Sponsors Link

Teknik dan Metode Penelitian

Bagi anda yang gemar dan sudah lama mempelajari ilmu biologi, mungkin anda sudah pernah mendengar teknik dan metode dalam melakukan penelitian yakni kode etik penelitian. Penelitian adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan untuk menarik atau mengetahui kesimpulan dari segala sesuatu yang belum di ketahui kebenarannya. Jadi, melakukan penelitian sangatlah penting apabila anda ingin mengetahui secara mendetail suatu hal yang belum pernah atau sama sekali belum anda ketahui.

Namun, dalam melakukan penelitian tidaklah sembarangan yakni ada cara mempatenkan hasil penelitian. Anda harus mengetahui bahwa ada beberapa teknik dan metode dalam melakukan penelitian. Lantas, apa saja teknik dan metode penelitian itu? Bagi anda yang penasaran dan ingin lebih mengetahui hal tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai teknik dan metode penelitian.

Sebelum mengetahui mengenai apa saja teknik dan metode penelitian misalnya bagaimana sebuah penelitian dikatakan sukses, maka ada baiknya apabila anda mengetahui definisi atau pengertian dari teknik dan metode penelitian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang di maksud teknik penelitian adalah suatu sistem penelitian dengan meneliti secara langsung objeknya.

Sedangkan metode penelitian adalah rangkaian cara terstruktur atau sistematis yang digunakan oleh peneliti dengan tujuan mendapatkan jawaban yang tepat atas pertanyaan pada obyek penelitian. Atau secara ringkasnya metode penelitian adalah upaya untuk mengetahui sesuatu dengan rangkaian sistematis. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai teknik dan metode penelitian, antara lain:

  • Teknik penelitian

Teknik penelitian merupakan sebuah cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Berikut ini merupakan penjelasan selengkapnya mengenai teknik penelitian, antara lain:

  1. Wawancara, teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan secara bertahap muka dan tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber. Dalam pelaksanaannya teknik wawancara memiliki 2 jenis yaitu wawancara terstruktur dan tidak terstruktur
  2. Observasi, yaitu teknik pengumpulan data penelitian yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaannya.
  3. Studi dokumen, yaitu teknik pengumpulan data penelitian yang tidak ditujukan langsung kepada subyek penelitian.
  • Metode penelitian

Metode penelitian memiliki 2 (dua) jenis apabila berdasarkan pendekatannya. Pendekatan tersebut adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

  • Pendekatan kuantitatif
  • Metode deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada.
  • Metode komparatif, yaitu metode yang digunakan dalam penelitian yang diarahkan untuk mengetahui apakah diantara dua variable terdapat perbedaan dalam suatu aspek atau obyek yang diteliti.
  • Metode korelasional, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari hubungan atau korelasi diantara variable-variable yang di cari. Metode korelasi memiliki beberapa jenis, antara lain yaitu metode korelasi positif, negatif, tidak ada korelasi dan korelasi sempurna.
  • Metode survey, yaitu metode dengan melakukan  pengamatan secara langsung pada objek-objek yang diteliti. Selain metode-metode diatas masih terdapat metode lain yaitu metode Ekspos fakto dan penelitian
  • Pendekatan kualitatif
  • Metode etnografis, yaitu metode yang digunakan untuk menginterpretasikan budaya kelompok sosial, dan suatu sistem masyarakat.
  • Metode historis, yaitu metode yang bertujuan untuk merekonstruksi masa kaki secara sistematis dan obyektif.
  • Metode fenomenologis, yaitu metode yang digunakan dalam penelitian yang mencari arti dari pengalaman hidup.
  • Metode studi kasus, yaitu metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan terhadap suatu kesatuan sistem, baik berupa program, kegiatan, dll. Selain metode diatas masih ada metode lain seperti metode teori dasar, dan metode study kritis.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai teknik dan metode penelitian yang dapat penulis sampaikan dalam artikel pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda.

Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tentunya pada artikel-artikel selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!