Sponsors Link

Cabang Ilmu Biologi tentang Entomologi dan Penjelasannya

Entomologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari serangga. Istilah ini berasal dari dua perkataan Latin. Entomon bermakna serangga dan logos bermakna ilmu pengetahuan. Sebagai bagian dari komunitas ekosistem bumi, serangga telah menjadi penentu keberadaan dan perkembangan ekosistem di muka bumi. Dengan adanya cabang cabang ilmu biologi, kita bisa lebih memahami lingkungan hidup yang ada di sekitar kita.

Interaksi antara serangga dengan manusia sudah berlangsung sejak manusia ada dan hidup di dunia. Serangga mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. cabang ilmu biologi tentang ornitologi bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Nilai ekonomi serangga dapat mencapai trilyunan rupiah setiap tahun. Nilai yang menguntungkan dapat berasal dar iproduk seperti madu, royal jelly, sutera, jasa penyerbukan, agen hayati, perombak, pariwisata, sumbangan dalam ilmu pengetahuan, dan peran dalam ekosistem.

Jutaan ton produk pertanian hilang karena kerusakan yang disebabkan oleh serangga. Begitu juga kerugian yang besar akibat gangguan kesehatan hewan dan manusia yang disebabkan oleh penyakit yang ditularkan dan disebarkan oleh serangga.

Trilyunan rupiah dana digunakan untuk biaya pengendalian hama tanaman, hama pasca panen, hama permukiman serta penyakit pada tanaman, hewan dan manusia yang ditularkan oleh serangga.

Antroposentris, yaitu sebagai kelompok organanisme yang lebih banyak mendatangkan kerugian dari pada keuntungan bagi kehidupan manusia. Namun pada hakekatnya aspek-aspek positif dan manfaat serangga bagi kehidupan manusia jauh lebih besar dibandingkan aspek-aspekyang merugikan.

Dengan belajar Entomogi kita bisa menempatkan serangga secara proporsional dalam kehidupan, sehingga tidak memandang serangga sebagai hewan yang selalu merugikan.

Batasan dan Ruang Lingkup Entomologi

Secara terbatas, Entomologi adalah ilmu yang mempelajari serangga ( insect) Akan tetapi, arti ini seringkali diperluas untuk mencakup ilmu yang mempelajari Arthropoda (hewan beruas-ruas) lainnya, khususnya laba-laba dan kerabatnya ( Arachnida atau Arachnoidea), serta luwing dan kerabatnya (Millepoda dan Centipoda).

Dimasukannya Arthropoda lain sebagai bagian yang dibahas pada Entomologi karena ada hubungan evolusioner/filogenetis dalam konteks pembahasan taksomis dengan serangga. Selain itu dalam konteks fungsional Arthropoda lain berperan sebagai pemangsa dan pesaingbagi serangga.

Melalui entomologi kita akan diajak memgenal serangga lebih jauh. Sebagai disiplin ilmu yang sudah berkembang pesat entomologi kini dapat dibagi menjadi dua cabang ilmu yaitu Entomologi Dasar dan Entomologi Terapan.

Entomologi Dasar dibagi lagi menjadi sub-cabang ilmu yang lebih khusus antara lain

1.Morfologi Serangga

adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan struktur tubuh serangga, biasanya lebih ditekankan kepada bentuk dan struktur luar tubuhserangga.

2. Anatomi dan Fisiologi Serangga

adalah ilmu yang mempelajari bentuk danstruktur organ dalam serangga beserta fungsinya

3. Perilaku ( behavior ) Serangga

adalah ilmu yang mempelajariapyang dilakukan serangga, bagaimana dan kenapa serangga melakukannya.


4. Ekologi Serangga

adalah ilmu yang mempelajari hubungan seranggadengan lingkungannya baik lingkungan biotic (organisme lain) maupun lingkunganabiotik, (faktor fisik dan kimia).

5. Patologi Serangga

adalah ilmu yang mempelajari serangga sakit baik tingkatindividu ( patobiologi ) maupun pada tingkat populasi (epizootiologi )

6. Taksonomi Serangga

adalah ilmu yang mempelajari tata nama dan penggolongan serangga. Dalam mengkaji taksonomi ini banyak para ahli serangga (Entomologyst) mengkhususkan kajian hanya pada satu ordo bahkan satu famili dari serangga, merekamemberi nama ilmunya biasanya didasarkan kepada nama ilmiah kelompok seranggatersebut seperti:

  • Apiology ( melittology ) adalah ilmu yang khusus mempelajari lebah.
  • Coleopterology  adalah ilmu yang khusus mempelajari kumbang
  • Dipterology adalah ilmu yang khusus mempelajari lalat.
  • Hemipterology adalah ilmu yang khusus mempelajari kepik.
  • Lepidopterology adalah ilmu yang khususs mempelajari kupu-kupu danngengat.
  • Myrmecology adalah ilmu yang khusus mempelajari semut.
  • Orthopterology ilmu yang khusus mempelajari belalang, jangkrik, kecoak dan sebangsanya.

Itu dia beberapa penjelasan tentang salah satu  cabang ilmu bilogi yaitu entomologi. Semoga apa yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan. Dan terimkasih sudah membaca artikel dari kami.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!