Sponsors Link

Kode Etik Penelitian

Bagi anda yang gemar melakukan penelitian terhadap segala sesuatu yang belum anda ketahui seperti cinta menurut ilmu biologi, bahkan anda sendiri  telah menganggap bahwa penelitian adalah menjadi salah satu hobi bagi anda, pastinya anda telah mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan penelitian. Mungkin termasuk di dalamnya adalah kode etik dalam melakukan penelitian. Tentunya hal ini tidak asing bagi para peneliti yang sudah profesional dan bertanggung jawab. Lantas, sebenarnya apa saja kode etik dalam melakukan penelitian itu? Bagi anda yang penasaran sekaligus ingin lebih mengenal mengenai kode etik tersebut yakni alasan ilmiah banyak pasangan bermuka mirip, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai kode etik penelitian.

Penelitian atau riset adalah suatu proses kegiatan investigasi yang dilakukan dengan  aktif, tekun dan sistematis yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan atau bahkan merevisi fakta-fakta. Penyelidikan intelektual ini menghasilkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai peristiwa, tingkah laku, teori, dan hukum serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan tersebut atau keterkaitan ilmu biologi dengan islam. Namun, perlu anda ketahui bahwa dalam melakukan penelitian tentunya seorang peneliti tidak sembarangan sesuka hati mereka. Ada beberapa kode etik yang biasa bagi para peneliti dalam melakukan penelitian. Lantas, apa saja kode etik penelitian itu? Berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai kode etik penelitian, antara lain:

  • Menjunjung tinggi kesusilaan

Kode etik penelitian yang pertama adalah peneliti harus menjunjung tinggi kesusilaan dengan penuh kesadaran serta penuh tanggung jawab kepada Allah SWT dan umat manusia pada umumnya. Jadi, peneliti harus benar-benar bertanggung jawab atas apa saja risiko yang akan diakibatkan oleh perbuatan-perbuatan dalam penelitian.

  • Menjunjung tinggi universalitas dan obyektivitas

Kode etik penelitian yang kedua adalah peneliti harus menjunjung tinggi universalitas dan obyektivitas ilmu pengetahuan dalam upaya mencapai kebenaran. Jadi, nantinya hasil penelitian harus dapat berguna untuk semua kalangan dan benar-benar obyektif terhadap sesuatu yang diteliti.

  • Peneliti harus membaktikan diri dalam mencari kebenaran ilmiah

Kode etik penelitian yang ketiga adalah peneliti harus membaktikan diri dalam mencari kebenaran ilmiah untuk pengembangan nilai-nilai keagamaan, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan inovasi demi kemajuan peradaban dan kesejahteraan  untuk umat manusia.

  • Peneliti menjunjung tinggi nilai-nilai HAM

Kode etik penelitian yang keempat yaitu peneliti harus menjunjung tinggi nilai-nilai HAM (hak asasi manusia). Selain itu peneliti juga harus memiliki integritas dan profesionalisme, berperilaku jujur, bernurani, berkeadilan dan tidak diskriminatif terhadap lingkungan penelitian serta menaati kaidah keilmuan.

  • Peneliti harus menghormati subyek dan memahami manfaat penelitian

Kode etik penelitian yang kelima adalah peneliti harus menghormati subyek penelitian manusia, sumber daya alam, kekayaan hayati maupun non-hayati secara bermoral. Selain itu, peneliti harus memahami manfaat dan risiko-risiko dari penelitiannya. Kemudian setelah itu, risiko-risiko tadi harus dijelaskan ke publik.

  • Peneliti membuka diri terhadap kritik dan memberikan pengakuan

Kode etik penelitian yang ke enam adalah peneliti harus membuka diri terhadap kritik, saran, dan gagasan baru terhadap proses dan hasil penelitian. Selain itu, peneliti juga harus memberikan pengakuan melalui penyertaan sebagai penulis pendamping, pengutipan pernyataan, dan dalam bentuk ucapan terima kasih yang tulus kepada peneliti lainnya.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai kode etik penelitian yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda dan semoga melalui artikel ini pula juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!