Sponsors Link

Ilmu Membran dan Penjelasannya

Bagi anda yang gemar menambah pengetahuan dalam segala bidang baik di bidang sains maupun biologi misalnya membran sinovial, terutama yang membahas mengenai hal-hal atau ilmu yang baru. Mungkin anda pernah mendengar mengenai istilah ilmu atau teknologi membran. Mungkin bagi anda yang tergolong masih awam di dalam bidang biologi, masih belum banyak yang tahu mengenai ilmu membran ini. Lantas apa sih sebenarnya ilmu membran itu? Kemudian apakah ilmu yang satu ini memiliki manfaat bagi kehidupan manusia? Bagi anda yang penasaran dan ingin lebih mengenal mengenai hal tersebut yakni membran sel pada tumbuhan , maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai ilmu membran dan penjelasannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi atau ilmu pengetahuan sehingga diketahui tentang bahaya plastik menurut ilmu biologi, saat ini telah banyak bermunculan cabang ilmu-ilmu pengetahuan yang baru. Salah satu dari sekian banyak cabang ilmu pengetahuan yang muncul adalah ilmu atau teknologi membran. Lantas apa sih teknologi membran itu? Berikut ini penulis telah berhasil merangkum berbagai informasi mengenai ilmu membran dan penjelasannya, antara lain:

  • Pengertian membran

Membran adalah sebuah alat pemisah berupa penghalang yang bersifat selektif di mana dapat memisahkan dua fase dari berbagai campuran. campuran tersebut dapat bersifat homogen atau heterogen dan juga dapat berupa padatan, cairan, atau gas. Proses transportasi pada membran terjadi karena adanya driving force yang dapat berupa konveksi atau difusi dari masing-masing molekul, adanya tarik menarik antar muatan komponen atau konsentrasi larutan dan juga perbedaan suhu dan tekanan.

  • Klasifikasi membran

Membran juga memiliki klasifikasi. Berdasarkan ukurannya membran dapat dibedakan menjadi 2,yaitu membran berpori dan membran non pori. Prinsip pemisahan membran berpori di dasarkan pada perbedaan ukuran partikel dengan ukuran pori membran. Membran jenis ini biasanya digunakan untuk proses mikrofiltrasi (melewatkan air dan menahan mikroba)  dan ultrafiltrasi (melewatkan air menahan garam mineral. Sedangkan prinsip pemisahan membran non pori di dasarkan pada perbedaan kelarutan dan kemampuan berdifusi. Membran dengan jenis ini biasanya digunakan untuk proses permeasi gas, pervaporasi, dan juga dialisis.

  • Material membran

Membran juga memiliki material. Perlu anda ketahui bahwa material membran dapat digolongkan menjadi 3 yaitu organik, anorganik, dan yang terakhir adalah biologi. Berikut ini penulis telah merangkum sedikit ulasan atau informasi mengenai material membran, antara lain:

  • Organik (polimer)

Contoh dari material ini adalah polycarbonate, polyamide, polysulfone dan lain-lain. Jenis polimer yang dapat dijadikan sebagai material membran yaitu membran berpori, dan membran non berpori.

  • Anorganik

Tipe material membran anorganik dibagi menjadi 4 yaitu membran keramik (merupakan kombinasi dari logam), membran gelas atau kaca (berupa silikon oksida/silika), membran logam dan yang terakhir adalah membran zeolit.

  • Biologi

Merupakan material membran yang berasal dari makhluk hidup misalnya lipida. Struktur dari material membran yang satu ini sangat kompleks


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai ilmu membran dan penjelasannya yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat dan juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!