Sponsors Link

Hormon Manusia : Macam Macam dan Fungsinya

Jika berbicara mengenai hormon, mungkin bagi sebagian orang masih agak terdengar asing ya sobat dan bahkan mungkin tidak jarang yang tau apa itu sistem hormon pada manusia dan fungsinya apa dalam tubuh manusia. Nah sobat semua yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hormon tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar pengetahuan dan wawasan anda lebih bertambah lagi ya sobat.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai macam – macam hormon manusia dan fungsinya. Misalnya seperti fungsi hormon melatoninfungsi hormon zeatinfungsi hormon progesteron dan masih banyak lagi. Yuk sobat mari kita simak dengan seksama. Hormon merupakan hasil yang berupa zat kimia yang dihasikkan oleh sebuah organ dalam tubuh manusia yaitu kelenjar endokrin yang berguna untuk memicu fungsi organ lainnya yang ada dalam tubuh manusia.

Adapun hormon tersebut dihasilkan oleh tubuh secara alami yang juga berfungsi untuk pemacu gerak organ lainnya yang ada dalam tubuh manusia sebagi proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, kekebalan tubuh manusia. Berikut ini adalah macam – macam hormone manusia dan fungsinya. Berikut ulasannya untuk anda :

1. Hormon Aldesteron ( Hormon Steroid )

Hormon aldesteron yaitu hormon yang berada di luar korteks adrenal kelenjar adrenal. Adapun fungsi dari hormon aldestereon ini adalah untuk mendorong reabsorsi natrium di dalam ginjal dan dapat meningkatkan volume darah, sehingga pelepasan kalium dan hydrogen dapat melalui ginjal, meningkatkan kadar retensi air, dan kenaikan tingkat tekanan dara h.

2. Hormon Kortisol

Hormon kortisol yaitu hormon yang terdapat dalam korteks adrenal. Adapun hormon kortisol yang satu ini berfungsi untuk menghasilkan respon sters dan tingkat glukokortikoid darah dapat menurun,  sebagai pengatur metabolisme glukosa.

3. Hormon Adiponektin

Hormon adiponektin yaitu jenis protein yang berasal dari jaringan adipose atau lemak yang ada dalam tubuh. Fungsinya mengntrol sebagian proses dalam metabolisme seperti regulasi glukosa dan kataboliseme lipid, lalu mencegah berbagai penyakit, misalnya obesitas, penyakit hati berlemak, diabetes type 2 dan lain sebagainya.

4. Hormon Antidiuretik

Hormon antidiuretik ini berada dalam hipofisis posterior. Hormon antidiuretik berfungsi untuk mengeluarkan ACTH di hipofisis anterior. Selain itu dapat juga menyebabkan vasokontriksi sampai ke tingkat menengah dan dapat menyebakan atau mempengaruhi retensi air dalam ginjal.

5. Hormon Adrenokortikotropik

Hormon adrenokortikotropik yaitu hormon yang terdapat di dalam komponen dari sumbu hipotalamus –   hipofisis –  adrenal hipofisis anterior. Adapun hormon adrenokortikotropik ini berfungsi untuk meningkatkan penyerapan lipoprotein ke dalam sel kortikal sehingga dapat lebih banyak kolstrol yang tersedia untuk dapat sel –  sel korteks adrenal. Selain itu, hormon adrenokortikotropik ini juga mempunyai fungsi lain yakni sebagai alat untuk mendorong pengangkutan kolestrol di bagian dalam mitokondria dan juga dapat merangsang proses hidrolisis.


6. Hormon Kalsitonim

Hormon kalsitonim ini terdapat di dalam kelenjar tiroid. Adapun fungsi daari hormone yang satu ini adalah untuk menurunkan kadar kalisum darah dengan cara menghambat penyerapan kalsium di dalam usus. Selain itu hormon kalsitonim ini juga berfungsi untuk menghambat penyerapan kalsium di dalam ginjal sehingga dapat mempromosikan eksresi kalsium yang melalui urin yang dapat mencegah aktivitas oteoklas yang berada di tulang dan juga berperan dalam regulasi vitamin.

Sekian infomasi mengenai macam –  macam hormon manusia dan fungsinya yang dapat penulis jabarkan dalam kesempatan kali ini ya sobat. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis hormon yang terdapat dalam tubuh manusia, namun kita akan membahasnya di ulasan berikutnya dengan ulasan yang lebih menarik.

Sampai jumpa lagi ya sobat dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga ulasan kali ini bisa membawa banyak manfaat dan menambah wawasan bagi anda. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors