Sponsors Link
     Sponsors Link

Folikel Rambut Pada Kulit

Sponsors Link

Folikel rambut merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh. Folikel rambut tak hanya terbatas pada apa yang ada di kepala saja namun juga seluruh kulit kecuali pada bibir, telapak tangan, dan telapak kaki. Kita bisa melihat bahwa pada bagian kulit kita memang banyak tubuh rambut, tak hanya sekedar di kepala saja, namun juga di tangan, kaki, wajah, punggung, dan lainnya.

ads

Di dalam folikel rambut terdapat kelenjar sebasea yang menyediakan sebum. Sebum merupakan zat berminyak yang dapat melumasi rambut dan kulit. Pada daerah yang tumbuh rambut lebih banyak maka akan lebih banyak juga kelenjar sebasea. Produksi minyak berlebihan bisa membuat masalah pada kulit kepala dan kesehatan rambut seseorang.

Struktur folikel rambut

Di dalam rambut terdapat beberapa struktur rambut yang akan menyempurnakan rambut anda menjadi lebih kuat dan rambut akan terlihat menjadi lebih indah.

Berikut adalah penjelasan mengenai strukur folikel rambut.

folikel rambut

  • Papilla – Papilla merupakan struktur besar yang menjadi dasar dari folikel rambut. Papilla terbuat dari jaringan ikat dan capillary loop atau loop kapiler. Divisi sel dalam papilla adalah sangat jarang atau tidak ada.
  • Matrix – Di sekeliling papilla adalah matriks rambut, kumpulan sel epitel yang diselingi dengan sel yang memproduksi pigmen yaitu melanocytes. Kumpulan sel dalam matrix memproduksi sel yang terbentuk dari struktur utama rambut dan akar. Ephitelium matrix rambut merupakan salah satu sel yang tumbuh paling cepat dalam tubuh manusia. Pengobatan kemoterapi atau radioterapi bisa membunuh sel tersebut dan akan menyebabkan kerontokan pada rambut.
  • Sarung akar – Pada bagian ini terbentuk atas bagian eksternal dan bagian internal. Akar luar tampil kosong dengan sel cuboid. Sedangkan akar internal terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan Henle, lapisan Huxley, dan kutikula dalam yang diterusakan dengan lapisan luar dari serat rambut.
  • Bulge – Bulge berlokasi di bagian luar akar pada titik dari otot arrector pili. Ini merupakan tempat dari beberapa jenis sel batang yang akan menyuplai folikel rambut dengan sel baru dan mengambil bagian untuk penyembuhan epidermis setelah terluka.

Bagian lainnya yang masih berkaitan dengan folikel rambut termasuk infunfibulum arrector pilli, sebaceous glands, dan apocrine sweat glands.

Pertumbuhan Folikel Rambut

Pertumbuhan folikel rambut dapat dibagi menjadi beberapa fase. Fase pertumbuhan folikel rambut antara lain:


1. Fase anagen

Anagen merupakan masa aktif pertumbuhan dari folikel rambut. Selama masa ini akar rambut akan terpisah dengan cepat. Pada fase ini rambut akan tumbuh sepanjang 1 cm dalam setiap 28 hari. Kulit kepala akan tetap aktif tumbuh selama 2-7 tahun.


2. Fase katagen

Fase katagen merupakan masa transisi pendek yang merupakan akhir dari masa anagen. Masa ini berlangsung sekitar 2-3 minggu saat rambut berubah menjadi club hair. Club hair terbentuk selama fase katagen saat bagian folikel rambut bersentuhan dengan bagian terbawah dari rambut.


3. Fase Telogen

Fase telogen merupakan fase istirahat dari folikel rambut. Saat tubuh menderita stress hebat masa sebanyak 70% dari rambut akan mengalami masa istirahat. Rambut akan mulai rontok. Kondisi ini disebut dengan telogen effluvium. Club hair merupakan hasil akhir dari folikel rambut pada fase telogen, dan mati, penuh dengan rambut keratin.



