Sponsors Link

Bagian Bagian Mata dan Fungsinya

Mata menjadi salah satu organ yang sangat penting untuk kelangsungan hampir semua makhluk hidup. Hewan memiliki mata untuk melihat, tumbuhan memiliki istilah ‘stomata’ dalam tubuhnya yang berguna untuk kelangsungan hidupnya. Begitu pula manusia juga memiliki mata sebagai indera penglihatan. Dengan alat inilah manusia bisa mengenal satu sama lain, bisa mengenal benda benda yang ada di dunia, bisa memahami lingkungan sekitar.

Menurut penelitian terkait tentang mata, merupakan salah satu organ yang bentuk dan ukurannya tidak berubah dari anda lahir sampai tua nanti. Hanya kulit yang ada disekitar mata saja yang melebar dan membesar. Namun tidak dengan mata bentuknya tidak akan pernah berubah

 Bagaimana orang yang memiliki mata, namun tidak bisa melihat?

Hal ini mungkin saja bisa terjadi apabila ada salah satu bagian dari matanya tidak berfungsi dengan baik. Contohnya, seperti saat peristiwa mati lapu di rumah. Bisakah anda melihat benda dan apapun di sekelilingmu? Bisakah kamu membedakan mana yang berwarna merah, mana yang berwarna biru, mana yang berwarna hijau? Tentu tidak. Oleh sebab itu, mata bisa berfungsi dengan baik jika di bantu dengan lingkungan yang memadai. Apa maksudnya lingkungan yang memadai di sini? Maksudnya adalah kualitas cahaya dari lingkungan tersebut. Semakin terang tempat tersebut, maka mata juga akan bekerja semakin baik pula.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari bagian bagian mata :

Bagian Luar Mata

bagian luar mataUntuk membentuk mata menjadi sempurna, mata juga memiliki beberapa bagian mata yang terletak di bagian dalam serta luar mata, bagian mata akan membentuk mata akan menjadi indah karena adanya bagian-bagian pendukung dari bagian-bagian mata yang membuat mata menjadi sempurna.

Berikut adalah bagian luar mata :

1. Bulu mata

Bagian ini terletak di dekat mata, yang mana terdiri dari rambut rambut halus. Bulu mata memiliki kegunaan sebagai pelindung mata dari debu dan kotoran serta beberapa benda jahat yang mampu merusak mata. Selain itu bulu mata ini juga berguna sebagai pengatur cahaya serta menyaringnya sebelum masuk ke dalam mata.

2Kelopak mata

Merupakan bagian mata yang berfungsi menjaga mata dari gangguan luar seperti debu, kuman, serta beberapa kotoran yang mengganggu penglihatan. Bagian ini yang bisa di gunakan untuk membuka saat otot sadar aktif dan menutup saat otot sadar pasif.

3. Alis mata


Ini menjadi salah satu daya tarik wanita, alis yang tebal memiliki karakter kuat. Maka biasanya wanita yang memiliki alis kurang rata atau tipis, cenderung mengaplikasikan alis buatan untuk mempercantik wajahnya. Bahkan mereka yang menganggap alisnya tidak proporsional melakukan keruk alis dan membentuk alis buatan.

Padahal sejatinya meskipun alis ini tipis, bisa melindungi mata dari benda benda yang hendak jatuh ke mata. Tekstur alis yang berbentuk bulu bulu ini mengkhususkan benda asing seperti air keringat, hujan, serta debu pasir yang di khawatirkan masuk mata akan di halangi oleh alis. Inilah sebab mengapa dalam hukum islam juga melarang seseorang untuk mengeruk alisnya, setipis apapun.

Bagian Dalam Mata

bagian dalam mata

Bagian dalam mata merupakan bagian yang sangat membantu agar mata bisa terlihat menjadi indah, karena pada bagian dalam mata terdapat beberapa bagian yang semakin memperindah mata dan yang akan membentuk mata menjadi lebih sempurna.

