Sponsors Link

Hormon Estrogen : Cara Kerja dan Fungsinya

Hormon estrogen merupakan senyawa steroid yang terdapat dalam tubuh pria dan wanita, namun kandungannya jauh lebih tinggi dalam tubuh wanita usia subur dan fungsi utamanya sebagai hormon seks wanita, Hormon ini menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin skunder pada wanita seperti payudara dan juga terlibat dalam penebalan endrometrium maupun dalam pengaturan siklus haid. Itulah sedikit penjelasan mengenai hormon estrogen. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang  cara kerja dan fungsi dari hormon estrogen, langsung aja kita simak penjelasan dibawah ini.

Cara kerja esterogen

Hormon steroid berdisfusi melalui membran sel dan terikat dengan afinitas tinggi  pada reseftor protein sitoplasmikspesifik. Dengan kromatin inti untuk memulai sintesa RNA hormon spesifik yang memerantai sejumlah fungsi fisiologis, afinitas terhadap reseptor berpariasi dengan estrogen spesifik aktivasi kompleks steroid-reseptor memasuki nukleus dan berinteraksi.

Hubungan esterogen dengan menopause pada wanita menopause terjadi penurunan sekresihormon esterogen dan progestin ( terutama estrogen) sehingga mempengaruhi keadaan dari tubuh, karena estrogen juga berperan dalam banyak hal seperti pada organ kardiovaskular, traktur urogenitalis, tulang dan vasmotor.

Sehingga menopause akan berdampak pada organ tersebut sehingga diperlukan juga “terapi pengganti estrogen” pada wanita menopause. Manfaat penggantian estrogen pasca menopause yaitu:

  • Tidur. Estrogen mengurangi gangguan pasca menopause dalam hal tidur.
  • Kardiovaskular. Estrogen memberikan efek protektif terhadap penyakit kardiovaskular, yang menyebabkan penurunan LDL dan peningkatan kadar HDL dalam plasma.
  • Traktus urogenital. Pengobatan testrogen membalikan atropi pasca menopause pada vulva, vagina, uretra, dan trigonum kandung kemih yang terdapat pada traktus urogenital.
  • Osteoporosis. Estrogen menurunkan resorpsi tulang tetapi tidak mempunyai efek pada pembentukan tulang.
  • Vasomotor. Pengobatan estrogen menegakkan kembali feedback pada kontrol hipotalamus sekresi norefineprin yang menyebabkan berkurangnya ruam panas.
  • Farmakokinetik estrogen alamiah adalah mudah diabsorpsi melalui cairan pencernaan, kulit dan membran mukosa. Cepat diabsorpsi juga bila intra muscular.

Fungsi esterogen

Berikut ini beberapa fungsi hormon estrogen yang bisa anda pelajari ya sobat. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

  • Berperan dalam masa pubertas. Pada wanita terdapat fungsi ovarium dan oviduk yang memproduksi esterogen, tetapi esterogen ini diproduksi juga oleh sel-sel lemak dan kelenjar adrenal. Esterogen berperan saat masa pubertas, memainkan peran dalam pengembangan ciri-ciri atau karakteristik seks skunder. Seperti pertumbuhan payudara, rambut, kemaluan dan ketiak.
  • Mengatur siklus menstruasi. Mengendalikan pertumbuhan lapisan rahim selama awal sikus menstruasi, jika sel telur wanita tidak dibuahi, kadar esterogen akan menurun tajam dan terjadilah menstruasi.
  • Mengontrol laktasi. Fungsi lainnya yaitu mengontrol laktasi dan perubahan lain pada payudara, termasuk dimasa remajadan selama kehamilan. Selama kehamilan plasenta memproduksi esterogen, khususnya hormon estriol.
  • Berperan dalam pembentukan tulang. Bekerja dengan vitamin D, kalsium dan sistem hormon pada manusia lainnya secara efektif memecah dan membangun kembali tulang sesuai dengan proses alami tubuh.
  • Berperan dalam pembekuan darah. Menjaga kekuatan dan ketebalan dinding vagina dan sejumlah fungsi lainnya.
  • Estrogen juga mempengaruhi sirkulasi komponen darah pada kulit, mempertahankan struktur normal kulit agar tetap lentur, menjaga kolagen kulit agar terpelihara dengan kencang serta mampu menahan air.
  • Berbeda dengan wanita hormon estrogen pada pria belum diketahui fungsinya secara pasti, namun Kadar yang terlalu tinggi dapat mengurangi selera seksual, menyebabkan kesulitan ereksi, pembesaran payudara dan kehilangan rambut tubuh pada beberapa pria.
  • Mencegah gejala menopause seperti hot flushes (rasa panas didaerah tubuh bagian atas dan gangguan mood).
  • Menjaga dinding vagina dan elastisitasnya, serta dalam memproduksi cairan yang melembabkan vagina.
  • Mempertahankan fungsi otak.
  • Produksi sel pigmen kulit.

Itulah penjelasan mengenai hormon estrogen, cara kerja serta fungsi dari hormon estrogen. Banyak kelebihan serta kekurangan dari hormon estrogen terutama pada wanita. Sekian pembahasan artikel ini mengenai hormon estrogen, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Salam hangat dari penulis. Selamat membaca.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia