Sponsors Link

Proses Pertumbuhan Tanaman Kacang Panjang Mulai dari Tunas

Sobat semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran yang tergolong sering kita konsumsi ini ya sobat, iya “ kacang panjang “. Kacang panjang ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah kita jumpai tentunya di penjual sayur atau di supermarket.

Selain dijadikan sayuran, kacang panjang ini juga sering dijadikan sebagai lalapan pelengkan lalapn jenis yang lainnya. Sayuran yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan yang menjalar atau melilit pada dahan yang menjadi tempatnya bergatung.

Sementara itu, bagian yang akan dijadikan sayuran atau lalapan adalah buahnya yang masih muda serta yang memiliki serat masih lunak. Sayuran yang satu ini pada umumnya akan tumnuh subur pada daerah yang memiliki suhu panas.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai kacang panjang tersebut dan bagaiamna proses pertumbuhan tanaman kacang panjang mulai dari tunas, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1.Detail Tumbuhan Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang merupakan tanaman semak, yang menjalar dan juga tanaman semusim yang memiliki tinggi 2 hingga 3 m. Batang tanaman ini sendiri tegak, silindris, lunak dn berwarna hijau dengan permukaan yang licin.

Daunnya sendiri memiliki warna yang majemuk, lonjong, berseling yang memiliki panjang 6 hingga 8 cm, lebar 3 hingga 4 cm, tepi rata, pangkal membulat, ujung lancip, memiliki pertulangan yang menyirip, tangkai silidris, panjangnya kurang dari 4 cm, dan yang pasti memiliki warna hijau sama dengan buahnya.

Bunga kacang panjang ini sendiri terdapat pda ketiak daun, yang memiliki panjang kira kira 12 cm yang berwarna hijau atau kuning keputihan, mahkotaya berbentuk kupu kupu berwarna putih keunguan, dan juga mmeiliki benang sari.

Sementara itu, untuk buahnya sendiri berbentuk panjang secara keseluruhan dan bijinya berbentuk polong berwarna hijau dan panjangnya sekitar 15 hingga 25 cm. daur hidup kupu kupu bisa anda pelajari sebagai informasi tambahan.

Proses Pertumbuhan Tanaman Kacang Panjang Mulai dari Tunas

Berikut ini adalah beberapa proses pertumbuhan kacang panjang tersebut, antara lain :

  • Persiapan Benih

Benih kacang panjang yang baik dan bermutu adalah kacang panjang yang memiliki penampilan berisi dan bersih. Selain itu, pastikan benih tersebut tidak cacat. Setelah itu, silahkan menebar benih tersebut di daerah yang sudah disediakan dan pastinya disertakan dengan kompos. proses terjadinya pupuk kompos juga bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Perkecambahan

Benih yang tadi sudah anda sebar, maka dalam waktu 3 hingga 5 hari akan tumbuh dan menjadi berkecamba dengan ditandai adanya daun yang muncul kepermukaan tanajh. Tahap ini memerlukan asupan unsur hara dn mineral yang baik dalam tanah, sehingga pastikan tanahnya anda beri pupuk terlebih dahulu.

  • Penyiangan

Setelah berkecambah, maka dengan akan cepat batang dan daun dari tanaman kacang panjang tersebut akan terus dan dengan cepat berkembang oleh karena itu silahkan truh kayu untuk tempat ia merambat dan pastikan anda menyianginya dati berbagai tanaman parasit.

  • Panen

Pada saat anda menyianginya, pastikan juga pemupukan tidak boleh lupa guna untuk mendapatkan hasil yang maskimal. Setelah itu, tanaman kacang panjang anda sudah spa untuk dipanen. Bisa untuk dijual, dan bisa juga untuk anda konsumsi sendiri.


Gampang kan sobat proses pertumbugan tanaman kacang panjang muali dari tunas hingag kita bisa memanennya? Anda juga bisa mempraktekkan hal ini dipekarangna rumah anda. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Salam.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar