Sponsors Link

Manfaat Pupuk Kandang dalam Ilmu Biologi

Bagi anda yang ingin menambah wawasan dalam bidang ilmu biologi, mungkin sudah saatnya anda untuk lebih meningkatkan lagi kegiatan belajar baik dimulai dengan cara membaca atau sampai melakukan sebuah penelitian misalnya dampak pengguaan pupuk kimia bagi lingkungan.

Mungkin bagi anda yang sudah lama bergelut dalam bidang ilmu biologi sudah banyak yang tahu mengenai manfaat pupuk kandang dalam bidang ilmu biologi.

Namun, berbeda dengan sebagian besar masyarakat yang masih awal terkait hal tersebut. Lantas, sebenarnya apa sih manfaat yang diperoleh dari pupuk kandang dalam bidang ilmu biologi?

Bagi anda yang penasaran, dan ingin lebih mengetahui mengenai persoalan tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai manfaat pupuk kandang dalam bidang ilmu biologi.

Biologi merupakan kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran dan taksonominya yakni air kencing dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Ilmu biologi modern sangat meluas dan eklektik serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin.

Oleh karena itu tak jarang ilmu biologi juga dapat membahas mengenai hal-hal yang memiliki keterkaitan dengan bidang ilmu biologi tersebut. Salah satunya yaitu dalam bidang pertanian. Tahukan anda jika pupuk kandang memiliki manfaat dalam bidang ilmu biologi?

Lantas apa sih manfaatnya dan proses terbentuknya pupuk kompos? Berikut ini penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai permasalahan tersebut. Jadi, bagi anda yang penasaran, maka anda hanya perlu untuk membaca artikel ini. Baiklah langsung saja berikut ini merupakan manfaat pupuk kandang dalam bidang ilmu biologi, antara lain:

  • Pupuk kandang membantu menjaga kelembaban tanah

Manfaat pupuk kandang yang pertama adalah pupuk kandang atau pupuk organik mampu membantu dalam menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar-akar tanaman.

Selain itu, pupuk kandang atau pupuk organik juga mampu berperan dalam memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada di tanah sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.

  • Pupuk kandang berperan dalam  pelepasan hara tanah

Manfaat pupuk kandang yang ke dua adalah pupuk kandang berperan dalam pelepasan hara tanah secara perlahan dan kontinu sehingga dapat membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan.

Selain itu pupuk kandang atau pupuk organik dapat meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada di dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel-partikel udara dalam tanah.

  • Pupuk organik dapat mencegah erosi lapisan atas tanah

Manfaat pupuk kandang yang ketiga adalah pupuk kandang atau pupuk organik dapat mencegah erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan yang mengandung banyak hara. Pemakaian pupuk organik juga berperan penting dalam merawat atau menjaga tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaan berlebihan pemupukan dengan pupuk kimia atau anorganik.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai manfaat pupuk kandang dalam bidang ilmu biologi yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini.

Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda dalam  penulisan artikel ini. Sampai lagi di lain kesempatan tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Pertanian
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!