Berikut adalah bagian dalam mata :



1. Kornea mata

Kornea mata menjadi salah satu jaringan mata yang paling penting di dalam mata. Bagian ini terletak di luar, yang mana memiliki struktur organ kuat namun tembus terhadap cahaya. Fungsi utamanya adalah menerima cahaya dari lingkungan, kemudian di teruskan ke dalam mata. Cahaya inilah yang nanti dip roses di dalam mata, kemudian di sampaikan sinyal sinyalnya ke otak untuk mengidentivikasi benda apakah yang ada di luar. Selain itu kornea mata juga berguna sebagai pelindung bagian bagian di bawahnya yang memiliki sensitivitas tinggi.

Kornea mata inilah menjadi jaringan mata yang dapat di sumbangkan oleh orang lain. Kasus yang biasanya terjadi adalah seseorang mengalami kerusakan mata, yang mana cahaya dari luar tidak bisa menembus masuk ke dalam mata. Maka solusinya adalah mengganti kornea tersebut dengan kornea yang normal. Setelah itu orang yang tadinya tidak bisa melihat, mampu melihat kembali setelah kornea normal itu ada di matanya. Peristiwa ini menjadi kisah tragis dalam banyak cerita, film, dan drama baik di dalam maupun luar negeri.


2. Aqueous humour

Adalah salah satu cairan yang ada di kornea mata. Aqueous humour memiliki manfaat sebagai pembias cahaya ke dalam bagian mata selanjutnya. Cairan ini bertekstur kental namun transparan.


3. Lensa mata

Lensa mata ini memiliki peran sangat erat bagi setiap manusia. Umumnya setiap umur akan memiliki kualitas lensa yang berbeda beda. Fungsi dari jaringan ini adalah untuk mengatur letak bayangan agar tepat jatuh ke bintik kuning atau retina mata. Selain mengontrol bayangan, retina juga harus membantu dalam mencari titik focus cahaya dan membantu meneruskannya agar berada di retina.

Bagian lensa bekerja dengan bantuan otot muskulus siliaris yang biasa di sebut dengan otot daging melingkar. Ketika anda melakukan pengamatan atau penglihatan terhadap suatu obyek yang memerlukan titik focus tertentu, maka otot ini akan berkontraksi yang mana terjadi perubahan ukuran pada lensa. Kontraksi ini membuat lensa bisa berbetuk cembung dan pipih, tergantung pada obyek yang di lihat. Kemampuan lensa ini di namakan dengan daya akomodasi.

Lensa mata ini menjadi bagian yang harus selalu di rawat. Sebab beberapa kasus yang mengenai lensa mata ini adalah gangguan miopi (rabun jauh), hiper miopi (rabun dekat), dan presbiopi (rabun tua). Karena adanya gangguan ini, biasanya penderita menggunakan kaca mata, yang mana bagian lensanya sudah di atur. Misalnya untuk penderita miopi menggunakan kaca mata lensa cekung. Sedangkan hiper miopi menggunakan kaca mata lensa cembung. Lalu untuk penderita presbiopi menggunakan kaca mata cekung dan cembung.



4. Vitreous humour

Merupakan cairan yang berada di lensa mata, dimana membuat mata anda lebih kuat dan kokoh. Cairan ini berbentuk transparan dan kental. Cairan vitreous humor yang ada di lensa mata, terletak di antara lensa dan kornea, serta antara lensa dengan retina. Cairan yang ada di antara lensa dan kornea bentunya encer. Sedangkan cairan yang berada di antara lensa dan retina bentunya mirip jeli.

Meskipun cairan ini mutlak di perlukan, jika terjadi kelebihan juga menimbulkan penyakit baru. Seseorang yang memiliki kelebihan cairan ini menderita glaucoma, yakni bagian lensanya menjadi keruh kekuning kuningan. Penanganan penyakit ini harus segera, sebab jika terlambat beresiko pada kebutaan permanen.


