Sponsors Link

Manfaat Penerapan Bioteknologi

Sebelum membahas tentang manfaat Bioteknologi, ada baiknya kita paham duluapa itu Bioteknologi. Secara umum Bioteknologi diartikan sebagai salah satu metode yang melibatkan makhluk hidup atau organisme hidup untuk menghasilkan produk baru sehingga dapat bermanfaat bagi manusia.

Atau dengan kata lain dapat dikatakan bioteknologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari cara memanfaatkan organisme hidup dalam melakukan proses produksi untuk menghasilkan barang maupun jasa yang bermanfaat bagi manusia.

Bioteknologi sendiri berasal dari dua kata yaitu kata Bio dan kata Teknologi. Bio berarti  kehidupan sedangkan Teknologi diartikan sebagai suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan secara praktis.

Modern ini, pengembangan bioteknologi tidak hanya mengacu pada ilmu biologi saja, melainkan bisa diambil dari beragam cabang ilmu seperti halnya dari genetika, biokimia, mikrobiologi, biologi molekuler, komputer dan lain sebagainya.

Ada beberapa ciri-ciri utama dari bioteknologi, diantaranya terdapat benda biologi misalnya saja berupa mikroorganisme, tumbuhan maupun hewan.

Kemudian adanya pendayagunaan secara teknologi maupun secara industri dan yang terakhir yaitu produk atau jasa yang dihasilkan merupakan hasil dari ekstraksi maupun pemurnian.

1.Manfaat Bioteknologi

Secara umum, terdapat begitu banyak manfaat dari penggunaan Bioteknologi dalam kehidupan sekitar. Manfaat bioteknologi tersebut ialah sebagai berikut :

  • Bioteknologi memiliki manfaat dengan mengurangi adanya pencemaran lingkungan. Dengan menggunakan cara penerapan pada proses daur ulang yang dilakukan dengan memanfaatkan bakteri atau mikroorganisme lain.
  • Selain itu, Bioteknologi memiliki khasiat atau manfaat yang mampu membantu dalam dalam proses pengobatan dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh keberadaan bakteri.
  • Dengan memanfaatkan Bioteknologi, juga bisa menciptakan berbagai macam obat dengan harga yang lebih terjangkau dan ternyata juga sangat efektif digunakan.
  • Manfaat bioteknologi yang terakhir dapat meningkatkan hasil produksi bidang pertanian, bidang perkebunan dan juga bidang perikanan.

2.Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Pertanian

Dengan adanya bioteknologi dalam bidang pertanian, beberapa manfaat yang dimiliki yaitu:

  • Mempunyai pengaruh yang penting dalam menciptakan beragam varietas unggul baru. Salah satu contonya ialah adalah berhasilnya muncul varietas unggul yang tahan terhadap hama, varietas unggul yang mampu bertahan saat kekeringan melanda, kemudian varietas unggul yang mampu bertahan dari serangan berbagai penyakit dan masih banyak lagi.
  • Manfaat Bioteknologi dalam memproduksi bibit dalam kurun waktu yang tidak terlalu dengan hasil yang lebih banyak.
  • Keterbatasan lahan bisa teratasi.
  • Mengendalikan hama dan penyakit tanaman. bioteknologi modern tanaman kebal hama
  • Dan berbagi teknologi rekaya baru yang terus berkembang dalam upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki produksi tanaman dari waktu ke waktu.

3.Manfaat Bioteknologi Dalam Bidang Medis

Peran bioteknologi dalam bidang medis sangatlah penting dan telah memiliki sejumlah temuan yang sampai sekarang telah dimanfaatkan oleh seluruh umat didunia.

Salah satu  prinsip bioteknologi yaitu digunakan dalam membuat sejumlah vaksin, hormon, antibiotik dan teknologi pengobatan. Beberapa contoh produk dari bioteknologi yang banyak digunakan dalam bidang medis antara lain sebagai berikut.


  • Ditemukannya antibiotik bernama penicillin.
  • Ditemukannya beragam aneka vaksin.
  • Ditemukannya salah satu hormon bernama hormon insulin
  • Keberadaan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk transfer gen, transplantasi berbagai organ dalam dan lain sebagainya.

4.Manfaat Bioktenologi dalam Mengatasi Problem Lingkungan

Peran penting dari bioteknologi dalam mencegah dan mengatasi masalah pencemaran lingkungan, yaitu:

  • Mampu menciptakan energi terbarukan yang lebih ramah terhadap lingkungan sekitar, seperti contohnya biogas, bioetanol, dan juga biodiesel.
  • Sedangkan manfaat lain dari biotekologi yakni mengatasi pencemaran, prinsip bioteknologi juga menawarkan teknologi pengolahan sejumlah limbah industri melalui dengan teknologi bioremediasi.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!