Sponsors Link

Hormon Kelenjar Hipofisis dan Fungsinya Paling Lengkap

Hormon Kelenjar Hipofisis. Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar jenis hormon kelenjar yang satu ini sobat? Jika anda dahulu duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA) kemungkinan besar anda akan mengerti dan mengerahui jenis hormon kelenjar yang satu ini ya sobat.

Adapun hormon kelenjar hipofisis ini merupakan sejenis kelenjar endokrin yang biasanya berukuran atau seukuran dengan kacang ( penghasil hormon ) dengan berat sekitar 0.5 gram, dan posisinya terletak di bagian bawah tengkorak dan terjepit diantara saraf optik pada manusia. Kelenjar hipofisis ini sangtlah penting perannanya dalam kehidupan manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari – hari, bahkan kelenjar hipofisis ini disebut juga sebagai kelenjar master.

Kelenjar hipofisis ini disebut sebagai kelenjar master karena mempunyai fungsi sebagi kelenjar yang mengarahkan organ lain untuk melakukan pekerjaan mereka. Sebagai salah satu contoh kelenjar hipofisis ini mempunyai fungsi untuk memberitahukan kelenjar adrenal apakah akan menambah atau mengurangi produksi hormon manusia. Nah sobat canggih bukan kelenjar yang satu ini?

Secara umum, hormon kelenjar hipofisis ini terdiri atas tiga bagian dan tentunya juga memiliki fungsi yang berbeda – beda pula. Berikut penjelasannya untuk anda, yuk kita simak bersama – sama

1. Hipofisis Bagian Depan

Ada beberapa fungsi dari hipofisis bagian depan yang perlu anda ketahui. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini, antara lain  :

  • Sebagai hormon yang memicu ovulasi pada wanita untuk menghasilkan telur untuk pembuahan. Selain itu hormon ini juga berfungsi untuk meningkatkan estrogen pada wanita.
  • Sebagai hormone yang berfungsi untuk membantu mengntrol jumlah lemak dan otot dalam tubuh.
  • Membantu menyembuhkan luka, dan mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk tumbuh kembang pada anak –
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk menghasilkan kortisol, yang sangat penting dalam mengontrol tekanan darah, regulasi gula darah, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda.
  • Sebagai hormon yang berfugsi dalam pengaturan denyut nadi atau denyut jantung dalam tubuh anda.

2. Hipofisis Bagian Tengah

Ada beberapa fungsi dari hipofisis bagian tengah yang perlu anda ketahui. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini, antara lain  :

  • sistem hormon pada manusia ini berfungsi dalam hal mempengaruhi kulit dalam hal penentuan apakah akan menjadi gelap dari waktu ke waktu.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk memengaruhi ujung saraf di otak.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempengaruhi gairah seks dan nafsu makan.

3. Hipofisis Bagian Belakang

Ada beberapa fungsi dari hipofisis bagian belakang yang perlu anda ketahui. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini, antara lain  :

  • Sebagai hormon yang dapat mempengaruhi perempuan pada waktu yang berbeda, terutama pada saat selama dan sehabis melahirkan. Hormon inilah yang menimbulkan adanya kontraksi selama persalinan, sampai pada proses melahirkan.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan air susu pada ibu pasca melahirkan, serta hal – hal yang lainnya yang dapat mempengaruhi keterikatan batin antara seorang ibu dan anak.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk mengatur jumlah kadar air dalam tubuh manusia. Hal ini bermanfaat terhadap tekanan darah serta membantu memastikan anatomi ginjal pada tubuh manusia tetap mempunyai fungsi optimal sebagaimana seharusnya.

Adapun kelenjar hipofisis ini bekerja secara langsung dengan hipotalamus anda untuk menjaga tubuh anda tetap berjalan dengan normal. Sekian infomasi mengenai hormon kelenjar hipofisis dan fungsinya dalam tubuh manusia yang dapat penulis bagikan dalam kesempatan kali ini.

Penulis berharap artikel ini bermanfaat bagi sobat semua dalam menambah wawasan dan informasi anda. Sampai ketemu di artikel selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi Dasar