Sponsors Link

Fungsi dan Manfaat dari Penelitian Menurut Bidang Ilmu Biologi

Bagi anda yang gemar menambah pengetahuan mengenai segala sesuatu yang belum anda ketahui misalnya cara terbaik mencuci tangan menurut ahli mikrobiologi, mungkin melakukan penelitian adalah suatu pilihan kegiatan yang sangat sesuai dan dapat dikatakan dapat membantu. Hal ini karena melalui kegiatan penelitian inilah anda dapat menarik kesimpulan mengenai suatu hal yang belum anda ketahui. Sehingga dengan demikian, akan dapat menambah pengetahuan bagi anda sendiri. Seperti halnya kegiatan yang lain, penelitian juga memiliki fungsi dan manfaat menurut bidang ilmu Biologi. Lantas apa saja sih fungsi dan manfaat dari penelitian menurut bidang ilmu biologi itu ? Bagi anda yang penasaran, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai fungsi dan manfaat dari penelitian menurut bidang ilmu biologi.

Penelitian adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan untuk dapat mengetahui segala sesuatu yang masih belum diketahui kebenarannya misalnya penyebab jet lag. Kegiatan yang satu ini tentunya memiliki fungsi dan manfaat bagi masyarakat. Berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai fungsi dan manfaat dari penelitian menurut bidang ilmu biologi, antara lain:

1. Fungsi penelitian menurut bidang ilmu biologi

Fungsi penelitian menurut bidang ilmu biologi sebenarnya sangat banyak yang dapat di rasakan oleh masyarakat maupun oleh peneliti itu sendiri misalnya mengetahui tentang hal gaib dari sisi ilmu biologi. Oleh karena itu, penelitian adalah kegiatan yang sangat berguna bagi masyarakat. Berikut ini merupakan fungsi penelitian menurut bidang ilmu biologi, antara lain:

  • Sebagai pemberi rekomendasi dan meningkatkan kemampuan

Fungsi penelitian menurut bidang ilmu biologi yang pertama yaitu sebagai pemberi rekomendasi bagi masyarakat mengenai apa yang dibutuhkan oleh masyarakat tersebut terutama mengenai obyek yang telah di teliti tadi. Selain itu, penelitian juga dapat meningkatkan kemampuan dalam menginterpretasikan fenomena-fenomena yang terjadi di dalam masyarakat dan sekitarnya yang bersifat kompleks dan saling berkaitan.

  • Sebagai alat perencanaan dan mempermudah mencapai tujuan

Fungsi penelitian menurut bidang ilmu biologi yang kedua adalah sebagai alat perencanaan untuk melakukan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. Selain itu, fungsi lain dari penelitian juga akan mempermudah anda dalam mencapai tujuan yang anda harapkan.

  • Sebagai alat untuk mengambil keputusan

Fungsi penelitian menurut bidang ilmu biologi yang ketiga adalah sebagai alat untuk mengambil keputusan. Jadi, melalui penelitian maka akan mempermudahkah anda dalam mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil dari kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan.

  • Sebagai media untuk mengembangkan ilmu pengetahuan

Fungsi penelitian bidang ilmu biologi yang keempat adalah penelitian sebagai media untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Dengan melalui penelitian yang telah di jalankan, maka akan mendapatkan sesuatu yang baru ataupun penyempurnaan ilmu pengetahuan yang telah ada.

2. Manfaat penelitian menurut bidang ilmu biologi

Manfaat penelitian menurut bidang ilmu biologi memiliki dua golongan atau jenis. Yang pertama adalah manfaat secara teoritis dan yang kedua adalah manfaat secara praktis. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai manfaat penelitian menurut bidang ilmu biologi, antara lain:

  • Manfaat teoritis

Manfaat penelitian menurut bidang ilmu biologi yang pertama adalah manfaat teoritis. Penelitian yang bertitik tolak dari meragukanmu  suatu teori tertentu di sebut penelitian verifikatif. Keraguan terhadap teori tersebut muncul jika teori yang bersangkutan tidak bisa lagi menjelaskan peristiwa-peristiwa aktual yang di hadapi. Pengujian terhadap teori tersebut dilakukan melalui penelitian  empiris, yang hasilnya bisa menolak, atau mengukuhkan bahkan merevisi teori yang bersangkutan.


  • Manfaat praktis

Manfaat penelitian menurut bidang ilmu biologi yang kedua adalah manfaat praktis. Yaitu penelitian dapat bermanfaat untuk menyelesaikan masalah-masalah praktis. Hampir semua lembaga di dalam masyarakat,  baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta, menyadari manfaat ini dengan menempatkan penelitian dan pengembangan sebagai bagian integral dalam organisasi mereka.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai fungsi dan manfaat dari penelitian menurut bidang ilmu biologi yang dapat penulis sampaikan dalam artikel kali ini. Terima kasih karena anda telah meluangkan  waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan manfaat bagi anda. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!