Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Penjelasannya

Aves adalah salah satu jenis makhluk hidup yang termasuk ke dalam klasifikasi kingdom hewan (animal). Kita ketahui bersama bahwa kingdom hewan (animal) terbagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu vertebrata dan invertebrata. Dimana kedua jenis ini memiliki perbedaan antara vertebrata dan invertebrata baik dalam evolusi, sistem reproduksi, struktur tubuh dan kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan lingkungan. Berdasarkan eksistensinya, aves sendiri terdapat 8600 spesies yang terbagi menjadi 27 ordo. Kali ini dosen biologi akan menyampaikan kepada kali beberapa ciri-ciri hewan aves yang biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari.

1. Tubuh dipenuhi bulu

Ciri-ciri hewan aves yang pertama adalah hewan ini dipenuhi bulu pada tubuhnya. Bulu pada aves berfungsi untuk melindungi tubuh mereka dari suhu di lingkungan (diluar tubuh mereka). Dengan mereka memiliki bulu yang menutupi kulit sehingga mereka dapat mengatur suhu tubuh mereka entah itu panas ataupun dingin.

2. Rangka tubuh yang ringan dan tulang keropos

Struktur rangka tubuh pada aves sangat ringan dan tulang yang keropos. Hal ini memudahkan mereka untuk melakukan pergerakan, terutama pada bagian sayap mereka.

3. Berkembang biak dengan bertelur (ovipar)

Aves berkembang biak dengan cara terjadi pertemuan antara aves betina dan jantan. Kemudian terjadi pembuahan di dalam tubuh induk betina. Selanjutnya aves betina akan menghasilkan telur yang mana bisa kita sebut sebagai  contoh hewan ovipar. Telur yang dihasilkan dari pembuahan tersebut akan melahirkan aves yang baru. Adapun untuk pembentukan calon aves baru bisa menetas perlu masa waktu dierami. Masa menetas tiap aves berbeda-beda tergantung dari proses pengeramannya.

4. Hewan homoioterm (berdarah panas)

Cara kerja hewan aves yang termasuk homoioterm dengan mengatur suhu tubuh melalui proses berkeringat atau proses radiasi. Proses radiasi pada sistem pengaturan suhu hewan yang berdarah panas karena adanya emisi dari energi elektromagnet sehingga panas ditransfer ke obyek lain yang tidak kontak langsung. Pada aves sistem pengaturan suhu diatur melalui laju metabolisme menggunakan perubahan hormon. Dengan demikian suhu pada tubuh aves bisa konsisten tetap.

5. Bersayap dan sepasang kaki

Fungsi sayap dan kaki pada hewan aves adalah memudahkan mereka dalam berpindah tempat (akomodasi). Biasanya beberapa hewan aves menggunakan sayap untuk bermigrasi ke tempat lain.

6. Bernafas dengan paru-paru dan kantung hawa

Kantung hawa pada aves biasa difungsikan jika aves kekurangan udara sehingga cadangan udara pada kantung hawa berfungsi saat diperlukan saja.

7. Habitat perairan dan daratan

Beberapa aves dapat hidup di 2 habitat yaitu perairan dan dataran. Biasanya daratan dijadikan oleh aves sebagai tempat untuk istirahat maupun mengerami telur yang mereka hasilkan. Beberapa hewan aves ada yang mencari makan di perairan dan di daratan. Sistem mereka berpindah tempat bisa menggunakan sayap dan kaki mereka.


8. Bagian bulu pada tubuh aves terdiri dari plumae, filoplumae dan plumulae

Bagian bulu pada tubuh aves terdiri dari 3 (tiga) bagian yang memiliki fungsi sebagai berikut

  • Plumae berfungsi menjaga keseimbangan saat terbang
  • Filoplumae berfungsi menjaga suhu tubuh aves
  • Plumulae berfungsi memberi bentuk pada aves

9. Sistem ekskresi menggunakan ginjal dan tidak ada kandung kemih

Pada aves, sistem ekskresi dilakukan oleh ginjal yang membentuk metanefros. Metanefros adalah ginjal yang memiliki glomerulus dalam jumlah yang banyak. Ketidakadaannya kandung kemih menyebabkan saluran ureter akan langsung masuk kloaka.

10. Bagian jantung ada 4 (empat)

Jantung pada aves tidak sama dengan bagian jantung pada hewan vertebrata. Pada aves, jantung dapat dibagi menjadi 4 (empat) ruang meliputi atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan dan ventrikel kiri.


11. Sistem peredaran darah tertutup

Sistem peredaran darah tertutup darah tertutup pada hewan aves bisa dilihat dari struktur peredaran darah yang hanya terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Proses sistem peredaran darah pada aves terdiri menjadi 2 (dua) yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

12. Organ reproduksi antara jantan dan betina berbeda

Organ reproduksi jantan pada aves terdiri dari sepasang testis, vas deferens dan kloaka. Pada organ reproduksi betina aves terdiri dari 3 (tiga) yaitu ovarium kiri dan ovarium kanan, oviduk dan kloaka.

Setelah teman-teman semua mengetahui apa saya ciri-ciri hewan aves. Ada baiknya teman-teman semua bisa menambah pengetahuan kalian tentang klasifikasi dari hewan vertebrata seperti ikan, reptil, amphibi dan mamalia. Belajar biologi jadi asik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Selamat belajar dan semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan