Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata Terlengkap Beserta Penjelasannya

Tidak lengkap kalau kita mengetahui berbagai macam nama hewan, tetapi tidak mengetahui bahwa hewan bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Kali ini, dosen biologi akan menyampaikan ciri-ciri hewan vertebrata. Hewan vertebrata adalah salah satu jenis kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Namun perlu kalian ketahui kalau contoh hewan vertebrata memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh hewan jenis lain. yuk kita simak apa saja ciri-ciri hewan vertebrata yang bisa kita temukan.

  • Ada 5 (lima) kategori hewan vertebrata

Berdasarkan kategorinya, hewan vertebrata terdiri dari 5 (lima) kategori yaitu ikan, amphibi, reptil, burung dan mamalia. Pada kelima ketegori tersebut, memiliki reproduksi dan sistem pencernaan yang berbeda.  Ikan memiliki dapat melakukan reproduksi secara ovipar melalui pembuahan diluar tubuh dan sistem pencernaan terdiri dari esofagus, lambung dan usus.

Amphibi memiliki sistem reproduksi melalui ovipar dengan fertilisasi eksternal dan sistem pencernaan terdiri dari rongga mulut, lambung dan usus. Reptil memiliki sistem reproduksi secara ovipar dan ada yang ovovivipar dengan pembuahan internal dan sistem pencernaan yang terdiri dari rongga mulut esofagus, lambung, usus halus, usus besar dan kloaka. Pada burung sistem reproduksi melalui fertilisasi internal dengan kloaka menghasilkan ovipar dan pencernaan terdiri dari 3 sistem yaitu pencernaan mekanik, enzim dan biologis. Sedangkan mamalia  memiliki sistem reproduksi fertilisasi internal dengan vivipar dan sistem pencernaan terdiri dari rongga mulut, esofagus, lambung, usus halus dan anus/

  • Punya rangka tubuh

Hewan vertebrata memiliki rangka tubuh. Rangka tubuh pada hewan vertebrata memudahkan tubuh mereka untuk terbentuk. Hal ini karena rangka tubuh hewan vertebrata merupakan tempat melekatnya tulang, kulit dan lemak pada tubuh mereka.

  • Letak mata pada hewan vertebrata

Pada hewan vertebrata, letak mata pada setiap spesies jenis ini berbeda-beda. Ada beberapa hewan vertebrata yang letak matanya berada disamping dari kepala mereka dan ada yang di depan kepala mereka.

  • Punya otot

Fungsi otot pada hewan vertebrata bertujuan membantu pergerakan pada beberapa bagian tubuh. Selain itu otot pada hewan vertebrata memiliki bentuk serabut kontraktil terdiri dari miofilamen dan miosin. Ada 3 (tiga) macam jenis otot pada hewan vertebrata yaitu otot jantung, otot lurik dan otot polos yang mana fungsi otot lurik, polos dan jantung perlu anda ketahui.

  • Ada 3 (tiga) sistem reproduksi

Sistem reproduksi pada hewan vertebrata terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu ovipar, vivipar dan ovovivipar. Ovipar adalah hewan vertebrata yang mengeluarkan keturunannya dengan cara bertelur. Vivipar adalah hewan vertebrata yang mengeluarkan keturunannya dengan cara melahirkan. Sedangkan ovovivipar adalah hewan vertebrata yang mebelurakan keturunannya dengan cara bertelur dan melahirkan.


  • Punya sistem sirkulasi karidovaskular

Sistem kardiovascular adalah sistem peredaran darah. Pada ikan sistem peredaran darah terdiri dari jantung, arteri dan arteiola, kapiler-kapiler, venulae dan venae serta darah.  Sistem peredaran darah pada amphibi terdiri dari jantung, arteri, kapiler, vese, pembuluh limpa, cairan darah dan limpa. Pada reptil sistem peredaran darah terbagi menjadi 2 (dua) yaitu 2 atria dan 1 ventrikulus. Pada burung terdiri dari jantung, pembuluh vena, dan arteri. Sedangkan pada mamalia sistem peredaran darah terdiri dari paru-paru, jantung pembuluh vena dan arteri.

  • Punya sistem saraf dan endokrin

Sistem saraf tidak hanya dimiliki oleh manusia tetapi hewan vertebrata memiliki sistem saraf dan endokrin. Fungsi saraf dan endokrin pada hewan vertebrata adalah menghasilkan hormon karena adanya transfer sinyal ke hormon menuju organ tertentu yang dituju.

  • Setiap organ memiliki fungsi tertentu

Pada hewan vertebrata, ada beberapa organ yang berfungsi secara umum dan khusus. Perbedaannya adalah pada organ umum organ ini memiliki kemampuan untuk merasakan sentuhan, sakit, dan suhu. Sedangkan organ lainny memiliki fungsi untuk mendengarkan, keseimbangan, penciuman dan rasa yang terletak pada bagian tubuh hewan vertebrata.


  • Ada sistem eksresi dan osmoregulasi

Sistem eksresi pada hewan vertebrata adalah kemampuan organ pada hewan vertebrata untuk mengeluarkan sisa-sisa zat pada tubuh apabila tidak diperlukan atau berlebihan pada tubuh. Sedangkan sistem osmoregulasi adalah kemampuan tubuh hewan vertebrata untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh yang diperlukan sehingga ada beberapa yang keluar dan masuk sehingga dipindahkan pada organ tubuh tertentu yang membutuhkan.

Demikian dosen biologi sampaikan kepada teman-teman mengenai ciri-ciri hewan vertebrata. Semoga ilmu yang disampaikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Selain itu saat kalian menjumpai hewan di sekitar kalian, tentunya kalian akan lebih mudah membedakan apakah mereka termasuk dalam contoh hewan vertebrata kalau dilihat dari ciri-ciri hewan vertebrata.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan