Sponsors Link

14 Fungsi Otak pada Manusia

Fungsi otak banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat, yang masyarakat tahu otak hanya digunakan untuk berfikir saja. Padahal otak memiliki banyak fungsi dimana fungsi-fungsi tesebut tidak diketahui oleh masyarakat. Otak memegang peranan penting bagi tubuh manusia. Otak merupakan tempat syaraf pusat bernaung, semua syaraf yang ada di tubuh manusia akan berpusat di otak. Otak memiliki volume sebanyak 1.350 cc dan di dalamnya ada 100 juta sel syaraf atau yang biasa disebut dengan neuron. Secara garis besar otak memiliki andil dalam mengatur gerakan manusia, mengatur perilaku dan juga fungsi tubuh manusia, otak juga memiliki tugas dalam mengatur tekanan darah di dalam tubuh seseorang dan masih banyak lagi lainnya.

Pentingnya Otak Bagi Tubuh Manusia

Bisakah anda bayangkan jika otak berhenti bekerja selama satu detik saja?, apa yang akan terjadi pada tubuh anda?. Otak adalah organ yang penting sebab semua syaraf terhubung padanya. Syaraf jantung, syaraf ginjal dan syaraf indera manusia terhubung ke otak. Jika otak mati dan tidak bekerja maka semua syaraf di tubuh manusia juga tidak bekerja, akibatnya adalah manusia akan mati. Jika jantung, ginjal dan hati berhenti dalam satu detik manusia tidak akan mati namun jika otak yang mati manusia akan mati. Hal itu dikarenakan semua syaraf di tubuh manusia juga akan mati.

Belahan Otak Manusia

Sebelum kita mengetahui bagian-bagian otak di dalam tubuh manusia ada baiknya kita mengetahui belahan otak. Tanpa kita sadari bentuk otak ada yang terbelah menjadi dua bagian. Belahan otak itu terbagi dalam belahan otak kiri dan juga belahan otak kanan. Fungsi dan tugas belahan otak tersebut berbeda. Belahan otak kanan dan juga belahan otak kiri terhubung dengan kabel syaraf. Berikut ini fungsi belahan otak yang harus kita ketahui :

1. Belahan otak kanan – Belahan otak di bagian kanan berfungsi dalam pengontrolan sisi kiri tubuh. Otak kanan berhubungan dengan kreativitas dan kemampuan seni seseorang. Seorang seniman dan pelaku kreativitas akan banyak menggunakan kemampuan belahan otak kanannya dibandingkan dengan otak kiri.

2. Belahan otak kiri – Belahan otak kiri memiliki tugas dan fungsi dalam mengontrol bagian tubuh di bagian kanan. Fungsi belahan otak kiri berbeda dengan belahan otak kanan. Belahan otak kiri berkaitan dengan hal-hal yang menggunakan logika dan pemikiran yang pasti. Contohnya saja seorang ahli fisika, seorang ahli kimia, seorang ahli matematika akan banyak menggunakan otak sebelah kirinya untuk membantu mereka berfikir.

Fungsi Otak manusia banyak yang tidak diketahui oleh manusia itu sendiri. Anatomi atau bagian-bagain otak pun juga tidak diketahui oleh manusia. Berikut ini adalah bagian-bagian otak manusia beserta dengan fungsi otak:

1. Otak Besar Atau Cerebrum

otak besarCerebrum merupakan bagian otak yang paling besar dan bagian otak tersebutlah yang membedakan otak manusia dengan otak binatang. Cerebrum tersebut memiliki fungsi untuk membuat manusia melakukan logika, memiliki kemampuan berfikir, memiliki bahasa, memiliki kesadaran, dapat merencanakan sesuatu, dapat mengingat sesuatu dan juga bisa melengkapi kemampuan visual pada tubuh manusia.

IQ seseorang akan ditentukan oleh kualitas cerebrum manusia itu sendiri. Jika kualitas cerebrum manusia bagus, bisa dipastikan jika IQ manusia itu juga bagus, namun jika kualitas cerebrumnya jelek maka IQ manusia itu pun juga akan jelek. Di dalam otak besar juga terdapat bagian-bagian penyusunnya. Bagian penyusun otak besar disebut dengan Lobus. Setiap bagian lobus itu memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Di setiap lobus terdapat gyrus, gyrus itu adalah bagian di lobus yang melekuk menyerupai dengan parit. Berikut ini adalah bagian-bagian di dalam otak besar yang harus diketahui oleh kita :

