Sponsors Link

Manfaat Glukosa dan Penjelasannya

Setiap tubuh kita pastinya akan sangat membutuhkan yang namanya glukosa. Dikatakan demikian karena memang glukosa tersebut adalah elemen monosakarida yang harus dimiliki oleh setiap manusia atau mamalia yang lainnya.

Glukosa ini dibutuhkan oleh tubuh kita dikarenakan glukosa ini dapat  dijadikan sumber intermediet metabolisme dan juga berperan sebagai sumber energi dalam tubuh kita.

Dan oleh karena adanya proses fotosintesis yang terjadi dalam tubuh kita,  makan akan terciptalah glukosa ini yang pada akhirnya akan menjadi alasan mengapa bahan bakar respirasi seluler menggunakan glukosa tersebut. sistem respirasi pada reptil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Atau bisa juga kita rumuskan dengan ketentuan : H-(C=)-(CHOH) 5 yang mana kita bisa melihat kelima struktur glukosa tersebut, dimana ada 5 gugus hidroksi dan atom karbonlah yang menjadi penyusunnya.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan gluksosa tersebut secara detail? Berikut ini penuls akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Glukosa?

Adapun yang dimaksud dengan glukosa tersebut merupakan zat dalam darah yang  diperoleh dari kandungan karbohidrat yang diperoleh atau yang terdapat di dalam makanan ataupaun minuman yang kita konsumsi. 

Glukosa atau kadar gula ketika sudah diolah dan disimpan dalam tubuh akan dijadikan sebagai salah satu sumber energi bagi manusia yang disebut dengan glikogen. 

Letak glikon itu sendiri  berada di otot dalam rangka tubuh dan juga terdapat dalam organ hati manusia. Dan glikogen tersebut akan diolah di dalam tubuh, yakni di dalam pankreas yang mana dari hasil pengolahan ini akan menghasilkan hormon samastotasin, glukogan, dan juga insulin sehingga ketiga hormon inilah yang akan sangat berpengaruh  kadar gula dalam tubuh manusia. 

Oleh karena itulah sobat, glukosa ini sangat penting peranan dan fungsinya dalam tubuh anda secara keseluruhan. metabolisme karbohidrat bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Dari Mana Saja Sumber Glukosa Tersebut?

Adapun beberapa makanan dan   minuman yang  menjadi sumber utama dari glukosa tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Yogurt
  • Susu
  • Minuman kemasan dan jus buah
  • Saus salah / salad dressing
  • Saus barbeque
  • Apel merah
  • Tepung roti
  • Makanan olahan
  • Permen dan kue
  • Makanan manis serta minuman manis lainnya

Itulah sobat beberapa makanan dan minuman yang menjadi sumber utama dari glukosa tersebut yang sering kita konsumsi setiap harinya. glikogenolisis dalam tubuh bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Lantas, apa saja manfaat glukosa tersebut dalam tubuh kita? Berikut ini penulis akan menyajikannya untuk anda.

3. Manfaat Glukosa dalam Tubuh

  • Sebagai Penyedia Sumber Tenaga

Seain karbohidrat dan juga lemak, maka glukosa ini juga berperan sebagia zat penyedia tenaga bagi tubuh anda. cadangan lemak di dalam tubuh bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Sebagai Pendukung Proses Metabolisme

Untuk proses metabolisme pada tubuh agar tetap lancar dan sempurna, maka glukosa ini akan turut serta memegang peranan penting karena memang sangat penting agar metabolisme dalam tubuh kita berjalan dengan lancar.

  • Sebagai Bahan Bakar Otak

Perkembagan sel darah merah, neuron dalam otak juga sangat membutuhkan glukosa ini sebagai bahan bakarnya dan juga berperan untuk mengatur suhu dalam tubuh kita.


Meski memang tergolong penting dalam tubuh, namun tidak boleh berlebihan ya sobat karena akan membua anda obesitas nantinya. Semoga ulasan di atas bisa berfungsi dan bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di ulasan menarik berikutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!