Sponsors Link

Hipotalamus : Pengertian, Struktur, dan Hormon yang Dihasilkan

Mungkin anda merasa sangat asing dengan kata hipotalamus, padahal hipotalamus merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam kehidupan manusia karena mengatur pertumbuhan dan mengatur orientasi seksual manusia. Hipotalamus merupakan bagian bagian otak yang mengandung nucleus dengan berbagai fungsi. Salah satu fungsi yang paling penting hipotalamus untuk menghubungkan sistem saraf dengan sistem endokrin melalui kelenjar hipofisis.

Hipotalamus terletak di bawah thalamus diatas pangkal otak dan merupakan bagian sistem limbic. Hipotalamus bertanggung jawab untuk beberapa proses metabolik tertentu dan aktivitas lain dalam sistem saraf otonomik serta mempersatukan dan mensekresikan hormone saraf tertentu. Hipotalamus mengendalikan suhu tubuh, rasa lapar, perilaku, rasa haus, rasa lelah, dan rasa kantuk.

artikel yg berhubungan dengan otak :

Struktur Hipotalamus

hipotalamusHipotalamus ditemukan dalam sistem saraf semua invertebrata. Di mamalia, sel sekresi saraf dalam nucleus paraventrikular dan nucleus supraoptic dari hipotalamus memproduksi hormone neurofisika, oksitoksin, dan vasopressin. Hormon hormon tersebut dilepaskan pada darah dalam kelenjar bawah otak posterior.

Koneksi saraf

Hipotalamus memiliki hubungan dengan bagian lain sistem saraf utama, dalam pangkal otak dan formasi retikuler. Sebagai bagian sistem limbic, hipotalamus memiliki hubungan dengan struktur limbic lain termasuk amigdala dan septum, dan juga memiliki hubungan dengan area sistem saraf otonomik. Hipotalamus menerima banyak input dari pangkal otak. Mayoritas serat saraf dalam hipotalamus bergerak secara dua arah (bidireksional). Proyeksi area caudal pada hipotalamus melalui kumpulan otak tengah, mammilotegmental tract dan fasciculus longitudinal dorsal.

Pengembangan hipotalamus

Dalam kehidupan neotanal, steroid gonadal mempengaruhi pengembangan neuroendokrin hipotalamus. Secara instan, mereka menentukan kemampuan alat reproduksi wanita dan perilaku alat reproduksi pria wanita.

Pada primate, pengembangan androgen tidak begitu jelas dan konsekuensinya tidak begitu dimengerti. Bersama dengan otak, testosterone mendapatkan aroma, dimana hormone aktif untuk mengembangkan otak. Pada pria, testis mensekresikan testosterone dalam jumlah besar mulai dari bayi umur 8 minggu hingga 5-6 bulan. Estrogen dari sirkulasi maternal tidak begitu efektif, karena tingginya sirkulasi steroid.

Steroid seksual tidak hanya satu satunya faktor yang memiliki pengaruh penting dalam pengembangan hipotalamus, secara spesifik, stress pubertas dapat menentukan kapasistas hipotalamus pada orang dewasa. Tidak seperti reseptor steroid gonadal, reseptor glukokortikoid tersebat di seluruh otak, dalam nucleus paraventrikular, mereka memediasi feedback control negatif dari sintesa CRF dan sekresi, namun pada lokasi lain, peran mereka tidak diketahui.

Hormon hasil dari Hipotalamus

Dalam hipotalamus, ada dua kelompok sel saraf yang menghasilkan hormone anti diuretic dan oksitoksin. Satu kelompok mengirim hormone tersebut ke lobus kelenjar hipofisis melalui tangkai otak untuk langsung dikirim ke aliran darah.

  1. Hormon anti diuretic (ADH)

Hormon anti diuretic atau ADH merupakan molekul kecil yang dilepaskan kelenjar pituatari pada pusat otak setelah diproduksi oleh hipotalamus. ADH memiliki pengaruh antidiuretic yang mencegah produksi kencing berlebihan. Sindrom dari sekresi ADH yang tidak seharusnya akan menghambat kemampuan untuk mengeluarkan urin cair, gangguan elektrolit, mual, muntah, kram, dan rasa pusing. Sindrom ini dapat muncul sebagai akibat dari komplikasi kanker paru paru, kanker pancreas, kanker prostat dan lain lain. ADH juga dapat menstimulasikan kontraksi arteri dan kapiler. ADH juga biasa dikenal sebagai vasopressin.