5. Retina atau Selaput Jala

Menjadi lapisan mata yang letaknya paling dalam. Susunannya sangat kompleks dan bersi jaringan lunak. Pada bagian retina ini di temukan beberapa lapis sel seperti reseptor, serabut saraf, dan ganglia. Ketika cahaya melewati mata, maka bagian reseptor retina akan menerima rangsangan dari cahaya tersebut. Bagian yang bekerja ini di namakan dengan fotoreseptor. Ada satu bagian titik retina yang tidak terdapat sel batang dan konus di sebut juga dengan bintik buta.


6. Iris

Merupakan bagian mata yang berselaput, dimana bagian tengahnya terdapat celah yang berbentuk lingkaran. Iris inilah yang mengatur pupil untuk melakukan kerjanya, seperti melebar atau menyempit. Bagian ini terletak di belakang tepat kornea mata, pas di tengah bola mata.

Salah satu ke istimewaan iris adalah memberikan warna pada mata. Seperti kebanyakan orang Indonesia yang memiliki irirs berwarna cokelat tua sampai nyaris kehitaman. Selain itu beberapa warga eropa ada yang memiliki warna mata hazel, hijau khatulistiwa, biru langit, cokelat keemasan, dan lain sebagainya. Warna mata ini antara satu daerah dengan daerah lain umumnya berbeda beda. Sebab iris ikut memerankan factor hereditas dan keturunan masing masing. Inilah alasan mengapa iris kita berbeda.

Namun menurut penelitian terkait, iris yang berwarna hitam atau cokelat kehitaman merupakan iris yang paling baik. Ia masih dapat menerima cahaya meskipun intesitasnya sedikit saja. Sehingga dalam keadaan gelap gulita, orang dengan iris hitam masih bisa menyesuaikan dari pada dengan orang orang yang berwarna lain.


7. Pupil

Adalah organ yang bekerja sama dengan iris, yakni merupakan celah yang sudah terstruktur oleh iris. Gunanya adalah sebagai pengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Jika di tempat yang terang, maka pupil mata akan mengecil. Sebab cahaya yang berada di lingkungan tersebut sudah cukup banyak. Sebaliknya, jika berada di tempat gelap, pupil mata akan membesar. Ia bekerja dengan kuat agar mendapatkan sumber cahaya sebanyak banyaknya.

Bagian mata ini di tiru oleh alat elektronik manusia, yakni kamera. Jika anda mengamati kaemera jenis DSLR, terdapat diafragma yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata. Sebenarnya, pembuatan kamera sendirilah yang mengikuti bentuk mata manusia ketika melihat, kemudian di abadikan.


8. Otot mata

Otot mata ini bekerja sebagai penyangga lensa mata yang bentuknya mirip Kristal. Selain itu fungsinya membantu cara kerjanya lensa mata dalam membuat lensa untuk mencembung dan memipih. Kegiatan ini berguna dalam individu melihat objek dalam jarak dekat dan jauh, yang mana menjadi salah satu keistimewaan mata. Kemampuan ini di namakan dengan daya akomodasi mata.


9. Bintik kuning

Di antara bagian mata lainnya, bintik kuning merupakan bagian mata yang memiliki sensitivitas tinggi. Ketika mata mendapat rangsangan dari luar, maka bintik kuning inilah yang bekerja paling peka terhadap rangsangan tersebut.


10. Syaraf optic

Syaraf ini bekerja sebagai penghantar pesan dari mata ke pada otak. Jadi cahaya yang masuk akan di rangsang di retina, kemudian di olah di sana. Setelah selesai proses pengolahannya, syaraf mata akan merangsang mata  untuk membentuk symbol informasi. Nah dari informasi itulah yang di kirimkan syaraf optic ke otak untuk mengidentifikasi objek apakah yang di lihat.


Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan anda.

Baca juga artikel lainnya :

, ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!