Sponsors Link

16 Ciri-Ciri Hewan Mamalia Terlengkap

Hewan mamalia terkenal hewan yang memiliki rambut pada tubuhnya. Selain itu, hewan mamalia seringkali diidentikkan dengan hewan yang hidup di daratan saja. Padahal hewan mamalia tidak harus hidup di daratan saja, ada beberapa hewan mamalia yang bisa temukan tempat lain selain di daratan.

Dengan ciri-ciri hewan mamalia tersebut, tentunya kita sudah mengetahui ciri-ciri hewan mamalia secara umum. Namun apakah ada ciri-ciri lain dari hewan mamalia yang sebenarnya kita semua belum ketahui ?. Kalau kalian belum tahu, dosen biologi akan menyampaikan kepada kalian mengenai ciri-ciri hewan mamalia berikut ini. Kita simak yuk selengkapnya.

1. Hewan vertebrata

Hewan mamalia termasuk kategori contoh hewan vertebrata. Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Selain itu hewan vertebrata memiliki karakteristik sistem ekskresi pada hewan vertebrata dan sistem pernapasan hewan vertebrata yang berbeda perlu anda ketahui.

2. Ada 3 (tiga) kategori tipe pemakan hewan mamalia

Berdasarkan tipe makanan yang dikonsumsi, hewan mamalia dapat dikatagorikan menjadi 3 (tiga) tipe yaitu

  • Herbivora adalah hewan mamalia yang mengkonsumsi tumbuhan
  • Karnivora adalah hewan mamalia yang memakan daging
  • Omnivora adalah hewan mamalia yang memakan segalanya

3. Habitat di daratan dan perairan

4. Ada diafragma otot

Fungsi diafragma otot berfungsi memisahkan jantung dan cara kerja paru-paru dengan rongga otot pada hewan mamalia.

5. Memiliki rambut yang menutupi bagian tubuh

Rambut pada hewan mamalia berfungsi untuk melindungi kulit pada tubuh hewan mamalia. Kemudian rambut pada hewan mamalia dapat berfungsi mengatur suhu tubuh hewan mamalia.

6. Dapat menyesuaikan suhu tubuh

Kemampuan hewan mamalia untuk menyeseuaikan suhu tubuh mereka dengan lingkungan menyebabkan mereka termasuk ke dalam hewan yang mudah beradaptasi.

7. Kebanyakan hewan mamalia memiliki gigi khusus yang sudah terdiferensiasi

Pembentukan gigi pada hewan mamalia berfungsi untuk memudahkan mereka dalam mengkonsumsi makanan. Selain itu tiap tipe gigi memiliki bentuk, karakteristik dan fungsinya berbeda-beda dalam memudahkan makanan untuk dikonsumsi.

8. Pembentukan lemak pada tubuh hewan mamalia

Pembentukan lemak ini terjadi apabila hewan mamalia mengkonsumsi makanan sudah lebih dari kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh hewan mamalia tersebut.


9. Ada kelenjar susu

Kelenjar susu berfungsi untuk menghasilkan susu. Susu yang diproduksi akan dikonsumsi oleh hewan mamalia yang masih muda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Kelenjar susu pada hewan mamalia diproduksi oleh hewan mamalia betina. selain itu anda perlu mengetahui fungsi kelenjar mammae pada mamalia.

10. Hidup berkelompok

Hewan mamalia hidup berkelompok artinya mereka tidak dapat hidup sendiri

11. Rahang berengsel

Rahang berengsel pada hewan mamalia berfungsi memudahkan mamalia untuk membuka dan menutup rahang . Pada rahang hewan mamalia yang berengsel terdapat sistem persendian sehingga rahang pada hewan mamalia bisa diatur untuk buka dan tutupnya.

12. Reproduksi secara seksual

Reproduksi pada hewan mamalia terjadi karena adanya fertilisasi internal pada mamalia betina. Selama proses reprodukssi, embrio berkembang dalam uterus dari organ reproduksi mamalia betina. Selama masa kehamilan, calon hewan mamalia akan memperlukan nutrisi, air dan oksigen. Nutrisi air dan oksigen akan dialirkan melalui darah betina mamalia. Organ yang menghantarkan nutrisi, air dan oksigen pada mamalia disebut plasenta. Tiap-tiap hewan mamalia memiliki waktu untuk melahirkan yang berbeda-beda. Selain itu ada beberapa mamalia yang bertelur. Namun proses reproduksinya secara seksual.


13. Respirasi menggunakan paru-paru

14. Ada 3 (tiga) tulang telinga tengah kecil

15. Telinga Eksternal

Telinga eksternal pada hewan mamalia hanya dimiliki sebagian hewan. Adanya telinga ekternal ini bisa dipindah-pindahkan.

16. Punya ukutan otak yang besar

Otak mamalia lebih besar dari hewan vertebrata yang lain. Hal ini menyebabkan hewan mamalia mampu memiliki keterampilan dan kemampuan yang berfungsi untuk kelangsungan hidup hewan mamalia.

Setelah teman-teman semua mengetahui ciri-ciri hewan mamalia, pastinya kalian semua jadi lebih mengetahui dan memahami tentang hewan mamalia. Dengan kita mengetahui ciri-ciri hewan mamalia, pastinya kita jauh lebih bisa membedakan bagaimana ciri-ciri hewan mamalia yang pernah kita temukan. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan