Sponsors Link

Bioteknologi Modern Tanaman Kebal Hama dan Penjelasannya

Jika berbicara mengenai sains, maka tak akan lengkap rasanya jika kita tak membahas mengenai bioteknologi yang merupakan bagian dari sains tersebut.

Oleh karena adanya bioteknologi tersebut maka sekarang ini memungkikan manusia untuk bisa melakukan manipulasi genetik. Dan teknik manipulasi seperti ini  sudah berkembang sejak dari dulu saat para ilmuan sudah sukses memanipulasi genetik dengan menggunakan teknik vitro.

Namun seiring berkembangnya pegetahuan yang juga dibarengi dengan teknologi tentunya, maka kini bisa kita lihat juga perkembanga bioteknologi yang cukup signifikan dalam berbagai aspek dalam kehidupan kita. 

Dan sekarang ini, bioteknologi tersebut sudah tak lagi menggunakan bioteknologi yang bersifat konvensional, namun kini sudah menggunakan bioteknologi modern. Lantas seperti apa bioteknologi modern tersebut? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasan selengkapnya untuk anda.

1.Penjelasan Mengenai Bioteknologi Modern

Adapun yang dimaksud dengan bioteknologi modern tersebut merupakan  perkmbangan dari bioteknologi knvensional. Dalam bioteknologi modern ini sendiri mengunakan teknologi dan proses yang canggih dan modern tentunya sama dengan namanya. 

Bioteknologi modern ini menghasilkan barang dan jasa dengan menggunakan rekayasa genentika berupa DNA rekombinan. Cara untuk melakukannya salah satunya adalah dengan melakukan cloning fungsi sel dan juga kultur jaringan di dalamnya. 

Dan dilihat dari hasil perkembangan dari bioteknologi modern tersebut, biteknologi ini bisa memberikan hasil yang lebih banyak dan lebih maksimal dari pada bioteknologi konvensional. Jelas saja ya sobat, karena proses dan teknologi yang ada di dalamnya berupa teknologi yang modern.

Salah satu bentuk penggunaan atau pengaplikasian dari bioteknologi modern ini adalah dalam hal tamana kebal hama. Yang mana dengan menggunakan bioteknologi modern ini, maka tanaman tersebut akan  kebal hama dan hasinya pastinya akan lebih maksimal. Berikut ulasannya untuk anda. bioteknologi modern bibit tanaman yang seragam bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Bioteknologi Modern Tanaman Kebal Hama dan Penjelasannya

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membasmi hama adalah dengan menggunakan mikroorganisme. Sebut saja pada saat para ahli melakukan peningkatan produksi  makanan dengan sistem pengendalian secara biologis. 

Inilah yang kemudian dikembangkan oleh bioteknologi modern tersebut agar tanaman lebih kebal akan hama tersebut. Mikroorganisme yang digunakan untuk membasmi hama ini  akan menginfeksi dan kemudian membunuh hama tersebut, sehingga tanamnya akan lebih kebal terhadap hama yang akan menyerangnya. Salah satu cara pengggunaannya adalah dengan menggunakan toksin yang dihasilkan oleh bakteri tersebut, yang mana dapat dipelihara dalam kultur, sehingga akan berfungsi untuk memberantas hama.

Namun selain, bioteknologi modern dalam hal mikroorganisme ini juga digunakan sebagi pestisida, anatara lain adalah :

  • Bacillus populliae yang mana digunakan untuk mengatasi kumbang kumbang Jepang dengan menularkan penyakit susu
  • Bacillus thuringuensis yakni digunakan untuk membantu mengatasi larva ngengat dan juga kupu kupu perusak yang lainnya.

Cara pembuatan insektisida ini adalah sebagia berikut :

  • Bacillus tersebut dikulturkan dalam jumlah yang besar di tangki fermentor
  • Hasil fermentasi yang berupa ICP akan ditampung lalu dicampur dengan bahan yang lengket
  • Maka semprotan yang tadi akan di semprotkan ke tumbuhan  terutapa pada daun, bunga dan buahnya sehingga akan lebih kuat terhadap hama. Jenis hama dan penyakit pada tumbuhan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Itulah ulasan mengenai bioteknologi modern tanaman kebal hama dan penjelasanya untuk anda. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa di ulasan selanjtutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!