Sponsors Link

Bioinformatika dan Penjelasannya

Jika kita mendengar istilah “ informatika “ tentunya hak ini bukanlah suatu hal yang baru bagi kita ya sobat karena istilah informatika ini sudah sangat familiar dan sudah sangat akrab di telinga kita. Namun ada bagian dari informatika tersebut sobat yang juga penting untuk anda ketahui. Bagian yang dimaksud tersebut adalah bioinformatika.

Tentunya ilmu yang satu ini masih tergolong baru di telinga anda atau bahkan sama sekali belum  pernah mendengarnya. Dan untuk ulasan selengkapnya mengenai bioinformatika  tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini, karena pada postingan ini penulis  akan menyajikannya secara lengkap untuk anda. Cekidot.

1.Sejarah Munculnya Ilmu Bioinformatika

Adapun istilah bioinformatics muali dikemukakan pada era 1980an, yang bertujuan untuk mengacu pada penerapan komputer yang berhubungan dengan biologi. bioteknologi konvensional bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Namun penerapan dalam bidang bidang dalam bioinformatika itu sendiri  sudah sangat meluas dan bukan hanya berbicara mengenai biologi saja namun sudah mencakuk ke arah seperti pembuatan basis data dan juga  pengembangan algoritma untuk analisis sekuens biologis yang mana hal ini sudah dilakukan sejak tahun 1960 an yang silam. 

Kemajuan teknik biologi molekular dalam mengungkap sekuens biologi dari protein yang sudah di release sejak tahun 1950 an, dan asam nukelat yang di release sejak tahun 1960 an, menjadi awal proses perkembangan basis data dan juga teknik analysis sekuens biologis.

Basis data sekuens itu sendiri mulai dikembangkan pada  tahun 1960 an di Amerika Serikat. Sementara itu, basis data sekuens DNA dikembangkan  pada  akhir 1970 an yang menjadi landasan terjadinya ledakan jumlah sekuens DNA yang berhasil  diungkap pada tahun 1980 an yang merupakan salah satu hal yang mendukung perjalanan dan perkembangan ilmu bioinformatika itu sendiri hingga kini.

2. Apa Itu Bioinformatika Tersebut ?

Bioinformatika itu sendiri diambil dari kata bio dan juga informatika. Bio  itu sendiri berarti biologi, yang menurut wikipedia adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan organisme hidup, termasuk di dalamnya struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan juga taksonominya dipelajari dalam ilmu biologi tersebut. biologi sintetik bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Semenatara itu sobat,  informastika itu sendiri menurut  wikipedia adalah disiplin ilmu yang mempelajari  transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin yang sudah mengunakan basis komputasi. 

Disiplin ilmu ini sendiri mencakup beberapa macam atau jenis bidang, dimana termasuk di dalamnya sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan juga aplikasi informasi dalam sistem informasi yang berhubungan dengan manajemen. 

Secara umum, informatika tersebut mempelajari struktur, sifat, dan juga interaksi dari  beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan juga menyimpan hasil pemrosesan data serta menampilkannya dalam bentuk informasi.  

Aspek dari informatika ini sendiri tentunya akan lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasi komputer saja, namun masih ada benyak informasi yang bisa di proses dari basis bioinformatika tersebut.

Dari  penjelasan diatas, maka kita bisa menyimpulkan bahwasanya bioinformatika tersebut merupakan sebuah cabang lmu informatika yang mempelajari tentang hubungan antara makhluk hidup   dengan menggunakan  teknologi.


Sekian ulasan dan penjelasan mengenai bioinformatika tersebut yang bisa penulis share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa di ulasan beriktunya dengan materi  yang menarik lainnya. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar