Sponsors Link

Dampak Negatif Biologis Ras Tertutup dan Penjelasannya

Dalam definisi biologis, Ras diartikan sebagai kumpulan populasi manusia yang turun-temurunyang dengan jelas dapat dibedakan dari karakteristik fisiknya yang disalurkan secara genetis (Light and Keller, 1975 :234 ).

Pada abad ke 18 mulai ilmu sosial antropologi ambil bagian dalam pengembangan keilmuan mengenai ras. Hal ini dipengaruhi oleh berkembangnya kolonilisasi yang pada gilirannya membutuhkan data detail tentang penghuni negeri-negeri jajahan baik secara fisik, sosial, dan budayanya.

Migrasi suatu kelompok ras tertentu ketempat lain yang telah dihuni oleh kelompok ras tertentu juga dapat menyebabkan dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama adalah penerimaan, sedangkan yang kedua adalah penolakan. bioteknologi modern terapi genetik bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Dengan adanya proses penerimaan suatu kelompok ras terhadap kelompok ras yang lain, secara sosiologis dapat terjadi dalam dua tipe.

  • Tipe pertama adalah amalgamation

yaitu proses perkawinan campur antar kelompok ras yang akhirnya melahirkan kelompok ras baru yang berbeda antara dua gen dari orang tuanya. Salah satu contoh terbaik untuk menggambarkan tipe ini adalah peranakan indian-negro, negro-white, dan white-indian di Amerika Utara dan Amerika Latin. kode genetik monogami pada vertebrata bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

  • Tipe kedua adalah asimilasi (assimilation )

yaitu peleburan kelompok ras minoritas/pendatang terhadap kelompok ras dominan yang ada di suatu tempat. Peleburan disini dimaknai sebagai upaya mengikuti budaya, agama, adat istiadat yang dimiliki oleh kelompok ras dominan, sehingga tidak terjadi perbedaan yang mencolok antar kelompok ras yang satu denganyang lain.

Sedangkan kemungkinan kedua yaitu penolakan, dapat berakibat serius bagi kemanusiaan. Karena, secara budaya setiap kelompok etnis memiliki pemujaan yang cukup dalam atas identitas kelompok etnisnya, sehingga cenderung berprasangka dan mendiskriminasi kelompok ras yang berbeda.

Terdapat tiga tipe penolakan kelompok ras dominan terhadap rasminoritas/pendatang yaitu : pengasingan (segregated society), pengusiran (expulsion), dan pembasmian atau genocide (extermination).

Dengan demikian, dapatlah kita berkaca dari sejarah bagaimana dalam berbagai abad terdapat perseteruan antar kelompok ras yang diwakili olehkerajaan-kerajaan besar, bahkan dalam pertengahan dan akhir abad ke 5 kita masih melihat pembantaian etnis di Jerman dan di pecahan di Yugoslavia.

Studi mengenai ras dalam sosiologi muncul pertama kali di Amerika Serikat, karena konteks sosial yang masyarakatnya terdiri dari berbagai imigran di seluruh Eropa dan Asia, dan Afrika.

Tokoh sosiologi yang pertama mambahas ras adalah Web Du Bois yang konsern memperjuangkan hak-hak kulit hitam di Amerika Serikat. Ia awalnya tidak dihargai di negerinya sendiri karena masalah rasial masih menjadi dasar negara untuk setiap kebijakan publiknya.

Ras kulit hitam dianggap manusia tak sempurna yang terendah dan tidak memiliki norma dan keadaban. Ia mengenalkan konsep jiwa yang dimaknai sebagai upaya spiritual yang dimiliki oleh setiap manusia dalam konteks ras kulit hitam mereka mengalami kesadaran ganda sebagai seorang warga negara Amerika dan juga sebagai ras negro.

Di sisi lain, kelompok dominan ras kulit putih (anglo saxon ) selalu mendiskriminasi dan berprasangka negatif kepada kelompok ras kulit hitam. Oleh karenanya, dalam upayanya menjaga persamaan antar kelompok ras, menyarankan agar pemerintah memberikan kesempatan bagi kelompok ras kulit hitam untuk mengenyam pendidikan tinggi agar mereka memiliki kesempatan yang sama untuk dapat menggapai mimpi mereka.


Meskipun para ilmuwan peneliti kelompok makhluk hidup bisa saling berbeda antar satu sama lain dalam hal detail klasifikasi intraspesifik. namun selama beberapa waktu telah muncul kesepakatan umum bahwa ras merupakan konsep biologi yang valid.

Pada masa lalu, perbedaan-perbedaan antar ras dalam suatu spesies sudah diidentifikasi berdasarkan morfologinya, yakni, struktur fisik yang bisa diamati.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!