Sponsors Link

Bioteknologi Modern Antibiotik Jenis Baru dan Penjelasannya

Bagi mereka yang bergelut dalam dunia sains, tentunya dunia bioteknologi modern bukanlah suatu hal yang baru lagi bagi mereka, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bioteknologi modern tersebut lahir oleh karena adanya penelitian dan penemuan pememuan baru yang dilakukan oleh mereka yang bergelut dalam dunia sains tersebut.

Oleh karena itu sobat, bisa kita pastikan bahwasanya bioteknologi modern tersebut tentunya berhubungan atau bermanfaat bagi kita sebagai manusia.

Dan untuk ulasan selengkapnya mengenai bioteknologi modern tersebut serta salah satu contoh penggunaanya dalam hidup kita, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini, karena pada postingan kali ini penulis akan menyajikannya untuk anda. Cekidot.

1.Apa Itu Bioteknologi Modern Tersebut?

Adapun yang dimaksud dengan bioteknologi modern tersebut merupakan bioteknologi yang menghasilkan jasa dan juga barang dengan menggunakan rekayasa genetik berupa DNA rekombinan.

Sekedar informasi untuk anda nih sobat, DNA rekombinan tersebut merupakan suatu proses pemutusan dan penyambungan DNA. Caranya adalah dengan melakukan cloning fungsi sel dan kultur jaringan.

Dilihat dari perkembangannya, hasil dari bioteknologi ini masih dalam kategori terarah. Selain itu, hasilnya juga sangat maksimal atau bisa dikategorikan dan dapat dikendalikan sepenuhnya dengan baik.

Sekarang ini sobat, bioteknologi konvensional adalah jenis bioteknologi yang juga digunakan untuk menghasilkan jasa dan barangnya untuk digunakan sebagai mikroorganisme seperti bakteri dan jamur agar bisa menciptakan enzim – enzim tertenya.

Oleh karena itulah ilmu bioteknologi modern ini sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek dalam hidup kita. Sebut saja seperti bioteknologi modern antibiotik jenis baru. bioteknologi modern hewan transgenik bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Lantas seperti apa bioteknologi modern tersebut dalam penggunaanya dalam hal antibiotik? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasanya untuk anda. Cekidot.

2. Bioteknologi Modern Antibiotik Jenis Baru dan Penjelasannya

Adapun antibiotik merupakan suatu senyawa yang dihasilkan oleh satu mikroba, yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang lainnya. Dan antibiotik ini sendiri kini dalam pembuatannya sudah menggunakan bioteknologi modern.

Lantas bagaimana proses pembutannya, berikut ini penulis akan menyajikannya untuk anda.

  • Bahan Baku

Pada umumnya, saat akan memproduksi antibiotik tersebut akan menggunakan proses fermentasi. Dan selama fermentasi organisme akan menghasilkan bahan antibiotik tersebut, yang kemudian akan bisa digunakan sebagai obat. bioteknologi modern terapi genetik bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

  • Mekanisme

Dalam tahap ini, akan melibatkan atau mengisolasi mikroorganisme yang diinginkan, dan akan mendorong pertumbuhan budaya dalam menyempurnakan serta mengisolasi produk antibiotik akhir.

  • Persiapan

Sebelum fermentasi dimulai, mikroorganisme akan memproduksi antibiotik yang diinginkan harus di isolasi dan juga jumlahnya harus ditingkatkan. Untuk melakukan hal ini, budaya starter dari sampel sebelumnya akan terisolasi dan akan disimpan dalam laboratorium.

  • Fermentasi

Tangki fermentasi pada dasarnya adalah tangki versi besar yang mampu menampung sekitar 30.000 galon dan diisi dengan media pertumbuhan yang sama.

  • Isolasi dan Pemurnian

Setelah tiga hingga lima hari, jumlah maksimum antibiotik akan diproduksi dan diproses isolasi dapat dimulai. Dalam metode ini, kaldu akan diperlakukan dengan pelarut organik seperti butil asetat atau metil isobutil keton yang secara khusus dapat melarutkan antibiotik tersebut. Kemudian antibiotik akan disempurnakan dalam bentuk dan jenis yang berbeda menggunakan bioteknologi modern.


Sekian ulasan yang penulis sajikan untuk sobat semua mengenai bioteknologi modern antibiotik jenis baru tersebut. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!