Sponsors Link

Biologi Medik dan Penjelasannya

 Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, biologi adalah salah satu  cabang ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang seluk beluk setiap makhluk hidup. 

Selain itu itu, biologi tersebut juga tentunya akan mempelajari secara detail mengenai mahluk hidup tersebut mulai dari faktor pendukung kehidupan mahluk hidup itu sendiri, ekositemnya serta segala sesuatu  yang berpengaruh pada mahkluk hidup tersebut.

Oleh karena itulah sobat, biologi ini merupakan hal yang sangat penting untuk kita ketahui bersama, karena tentunya biologi tersebut sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita setiap harinya. Dan ilmu biologi itu  sendiri juga sangat luas cakupannya. Dan salah satu cakupan dari biologi itu sendiri adalah seperti biologi medik.

Nah sobat untuk ulasan selengkapnya mengenai biologi  medik tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1.Apa Itu Biologi Medik?

Adapun yang dimaksud dengan biologi medik tersebut merupakan sesuatu ilmu yang berkaitan tentang kehidupan. Dalam biologi medik tersebut sobat, keanekaragaman hayati dapat terjadi pada tingkat gen, tingkat jenis, dan juga tingkat ekosistem yang dijumpai di permukaan bumi. pengertian ekosistem bisa dijadikan sebgai informasi tambahan.

Dalam perkembangannya sendiri sebagai ilmu pengetahuan, biologi memiliki cabang – cabang ilmu yang membawa manfaat besar bagi kesejahteraan manusia.  

Atau dengan kata lain, biologi medik tersebut juga merupakan cabang ilmu biologi dalam ruang lingkup kesehatan yang bersifat multi disiplin yang meliputi biologi sel, biokimia, dan juga genetika. 

Selain itu, hal yang paling difokuskan dalam biologi medik ini adalah  pembahasan tentang struktur, fungsi dan reproduktif sel yang ditinjau dari tingkat molekulernya sendiri. 

Sebagai suatu contoh rekasi metabolisme yang di atur oleh pengaruh konsentrasi reaksi dan juga produk yang merupakan materi kajian biologi medik tersebut, selain itu hal yang dipelajari yang lainnya dalam biologi medik tersebut adalah seperti komponen dan reaksi replikasi DNA yang tentunya dipelajari dalam ilmu genetika yang merupakan bagian dari biologi medik tersebut. 

Namun yang membedakan adalah reaksi biokimia ini  sendiri merupakan reaksi katalis oleh sistem enzim yang mengalami perubahan struktur dari biologi medik tersebut.

Meski biologi medik tersebut khsususnya dalam bidang biologi molekuler sebagai cabang ilmu pengetahuan terhitung relatif masih baru, namun telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga saat ini, dan oleh karena itu pula lah biologi medik tersebut cukup diminati sekarang ini.

2. Biologi Medik dalam Dunia Kesehatan

Pemahaman tentang biology medik dalam lingkup kesehatan khusunya, biologi medik dan sel genetika ini merupakan hal yang saling berkaitan atau berhubungan satu dengan yang lainnya.

Mekanisme tingkat molekular merupakan kunci penting dalam membuka banyaknya hal atau pengetahuan baru yang kita dapat dari ilmu genetika tersebut. 

Sebut saja seperti fungsi gen yang terkait dengan onset penyakit genetis, interaksi pemaparan nutrisi yang tepat dalam metabolisme gen target, atau pada identifikasi hubungan evolusi genetis dan juga interaksi identifikasi DNA forensik dan juga kelainan genetik itu sendiri. 

Analisis biologi medik itu sendiri mengindentifikasi gen, DNA finger printing,  ekspresi dan juga eksplorasi dalam dunia kesehatan yang tentunya berhubungan dengan biologi medik tersebut.


Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai biologi medik tersebut. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi sobat semua yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Salam hangat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar