Sponsors Link

Manfaat Penggunaan Teknologi Nuklir

Bagi anda yang selalu mengikuti perkembangan teknologi dan juga ilmu pengetahuan, mungkin anda sudah pernah mendengar mengenai istilah teknologi nuklir atau macam senjata biologis. Teknologi yang satu ini memang sudah menjadi suatu aset yang penting bagi negara-negara yang sudah maju. Bahkan bagi negara-negara berkembang pun juga berusaha untuk mengembangkannya dengan tujuan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Maka tak salah apabila negara maju menjadikan teknologi nuklir ini sebagai aset berharga mereka. Perlu anda ketahui bahwa penggunaan teknologi nuklir atau aliran energi dalam ekosistem saat ini dapat dimanfaatkan di beberapa bidang dalam lingkungan hidup. Lantas apa saja manfaat penggunaan teknologi nuklir ini? Bagi anda yang penasaran dan ingin menambah wawasan mengenai teknologi nuklir, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai manfaat penggunaan teknologi nuklir dan dampak jangka panjang penggunaan teknologi nuklir.

Dikutip dari halaman wikipedia teknologi nuklir memiliki definisi sebagai sebuah teknologi yang melibatkan reaksi inti atom atau nukleus. Perlu anda ketahui bahwa teknologi nuklir dapat ditemui di berbagai aplikasi, dari buang sederhana seperti detektor asap hingga sesuatu yang besar seperti reaktor nuklir. Hal ini pastinya juga dipengaruhi oleh manfaat yang dapat dihasilkan. Namun, tidak hanya sebagai detektor asap dan juga reaktor nuklir saja manfaat yang dapat diambil dari penggunaan teknologi nuklir. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ini penulis telah merangkum sedikit informasi agar anda dapat mengetahuinya. Baiklah langsung saja, berikut ini merupakan manfaat penggunaan teknologi nuklir, antara lain:

  • Manfaat nuklir di bidang kesehatan

Manfaat penggunaan teknologi nuklir yang pertama adalah manfaat dalam bidang kesehatan. Di bidang kesehatan, pada umumnya teknologi nuklir di manfaatkan di dua bidang kesehatan yaitu bidang diagnosa dan terapi radiasi. Pemanfaatan yang umum dari teknologi nuklir adalah untuk pengaplikasian perawatan penyakit kanker bagi penderita kanker. Salah satu hasil pemanfaatan teknologi nuklir ini di bidang kesehatan adalah penciptaan sinar X, penggunaan teknesium, dan lain-lain.

  • Manfaat nuklir di bidang industri

Manfaat penggunaan teknologi nuklir yang kedua adalah di bidang industri. Salah satu contohnya adalah pada saat melakukan eksplorasi gas dan minyak di mana teknologi nuklir memiliki peranan yang sangat penting karena berfungsi sebagai teknologi yang mampu menentukan sifat dari bebatuan yang ada di sekitar area eksplorasi seperti bebatuan porositas maupun litografi. Pemanfaatan nuklir dalam hal ini yaitu dengan menggunakan neutron maupun sumber sinar gamma serta detektor radiasi yang ditanamkan pada baruan yang di teliti tersebut.

  • Manfaat nuklir di bidang pertanian

Manfaat penggunaan teknologi nuklir yang ketiga adalah di bidang pertanian. Dalam hal ini teknologi nuklir dimanfaatkan dalam proses irradiasi makanan dimana makanan atau bahan pangan yang beracun untuk di scan menggunakan radiasi sinar X, sinar gamma yang bertujuan untuk membunuh berbagai macam mikroorganisme, virus, bakteri, bahkan sampai serangga yang ada di dalam makanan  atau bahan pangan. Selain itu, teknologi nuklir juga dapat dimanfaatkan untuk pencegahan proses pertunasan, peningkatan hasil buah, serta mampu meningkatkan rehidrasi pada tumbuhan.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai manfaat penggunaan teknologi nuklir yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan manfaat bagi sobat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di kesempatan lain, sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Bioteknologi
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!