  1. Oksitoksin


Oksitoksin merupakan hormone, neuropeptide dan obat. Sebagai obat, oksitoksin digunakan untuk menghasilkan kontraksi dalam uterus untuk menghentinkan pendarahan dengan menyuntikkan oksitoksin pada otot atau urat. Penggunaan oksitoksin sebagai obat dapat mengakibatkan kontraksi yang berlebihan dalam uterus yang dapat menyebabkan kecacatan pada yang belum lahir. Efek samping lain yang akan dialami ibu mengandung adalah mual dan detak jantung yang lambat. Efek samping lain yang lebih serius adalah intoksikasi air dalam jumlah ekstrim dan pecahnya uterus. Reaksi alergik juga dapat muncul. Lalu apa hubungan oksitoksin dengan hipotalamus?

Manusia memiliki oksitoksin alami yang diproduksi oleh hipotalamus. Berperan dalam perilaku manusia dalam lingkungan sosial maupun perilaku seksual pria maupun wanita. Oksitoksin dilepaskan dalam aliran darah menjadi hormone sebagai respon bagi serviks dan uterus untuk melebar ketika seorang wanita melahirkan dan sebagai stimulasi bagi puting ibu menyusui untuk mengeluarkan ASI. Selain itu, oksitoksin juga membantu mempererat hubungan anak dan ibu. Oksitoksin ditemukan pada tahun 1952. Dalam daftar obat penting milik WHO, oksitoksin menjadi salah satu obat yang paling dibutuhkan dalam sistem kesehatan. Di tahun 2014 harga oksitoksin mencapai 0,5 dolar per dosis.

Bagian bagian Oksitoksin

Sel saraf lain akan memproduksi hormone yang mengontrol gonad, kelenjar tiroid serta adrenal korteks. Hormon hormone tersebut akan menghasilkan dopamine, corticotrophin, gonadotropin dan tirotropin.

  1. Dopamine – Dalam otak, dopamine berfungsi sebagai neurotransmitter dalam pelepasan kimia oleh bagian bagian neuron untuk mengirimkan sinyal ke sel saraf lain. Otak memiliki beberapa jalur dopamine, salah satunya berperan sebagai perilaku bersemangat. Mayoritas tipe kesemangatan meningkatkan level dopamine di otak, dan mayoritas obat obatan adiktif akan meningkatkan aktivitas neuron dopamine.
  2. Sopastostatin – Merupakan hormone peptid yang mengatur sistem endokrin dan mempengaruhi neurotransmisi dan prolifirasi sel melalui interaksi dengan somatostatin reseptor.
  3. Corticotrophin – Hormon yang disekresikan cuping anterior kelenjar pituitary yang menstimulasikan korteks kelenjar adrenal.
  4. Gonadotropin – Hormon sentral sistem endokrin, gonadotropin mengatur pertumbuhan, perkembangan seksual, dan fungsi reproduktif.

  5. Tirotropin – Hormon tirotropin dihasilkan oleh hipotalamus bagian anterior yang berfungsi sebagai pengatur perkembangan tiroid dan stimulator hormone T4 dan hormone T3.
  6. Hormon pertumbuhan – Penting untuk menjaga tingkat pertumbuhan tetap optimal, terutama bagi anak dibawah umur.

Masalah pada hipotalamus

Hipotalamus dapat mengalami gangguan fungsi jika terjadi trauma pada kepala seperti gegar otak, tumor otak, adanya infeksi pada organ dalam bagian kepala, adanya operasi yang berhubungan dengan otak, terlalu banyak terpapar radiasi pada bagian kepala dan kekurangan gizi yang menyebabkan perkembangan otak terhambat.

Malfungsi dari hipotalamus dapat menyebabkan kekurangan energy, insomnia, denyut jantung tidak teratur, suhu tubuh tidak teratur, gelisah, dan munculnya gejala kekurangan hipofisis yang berakibat pada defisiensi hormone hormone penting bagi tubuh seperti hormone reproduksi. Selain itu, kekurangan hipotalamus yang memiliki efek pada ginjal dan urin dapat menyebabkan anda terkena diabetes.

Cara mencegah masalah pada hipotalamus

  1. Hindari kepala dari benturan
  2. Jangan biarkan kepala anda terpapar terlalu banyak sinar matahari

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!