  1. Lobus frontal –  Bagian ini merupakan bagian depan dari otak besar. Lobus memiliki fungsi untuk membuat manusia mampu membuat alasan, mampu untuk melakukan aktivitas atau bergerak, kognisi, mampu membuat perencanaan, mampu menyelesaikan masalah, memberikan penilaian, merangsang kreativitas pada manusia, mengontrol perasaan, mengontrol perilaku yang berhubungan dengan seksual dan juga mampu berbahasa secara umum.
  2. Lobus parietal – Bagian lobus ini berada di tengah otak besar. Lobus ini berhubungan dengan melakukan sensor terhadap perasaan misalnya adalah tertekan, tekanan, merespon sentuhan dan menghasilkan rasa sakit.
  3. Lobus temporal – Bagian otak ini berada di bagian bawah otak besar. Fungsi dari lobus temporal ini adalah untuk membuat manusia mampu mendengar, mampu menangkap dan memaknai informasi dan mampu menangkap bahasa dalam bentuk suara.
  4. Lobus occipital – Lobus ini berada di bagian belakang otak besar. Funsgi lobus ini berkaitan dengan rangsangan yang diterima oleh tubuh secara visual. Oleh karena itu manusia mampu melakukan interpretasi dengan apa yang ditangkap oleh bagian retina matanya.

2. Otak Kecil Atau Cerebellum

otak kecilOtak kecil atau yang biasa disebut dengan cerebellum letaknya tepat di bagian kepala belakang. Otak kecil ini juga dekat dengan ujung leher atas. Fungsi dari cerebellum adalah sebagai berikut ini :

  1. Untuk melakukan fungsi otak secara otomatis misalnya saja adalah untuk mengatur posisi tubuh dan sikap tubuh.
  2. Otak kecil juga berfungsi dalam pengontrolan keseimbangan.
  3. Melakukan koordinasi terhadap otot tubuh dan juga menggerakkan tubuh.
  4. Otak kecil akan menyimpan sejumlah gerakan otomatis dan melaksanakannya. Contoh gerakan otomatis itu adalah gerakan untuk mengendarai mobil, menggerakkan tangan ketika mengetik, menggerakkan stang sepeda motor serta masih banyak lagi gerakan lainnya.
  5. Jika otak kecil cidera resikonya adalah manusia akan memiliki koordinasi otot dan gerakan yang acak-acakan, selain itu manusia akan memiliki gangguan dalam bersikap. Contoh koordinasi otot otak terganggu adalah orang yang mengalami cidera otak kecil tidak bisa memasukkan sendok ke dalam mulutnya, tidak mampu mengikat rambut dan masih banyak lagi lainnya.

3. Batang Otak

 batang otakPernahkah anda berfikir bahwa otak memiliki batang?, otak memang memiliki batang yang berada di dalam tengkorak manusia atau di rongga dasar kepala. Batang otak itu memanjang sampai ke bagian tulang punggung manusia atau di tulang sumsum manusia. Fungsi dari otak ini adalah mengatur manusia dalam bernafas, pengaturan denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur pencernaan manusia dan juga sebagai kemampuan manusia dalam melakukan insting atau perkiraan akan bahaya yang bisa datang kepadanya. Tidak hanya manusia saja yang memiliki batang otak, pada otak hewan seperti kadal dan juga buaya juga terdapat batang otaknya. Contoh dari fungsi batang otak ini adalah manusia akan merasakan tidak nyaman ketika beradadi tempat yang asing atau berada di tengah-tengah orang asing. Batang otak terdapat tiga bagian, bagian batang otak itu adalah sebagai berikut ini:

  1. Mesencephalon atau otak tengah –  Otak tengah berada di bagian atas batang otak, otak tengah ini juga sebagai penghubung antara otak besar dan juga otak kecil manusia. Otak tengah di bagian batang otak memmiliki fungsi dalam pengontrolan respon dalam penglihatan, berfungsi dalam menggerakkan mata, membesarkan pupil mata dan juga mengatur gerakan tubuh manusia dan juga mengatur pendengaran manusia.
  2. Medula oblongata – Medula oblongata merupakan titik syaraf di bagian tulang belakang mulai dari sebelah kiri badan manusia sampai ke bagian kanan badan manusia. Fungsi medulla ini adalah melakukan pengontrolan terhadap fungsi otomatis otak, mengatur detak jantung, mengatur sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh manusia, mengatur pernafasan dan juga mengatur sistem pencernaan manusia.
  3. Pons – Pons adalah stasiun pemancar yang bertugas dalam mengirimkan udara ke bagian pusat otak bersamaan dengan reticular. Pons ini juga memiliki fungsi dalam menjaga tubuh dalam posisi terjaga maupun dalam posisi tertidur. Tidur atau tidaknya tubuh manusia dipengaruhi oleh pons ini.

