Sponsors Link

Teknologi Nuklir dan Penjelasannya

Bagi anda yang mengikuti perkembangan teknologi yang ada di dunia terutama pada negara-negara maju seperti nanoteknologi, mungkin anda sudah pernah mendengar mengenai teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan ini. Selain bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, teknologi ini juga dapat digunakan sebagai salah satu senjata yang sangat dahsyat di dalam peperangan.

Ya, teknologi yang penulis maksud adalah teknologi nuklir yakni senjata biologis. Mungkin bagi sebagian masyarakat yang masih awan mengenai perkembangan teknologi terutama dalam hal pengembangan teknologi nuklir, masih belum terlalu mengetahui apa itu sebenarnya teknologi nuklir. Lantas apa saja sih kegunaan atau manfaat dari teknologi nuklir? Bagi anda yang penasaran, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai teknologi nuklir dan penjelasannya.

Perlu anda ketahui bahwa di zaman yang sudah sangat maju ini, banyak sekali teknologi-teknologi baru yang muncul seperti macam senjata biologis bahkan menjadi salah satu aset penting bagi sebuah negara. Salah satu teknologi yang saat ini sangat populer dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari adalah teknologi nuklir.

Jika anda perhatikan negara-negara yang tergolong maju seperti negara China, teknologi nuklir merupakan salah satu aset yang terus dikembangkan dan menjadi aset yang sangat penting. Lantas, mengapa dapat dikatakan sebagai aset yang penting bagi negara China? Tentunya negara China telah memiliki pandangan tersendiri mengenai hal tersebut. Nah, bagi anda yang penasaran dengan teknologi nuklir, berikut ini penulis telah merangkum sedikit ulasan mengenai teknologi nuklir dan penjelasannya, antara lain:

  • Pengertian teknologi nuklir

Teknologi nuklir terdiri dari dua kata yaitu teknologi dan nuklir. Dikutip dari halaman wikipedia kata teknologi memiliki arti sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sedangkan nuklir merupakan suatu bagian atau yang berhubungan dengan nukleus atom (inti atom). Sehingga dapat dikatakan bahwa teknologi nuklir adalah sebuah teknologi yang melibatkan reaksi dari inti atom. Teknologi nuklir dapat di temukan pada berbagai aplikasi, dari yang sederhana seperti detektor asap hingga sesuatu yang besar seperti reaktor nuklir.

  • Bahan pembuatan nuklir

Teknologi nuklir tentunya memiliki sebuah bahan sebagai dasat pembuatannya. Perlu anda ketahui bahwa bahan pembuat nuklir adalah uranium yang merupakan unsur radioaktif. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai uranium sebagai bahan pembuat nuklir menurut organisasi nuklir dunia, antara lain:

  1. Uranium adalah logam yang sangat berat yang dapat digunakan sebagai sumber berlimpah energi terkonsentrasi.
  2. Uranium terbentuk pada supernova sekitar 6,6 milyar tahun yang lalu
  3. Uranium memiliki titik lebur mencapai 1.132°C dan simbol kimianya adalah huruf U
  • Kegunaan nuklir

Teknologi nuklir tentunya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah sebagai sumber energi listrik yang hemat. Perlu anda ketahui bahwa lebih dari 14 % dari produksi listrik di dunia dihasilkan dari uranium dalam reaktor nuklir.

Jumlah ini lebih dari 2500 milyar KWh setiap tahun, seperti halnya dari semua sumber listrik di seluruh dunia pada tahun 1960. Selain itu, teknologi nuklir juga dapat dimanfaatkan sebagai senjata militer dan radio isotop.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai teknologi nuklir dan penjelasannya yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini.

Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan manfaat dan juga menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!