Fungsi Folikel Rambut

Seperti yang kita tahu folikel rambut merupakan kulit tempat rambut tumbuh, lalu apa fungsi lainnya? Berikut ini fungsi-fungsi dari folikel rambut:

  • Folikel rambut berfungsi untuk melindungi janin pada uterus selama trisemester terakhir dengan memproduksi vernix caseosa.
  • Setelah kelahiran, folikel rambut memproduksi minyak untuk memproteksi permukaan kulit.
  • Folikel rambut juga menyediakan sebuah alat sensor melalui nerve innervations di sekeliling pilosebaceous.
  • Folikel rambut memproduksi pheromones dengan menghubungkan aprovine glands.
  • Folikel rambut memfasilitasi pembaruan rambut dan regenerasi kulit dengan menyediakan sel penyimpanan.
  • Folikel rambut membantu serat pigmentasi dan epidermal repigmentasi melalui melanocyte.
  • Folikel rambut menyediakan penyimpanan sel Langerhans untuk memungkinkan immunosurveilance.

Beberapa fungsi yang merugikan yaitu:

  • Folikel rambut menjadi tempat pathogen dan menyediakan saluran pathogen untuk masuk ke dalam tubuh.
  • Kehilangan atau kerontokan rambut menyediakan sebuah target antigenic untuk sistem imun dan pengembangan penyakit folliculotropic dengan komponen autoimun.
  • Folikel rambut berperan dalam memberikan sinyal melalui sensitivitas dan sintesis dari aktivitas neuroendocrine.

Cara untuk Menjaga Rambut Tubuh

Folikel rambut memang berperan cukup penting sebagai tempat tumbuhnya rambut. Folikel rambut juga menyediakan minyak yang dapat melindungi kulit tubuh. Selain melindungi tubuh, folikel rambut juga dapat menimbulkan masalah seperti tempat patoghen dan kerontokan rambut. Folikel rambut ini yang biasanya paling sering diperhatikan oleh kita adalah folikel rambut di bagian kepala. Rambut di bagian kepala merupakan mahkota yang dapat menunjang penampilan. Penampilan rambut yang baik dan sehat akan membuat kita tampil menarik. Namun tak sedikit juga masalah yang dialami oleh rambut, apakah itu kerontokan, ketombe, dan lain-lain.

Seperti yang kita pelajari, folikel rambut memiliki beberapa fase yang dapat menumbuhkan rambut dengan cepat, fase transisi, dan fase istirahat. Salah satu masalah dari rambut adalah masalah kerontokan. Ada banyak metode penumbuh rambut dengan cepat namun tak jarang banyak yang kurang berhasil.

Selain memperhatikan penampilan rambut itu sendiri, ada baiknya kita menjaga dan merawat kesehatan rambut dan folikel rambut. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut tubuh:


1. Membersihkan kulit dan rambut secara keseluruhan

Menjadi pribadi yang rajin membersihkan tubuh berarti ikut menjaga tubuh agar menjadi lebih sehat. Kulit dan rambut perlu dibersihkan secara rutin baik itu melalui mandi ataupun keramas. Mandi perlu dilakukan dengan menggunakan sabun yang aman bagi kulit dan tidak membuat kulit menjadi kering atau alergi. Sampo yang digunakan sebaiknya juga sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki. Meskipun harus rutin membersihkan rambut tapi tidak perlu juga keramas terlalu sering karena malah dapat merusak rambut dengan bahan-bahan kimiawi yang terdapat pada sampo.

2. Menjaga kelembaban kulit dan rambut secara keseluruhan

Tak jarang kita sering mengalami rambut kering dan kulit yang kering. Hal ini bisa diakibatkan karena salahnya perawatan dan kondisi tubuh yang tidak seimbang. Kelembaban kulit bisa ditingkatkan dengan produk pelembab kulit alami seperti minyak zaitun. Begitu juga dengan rambut yang juga harus dijaga kelembabannya sehingga tidak menjadi kering dan mudah rontok.

3. Menjaga pola hidup yang sehat

Pola hidup yang sehat menjadi kunci utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Menerapkan pola hidup sehat memang tidak mudah. Perlu kemauan yang keras sehingga pola makan, minum, serta olahraga dapat dilakukan secara sehat. Makanan yang dibutuhkan tubuh adalah makanan yang beragam dan bergizi. Tak hanya makanan yang sehat untuk rambut saja, tapi makanan yang sehat untuk bagian tubuh yang lain. Jadi penting untuk memakan makanan yang beragam setiap harinya. Selain itu air putih juga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap melakukan metabolisme dengan lancar serta menjaga kelembaban dalam tubuh.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 23rd, October 2015 / 07:20 Oleh :
Kategori : Manusia