4. Sistem Limbik

sistem limbikSistem limbik juga merupakan bagian dari otak manusia. Sitem limbik ada di bagian otak tengah, sistem limbik inilah yang akan membungkus otak. Nama limbik diambil dari bahasa latin yang artinya adalah kerah. Dinamakan kerah sebab otak akan dibungkus seperti kerah baju. Hewan mamalia juga memiliki sistem pernapasan mamalia yang terdapat sistem limbik sehingga banyak yang menyebutnya dengan otak mamalia. Limbik terdapat beberapa komponen penyusunnya. Komponen penyusun limbik antara lain hipotalamus, thalamus, hipocampus, korteks limbik da juga amigdala. Fungsi dari sistem limbik adalah menghasilkan perasaan, pengaturan emosi, pengaturan produksi hormon seperti fungsi hormon testosteron, memelihara homeostasis, menciptakan rasa haus, menciptakan rasa lapar, menciptakan keinginan tentang seks, merangsang perasaan untuk senang, mengatur metabolisme tubuh dan juga mengatur memori jangka panjang manusia.

Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan sistem limbik yang harus diketahui :

a. Hipotalamus 

Hipotalamus adalah bagian paling penting di sistem limbic manusia. Hipotalamus berfungsi dalam pengeluaran keringat yang dilakukan oleh bagian-bagian kulit manusia seperti fungsi alveolus yang berperan penting juga pada kulit. Tidak hanya itu saja hipotalamus memiliki fungsi untuk mengatur tubuh mana yang perlu mendapatkan perhatian dan mana yang tidak membutuhkan perhatian.

Contoh dari fungsi hipotalamus itu adalah seorang ibu atau orangtua akan lebih memperhatikan anaknya dibandingkan dengan anakn orang lain. Hal itu dikarenakan orangtua terutama seorang ibu memiliki hubungan emosional dan hubungan batin yang kuat dengan anaknya. Hal serupa juga akan terjadi pada orang yang anda benci, semakin anda membecinya anda justru akan semakin mengingatnya dan memperhatikannya. Hubungan emosional yang kuat juga akan muncul di saat anda membenci seseorang.

b. Alam bawah sadar

Sistem limbic juga mengatur alam bawah sadar manusia dimana alam bawah sadar itu tidak bisa tersentuh dengan indera manusia. Alam bawah sadar merupakan tempat bersemayamnya cinta, kejujuran dan juga emosi seseorang. Seorang ilmuwan bernama Le Doux mengatakan bahwa sistem limbik otak ini merupakan tempat semua nafsu manusia, tempat kemana cinta bermuara, tempat untuk menghargai dan dihargai serta tempat untuk kejujuran manusia.

Mana Yang Lebih Baik? Belahan Otak Kanan Atau Belahan Otak Kiri?

Otak yang terdapat belahannya adalah bagian otak besar atar cerebrum. Cerebrum adalah bagian otak besar manusia yang memiliki fungsi untuk memproses seluruh kegiatan intelektual yang dilakukan oleh manusia misalnya berfikir, melakukan penalaran, mengingat, membayangkan dan juga melakukan perencanaan terhadap masa depannya di masa mendatang. Lalu yang menjadi pertanyaannya, manakah yang lebih baik? belahan otak kanan atau belahan otak kiri?.

Berikut ini adalah penjelasan tentang hal-hal yang berhubungan dengan belahan otak kanan dan juga belahan otak kiri manusia :

  • Fungsi dari belahan otak kanan dan juga otak kiri adalah kesatuan yang saling melengkapi.
  • Tidak ada yang bisa menjawab mana yang lebih baik, otak kanan maupun otak kiri. Hal itu dikarenakan kedua belahan otak tersebut akan saling melengkapi satu sama lain.
  • Namun penelitian yang dilakukan mampu memberikan fakta tentang hubungan otak kanan dan otak kiri.
  • Penelitian itu adalah jika seseorang sedang menggunakan otak kirinya, bagian otak kanannya akan lebih tenang. Begitupula dengan sebaliknya, ketika seseorang berkerja dengan otak kanan maka otak kirinya lebih tenang.
  • Yang membedakan adalah manusia pemilik otak tersebut. Manusialah yang berperan penting dalam melakukan dominasi tehadap bagian otak kanan dan juga bagian otak kiri.
  • Tidak ada manusia yang bisa melakukan dominasi terhadap kedua belahan otak sekaligus, jikalau ada hanya sedikit saja manusia yang bisa melakukannya. Butuh cara untuk menyeimbangkan kinerja otak kanan dan juga otak kiri.
  • Contoh dari dominasi otak adalah orang yang pandai dalam ilmu pengetahuan akan banyak menggunakan otak kiri, namun kebanyakan mereka tidak bisa bergaul dengan orang sekelilingnya begitupula sebaliknya.
  • Agar berjalan dengan seimbang, ada baiknya manusia mampu menyeimbangkan otak kiri dan juga otak kanannya. Hal itu berguna untuk membuat manusia tersebut mampu bergaul dan bersosialisasi meskipun manusia tersebut termasuk orang yang cerdas.

