Sponsors Link

Hormon Insulin : Cara Kerja dan Fungsinya

Masih membahas seputar hormon  ya sobat, karena memang seperti yang sudah kita ketahui bersama hormon ini merupakan salah satu senyawa yang ada dalam tubuh kita yang memiliki peran yang penting bagi kesehatan kita. Setuju ya sobat. Seperti yang sudah penulis utarakan dalam tulisan sebelumya, bahwasannya ada berbagai jenis hormon dalam tubuh kita yang juga tentunya memberikan atau memiliki fungsi yang berbeda – beda seperti contohnya hormon estrogen atau hormon testosteron. Salah satu jenis hormon yang dimaksud adalah hormon insulin.

Nama hormon insulin ini sudah barang tentu bukan nama sistem hormon pada manusia yang baru bagi anda ya sobat, namun apabila diantara sobat semua masih ada yang kurang familiar akan hormon yang satu ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini. Karena pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulasnya secara lengkap buat sobat semua. Untuk itu, yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Sebelum membahas tentang hormon insulin, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu ya sobat apa itu yag disebut denagn hormon. Secara umum hormon merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh tubuh manusia yang berfungsi untuk memacu fungsi organ tubuh tertentu dalam tubuh manusia.

Sedangkan yang dimaksud dengan hormon insulin adalah yang bertangung jawab untuk kadar glukosa dalam darah sebagai bagian dari metabolisme tubuh. Adapun insulin tersebut di produksi di dalam pankreas, kemudian hormon insulin ini dikeliarkan oleh sel beta pankreas, terutama sebagai respon terhadap meningkatnya glukosa darah, misalnya setelah anda makan atau minum yang banyak mengadung glukosa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara kerja dan fungsi dari pada hormon insulin tersebut. Yuk sobat, mari kita simak dengan seksama.

Cara Kerja Hormon Insulin

Sebelum membahas lebih dalam mengenai hormon insulin, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara kerja dari hormon insulin. Berikut ini adalah bagaimana proses atau cara kerja dari hormon insulin.

Kadar glukosa dalam darah seyogianya dijaga atau di kontrol ketat oleh hormon insulin ini, sehingga tingkat produksi glukosa oleh hati bersesuaian dengan tingkat penggunaan oleh sel – sel dalam tubuh. Dalam pengaturan kadar glukosa tersebut, hormon insulin ini memiliki dua aksi, yakni dengan merangsang penyerapan  glukosa dan pembentukan lipid yang nantinya kaan menghambat pemecahan lipid itu sendiri.

Sedangkan protein dan glikogen dalam komponen darah tersebut juga berperan membantu tugas hormon insuin ini untuk menghambat pembentukan glukosa melalui gkukoneogeneis, dan ketegonesis. Oleh karena itulah hormon insulin ini sangat memiliki peranan yang penting dalam tubuh, terutama dalam hal pengontrolan jumlah glukosa darah .

Fungsi Hormon Insulin

Setelah membahas mengenai cara kerja dari hormon insulin itu sendiri, sekarang lanjut membahasa mengenai fungsi dari hormon insulin. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon insulin, antara lain sebagai berikut :

  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk meregulasi glukosa dalam darah.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk memodifikasi aktivitas enzimis dalam darah.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk membentuk mekanisme kerja otot dan pemulihan setelah sakit atau cedera.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk mengatur pembentukan lipid.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk mengatur pemecahan protein dan lipid.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk menyerap assam amino dan kalium ke dalam sel.
  • Untuk mengatur pembuangan natrium dan volume cairan dalam urin.

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai hormon insulin yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di lain kesempatan. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia