak bagi kehidupan? Bagi anda yang penasaran sekaligus ingin lebih mengenal mengenai istilah nanoteknologi ini, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai nanoteknologi dan penjelasannya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan di kalangan masyarakat, pastinya akan memunculkan hal-hal baru yang tentunya dapat memberikan manfaat dan juga dapat menambah pengetahuan bagi anda sendiri seperti pengetahuan tentang hal gaib dari sisi ilmu biologi. Salah satu istilah dalam ilmu pengetahuan yang saat ini sering sekali terdengar adalah istilah nanoteknologi. Lantas seperti apa sih ilmu nanoteknologi itu? Berikut ini penulis akan mencoba memberikan sedikit ulasan mengenai nanoteknologi dan penjelasannya, antara lain:

  • Pengertian nanoteknologi

Nanoteknologi adalah suatu ilmu atau teknologi yang mempelajari obyek-obyek yang memiliki ukuran sangat kecil (sepersemiliar meter) seperti bakeri yang berperan dalam pembuatan biogas kemudian dilakukan kegiatan manipulasi-manipulasi untuk menghasilkan benda-benda baru yang nantinya menjadi karakter khusus seperti yang diinginkan. Atau yang lebih sederhananya adalah nanoteknologi merupakan lompatan teknologi untuk merekayasa benda atau hal-hal yang baru dari benda atau hal-hal yang sudah ada.

  • Dampak nanoteknologi

Nanoteknologi pastinya juga akan memberikan beberapa dampak bagi manusia dari mulai berdampak pada lingkungan, hingga sampai di beberapa bidang yang kerap dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Lantas apa saja sih dampak dari nanoteknologi itu? Berikut ini merupakan sedikit penjelasan mengenai dampak dari nanoteknologi antara lain:

  1. Menciptakan lingkungan yang lebih bersih melalui berbagai metode baru pemurnian air dan penghilangan dari air tanah dan tanah itu sendiri.
  2. Kemudian dalam bidang energi, telah di dapat solar cell yang lebih efisien, Kincir angin yang lebih ringan dan lebih kuat, dan diperoleh mobil yang juga lebih ringan sehingga mengurangi atau menghemat bahan bakar.
  3. Dalam bidang kesehatan, deteksi dan penanganan penyakit kanker menjadi lebih baik dan mudah, dan juga pada kondisi medis yang lain.
  4. Dalam bidang otomotif, adanya smart tires (ban pintar), jendela anti kabut, dan sparepart dari mobil yang lebih kuat merupakan penemuan-penemuan brilian dari nanoteknologi dan masih banyak dampak-dampak lainnya.
  • Contoh penerapan nanoteknologi

Nanoteknologi saat ini juga sudah di pakai dalam bidang pertanian seperti nanoteknologi dalam modifikasi benih dan pupuk, teknik pengemasan makanan, energi ramah lingkungan, dan juga dalam teknik jaringan. Nanoteknologi itu sendiri juga dapat bermanfaat dalam proses produksi atau memperbaiki kerusakan jaringan secara artificial distimulasi dengan menggunakan poliferasi sel. Penerapan nanoteknologi dalam bidang pertanian ini akan membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas, kualitas, hingga penggunaan sumber daya.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai nanoteknologi dan penjelasannya yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini penulis dapat memberikan manfaat bagi anda.

Dan juga semoga dengan adanya artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!