Cara Mengetahui Dominasi Belahan Otak

Banyak orang yang tidak tahu dirinya mendominasi otak bagian mana, otak bagian kanan atau otak bagian kiri. Sebenarnya mengetahui dominasi otak bagian kanan dan juga otak bagian kiri sangat penting sebab kita bisa mengetahui minat dan bakat kita. Orang yang cenderung menggunakan otak bagian kiri akan suka dengan hal-hal yang pasti misalnya saja ilmu hitung, ilmu fisika dan masih banyak lagi lainnya. Akan sangat tidak efisien jika orang yang menggunakan otak sebelah kirinya mempelajari tentang seni dan ilmu artistik lainnya. (baca : fungsi otak kananfungsi otak kiri)

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakuan untuk mengetahui dominasi otak pada tubuh manusia :


1. Mengisi Kuisioner
Saat ini ada berbagai macam kuisioner yang bisa dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih dominan, bagian otak kanan maupun otak kiri. Kuisioner yang anda isi akan menunjukkan diominasi otak anda.

2. Jempol Tangan
 Ada banyak pakar psikologi yang setuju jika jempol tangan bisa menjadi petunjuk dominasi otak. Misalnya saja adalah ketika anda menyatukan kedua telapak tangan anda, jempol bagian telapak tangan manakah yang berada di atas. Jika jempol di telapak kiri yang ada di bagian atas, bisa dipasikan jika anda dominan menggunakan otak kiri. Jika jempol kanan yang ada di atas, berarti anda dominan menggunakan otak kanan.

3. Menyilangkan Tangan

Cara ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan menyilangkan tangan secara refleks. Cobalah anda menyilangkan tangan anda secara refleks, tangan sebelah kiri atau sebelah kanan yang berada di luar. Jika tangan sebelah kiri yang berada di sisi luar maka anda adalah orang yang cenderung menggunakan otak bagian kanan dibandingkan dengan otak di sebelah kiri, begitupula dengan sebaliknya.


4. Cara Berpakaian
 Dominasi otak kanan dan juga otak kiri bisa dilihat dari cara berpakaian. Jika anda memasukkan pakaian dari sisi sebelah kiri terlebih dahulu maka anda termasuk orang yang menggunakan otak kiri, jika anda menggunakan pakaian dari sebelah kanan terlebih dahulu, maka anda termasuk orang yang menggunakan otak kanan.

5. Sifat

Orang yang mendominasi otak bagian kiri maupun otak bagian kanan akan terlihat dari sifatnya. Sifat orang yang menggunakan otak kiri akan sangat berbeda dengan orang yang berotak kanan.

Berikut ini adalah sifat si otak kiri dan otak kanan :

  • Orang yang berotak kiri akan memiliki pola pikir yang logis, mereka akan lebih mengedepankan logika dibandingkan dengan perasaannya. Si otak kiri juga akan lebih rasional, sangat objektif dan juga analistis dalam melihat dan menilai sesuatu. Si otak kiri biasanya tidak mau mengambil psuing dengan segala masalah yang berhubungan dengan perasaan. Mereka cenderung suka dengan hal-hal nyata yang ada di depan mereka dibandingkan dengan memikirkan apa yang mereka rasakan.
  • Si otak kanan dalam melihat dan menilai sesuatu akan lebih mengedepankan perasaannya. Orang berotak kanan akan kreatif, intitutif, emosional dan juga subjektif. Orang berotak kanan juga akan melihat segala sesuatunya secara keseluruhan. Oleh sebab itu orang yang berotak kanan cocok untuk menjadi seniman sebab mereka subjektif dan mengedepankan dengan apa yang mereka rasakan. Mereka cocok menjadi seorang penulis, pendongeng, pelukis dan masih banyak lagi lainnya. Seniman ketika menciptakan karya-karyanya akan menggunakan perasaan mereka dibandingkan dengan logika mereka.


