Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Reptil Terlengkap Beserta Penjelasannya

Reptil adalah ciri- ciri hewan vertebrata yang terdiri dari kurang lebih 10.000 spesies di seluruh dunia. Berdasarkan taksonominya, ada kurang lebih 86 family reptil dan 1199 genus reptil yang bisa kita jumpai menurut data terakhir yang ditemukan. Berdasarkan catatan sejarah, reptile ditemukan di benua amerika, afrika, australia, india dan antartika. Berikut ini beberapa penjelasan dari dosen biologi mengenai cici-ciri hewan reptil yang bisa kalian ketahui.

1. Spesies yang memiliki usia panjang

Ditemukannya spesies reptil yang berusia lebih tua dibandingkan dengan hewan vertebrata lainnya menjadikan reptil memiliki ciri-ciri tersebut. Selain itu kemampuan mereka bertahan hidup lebih lama. Mulai dari 70 sampai 150 tahun, masih dapat kita temukan hewan reptil yang memiliki usia seperti demikian.

2. Tubuh ditutupi oleh kulit

Pada reptil biasanya terjadi pergantian kulit dari kulit lama ke kulit baru sehingga nanti kulit lama akan mengelupas dari tubuh hewan reptil.

3. Tidak bisa mengunyah makanan

Proses makanan tidak tercerna secara baik sehingga hewan reptil akan memproses makanan hanya dengan mengoyak-ngoyak makanan mereka saja.

4. Sistem peredaran darah tertutup dan berdarah ganda

Cara kerja sistem peredaran darah tertutup dan berdarah ganda pada hewan reptil adalah darh yang banyak mengandung karbondioksida masuk ke serambi kanan. Kemudian darah dibawa ke bilik kanan dan dialirkan jantung ke paru-paru. Proses paru-paru yang banyak mengandung karbondioksida berubah menjadi banyak mengandung oksigen. Selanjutnya darah dari paru-paru pindah ke serambi kiri dan menuju ke bilik kanan. Selanjutnya darah diedarkan ke seluruh tubuh. Pada hewan reptil, proses darah melewati jantung terjadi sebanyak 2 (dua) kali sehingga disebut peredaran darah tertutup.

5. Hewan reptil termasuk ektoterm (berdarah dingin)

Ektoterm adalah kemampuan hewan vertebrata yang mengatur suhunya sesuai dengan suhu di lingkungannya. Pada hewan yang termasuk ektoterm, proses penyesuaian suhu tubuh dikeluarkan melalui kalor. Kalor ini dihasilkan dalam proses pembakaran dimana energi panas dikeluarkan ke lingkungan.

6. Alat pernapasan hewan reptil adalah paru-paru

Proses pernapasan pada hewan reptil hampir sama dengan sistem pernapasan pada manusia. Udara masuk dalam tubuh kemudian keluar dari tubuh melalui hidung dan tenggorokan. Beberapa hewan reptil ada yang mengambil oksigen melalui kulit disekitar mulut dan anusnya.

7. Ada 4 (empat) ruang dalam jantungnya

Bagian jantung hanya terdapat 4 (empat) bagian saja meliputi bilik dengan jumlah 2 (dua) ventrikel dan ada 2 (dua) serambi yang memiliki 2 (dua) atrium. Kedua bilik pada hewan reptil terdapat sekat tidak sempurna sehingga darah bercampur antara bilik kiri dan bilik kanan. Dengan demikian ruangan jantung pada hewan reptil yang demikian bisa mempengaruhi sistem peredaran darah reptil.


8. Reproduksi secara seksual dan fertilisasi internal

Proses reproduksi pada hewan reptil dimulai dari sperma dari reptil jantang melalui kloaka menuju kloaka pada reptil betina. Lalu terjadi pembuahan didalam kloaka hewan reptil betina. Kemudian calon reptil yang baru akan membentuk telur. Selanjutnya telur dalam kloaka hewan reptil betina keluar dan menetas di luar tubuh hewan reptil betina.

9. Bentuk organ reproduksi jantan dan betina hewan reptil berbeda

Pada hewan reptil jantan, organ reproduksi terdiri dari sepasang testis berbentuk oval, saluran epididimis dan vas deferens. Sedangkan pada betina, organ reproduksi terdapat sepasang ovarium dan saluran telur (oviduk).


10. Alat eksresi terdiri dari ginjal dan tidak mempunyai kandung kemih

Sama halnya dengan ciri-ciri hewan amphibi, alat ekskresi pada hewan reptil memiliki sepasang ginjal kiri dan kanan. Proses eksresi dimulai dari sisa-sisa makanan menuju ginjal akan disalurkan melalui ureter menuju kandung kemih. Selanjutnya bermuara di kloaka.

Setelah kalian mengetahui ciri-ciri hewan reptil, maka dari itu kalian bisa menambah ilmu pengetahuan kalian lainnya dengan mempelajari ciri-ciri hewan mamalia, ikan, ciri-ciri hewan aves dan hewan vertebrata lainnya. Belajar biologi lebih asik dan menyenangkan hanya dengan dosenbiologi.com. Semoga bermanfaat

, , ,




Oleh :
Kategori : Hewan