Sponsors Link

Fungsi dari Efek Rumah Kaca

Bagi anda yang gemar mempelajari perkembangan lingkungan atau keadaan alam seperti pemanasan global (global warming) pastinya sudah sangat mengetahui mengenai salah satu penyebab terjadinya pemanasan global tersebut yakni reaksi biologis tubuh saat pemanasan global. Ya, salah satu penyebab yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global adalah sebuah bangunan yang  berbentuk rumah yang keseluruhan bangunannya terdiri dari kaca. Rumah kaca ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk menanam sayuran, buah-buahan, bunga dan lain sebagainya. Namun perlu anda ingat kembali bahwa keberadaan rumah kaca ini memiliki efek yang disebut sebagai efek rumah kaca. Efek rumah kaca ini dikenal sangat merugikan bagi lingkungan alam, akan tetapi juga memiliki fungsi yang kadang tidak disadari oleh sebagian orang. Lantas apa sih fungsi dari efek rumah kaca itu? Bagi anda yang penasaran, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai fungsi dari efek rumah kaca.

Efek rumah kaca yang berhubungan dengan dampak pemanasan global pada tumbuhan adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi bumi, seperti memiliki efek rumah kaca yang dimana panas matahari akan terperangkap oleh atmosfer bumi. Normalnya begini, sinar matahari di siang hari yang menyinari bumi dan akan membuat bumi menjadi lebih hangat akan tetapi permukaan bumi di malam hari menjadi lebih ringan. Namun akibat dari adanya efek rumah kaca ini maka sebagian panas yang harusnya dipantulkan oleh permukaan bumi akan terperangkap oleh gas-gas rumah kaca di atmosfer tersebut. Itulah sebabnya saat ini bumi menjadi terus menghangat selama bertahun-tahun kemudian. Namun, perlu anda ketahui bahwa kebanyakan efek rumah kaca akan mengakibatkan terjadinya suatu kerusakan yang merugikan. Lantas apa saja sih fungsi dari efek rumah kaca ini? Baiklah langsung saja berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai fungsi dari efek rumah kaca, antara lain:

  • Sebagai salah satu cara mengurangi suhu dingin

Fungsi dari efek rumah kaca yakni manfaat urban farming menurut ilmu biologi yang pertama adalah sebagai salah satu cara untuk mengurangi suhu dingin. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang tidak terlalu suka dengan kondisi atau suhu yang dingin. Dengan meningkatnya efek rumah kaca akan otomatis menyebabkan suhu di bumi menjadi lebih hangat karena semakin tipisnya lapisan ozon yang ada di atmosfer. Akan tetapi jika hal ini terus menerus meningkat maka akan sangat berbahaya bagi keseimbangan alam terutama akan menyebabkan lelehnya gunung es yang berada di Kutub selatan dan kutub utara bumi.

  • Agar tidak menutupi pemandangan di sekitar rumah

Fungsi dari efek rumah kaca yang kedua yaitu dapat digunakan agar tidak menutupi pemandangan di sekitar rumah. Penggunaan rumah kaca akan memungkinkan anda untuk selalu dapat melihat pemandangan yang ada di sekitar rumah anda. Hal ini karena rumah kaca memiliki bagian-bagian rumah yang terdiri dari kaca yang transparan sehingga segala sesuatu yang ada di luar rumah akan dapat terlihat dari dalam rumah kecuali jika kaca benar-benar kotor.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai fungsi dari efek rumah kaca yang dapat penulis sampaikan  dalam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!