Cara Menyeimbangkan Otak Kanan Dan Kiri

Manusia dituntut untuk bisa menyeimbangkan otak kanan dan juga otak kiri yang dimilikinya. Menyeimbangkan otak kanan dan juga otak kiri yang dimilikinya akan memiliki keuntungan bagi manusia itu sendiri. Bukankah lebih baik jika semuanya berjalan dengan seimbang?, Cara untuk menyeimbangkan otak kanan dan juga otak kiri adalah dengan menggunakan aktivasi otak.

Berikut ini hal-hal yang bisa merangsang aktivasi otak manusia :



1. Tangan Kidal
 Orang yang normal akan menulis dengan tangan kanannya. Begitupula dengan aktivitas lainnya misalnya saja makan, menyikat gigi, menggunakan mouse dan masih banyak lagi lainnya. Saat menggunakan bagian tubuh kanan, maka otak kiri lah yang sedang bekerja. Jika otak kiri bekerja terus menerus akibatnya adalah ketidaseimbangan akan muncul karena otak kanan menganggur atau tidak bekerja. Agar otak kanan bekerja, anda bisa mencoba menggunakan tangan kidal. Misalnya saja menulis menggunakan tangan kiri, menggambar menggunakan tangan kiri, menyikat gigi  menggunakan tangan kiri dan masih banyak lagi lainnya. Menggunakan tangan kidal adalah latihan yang bisa mengokohkan hubungan syaraf yang ada di otak dan memicu pertumbuhan syaraf baru.

2. Puzzle
 Menyusun potongan-potongan puzzle bisa berguna untuk meningkatkan kinerja otak kiri. Hal itu dikarenakan kita akan menggunakan pikiran bukan penalaran.


3. Teka Teki Silang
 Mengisi teka teki silang juga berguna untuk meningkatkan kinerja otak kiri hal itu dikarenakn teka-teki silang membutuhkan pemikiran logis bukan berdasarkan penalaran.


4. Musik
 Musik mampu membuat kinerja otak kanan menjadi meningkat, alasannya adalah musik bisa memancing emosi seseorang. Ketika kita mendengarkan musik yang sedih, emosi kita akan terpancing untuk ikut sedih. Ketika mendengarkan musik yang bersemangat, kita juga akan ikut bersemangat. Emosi seseorang akan tercipta berkat musik yang didengarnya.


5. Belajar Musik
 Untuk meningkatkan kinerja otak kanan, bisa dengan cara bermain musik. Bermain musik banyak yang menggunakan perasaan bukan penalaran. Dengan bermain musik diharapkan otak kanan akan berjalan seimbang dan selaras dengan otak kiri terutama bagi orang yang memiliki pemikiran logis dan rasional.


6. Olahraga
 Olahraga adalah cara tepat untuk menyeimbangkan kedua belahan otak. Mengapa begitu?, hal itu dikarenakan ketika anda berolahraga anda akan menggunakan kedua bagian tubuh secara beriringan. Coba anda pikirkan, ketika anda berlari apakah anda hanya menggunakan satu kaki saja?, tentu tidak bukan?. Menggunakan kedua bagian tubuh secara beriringan secara tidak langung juga akan menggerakkkan kedua belahan otak secara beriringan pula.


Fakta mengenai Otak Banyak Diketahui

Ada beberapa hal yang berhubungan dengan otak manusia dan hal tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat dan khalayak umum. Berikut ini adalah hal yang berhubungan dengan otak yang belum banyak diketahui oleh manusia:

1. Otak dan ingatan – Banyak yang belum mengetahui tentang ingatan yang ada di dalam otak. Otak dapat mengingat sebab otak memiliki memori. Memori otak terbagi menjadi dua yaitu memori jangka panjang dan juga memori jangka pendek. Jika anda mudah mengingat hal-hal yang baru saja terjadi hal itu menandakan jika memori jangka pendek anda bagus, jika anda mudah lupa dengan hal-hal yang telah lampau itu tandanya memori jangka panjang anda kurang bagus. Para ilmuwan sendiri tidak bisa meneliti bagaimana memori otak akan bekerja. Yang ilmuwan tahu adalah memori jangka pendek akan memungkinkan manusia untuk mengingat dalam waktu yang singkat.

2. Kebutuhan energi otak – Tentu anda tidak menyangka jika otak yang tidak bergerak ini membutuhkan energi?. Bisa dikatakan bahwa otak adalah organ vital yang membutukan banyak energi. Otak membutuhkan sebanyak 20 persen dari energi yang ada di dalam tubuh.

3. Dua halves otak – Otak dibagi menjadi dua bagian karena syaraf melintasi di bagian tengah-tegah otak. Dua haves otak itu akan saling mengontrol satu sama lain.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!