Sponsors Link

Kelenjar Endokrin : Macam Macam dan Fungsinya

Hello sobat semua, ketemu lagi nih dengan penulis yang selalu setia menemani waktu luang anda. Pada kesempatan kali ini pembahasan kita agak berbeda dengan artikel sebelumnya ya sobat. Adapun yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah mengenai macam – macam kelenjar endokrin dan fungsinya. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Menurut ilmu kedokteran, kelenjar endokrin merupakan kelenjar tanpa saluran atau kelenjar buntu yang berfungsi untuk menghasilkan hormon manusia. Disebut kelenjar buntuk bukan tidak beralasan ya sobat, karena memang kelenjar yang dihasilkan langsung di sekrekasikan ke dalam darah tanpa melalui duktus atau saluran lainnya.

Adapun kelenjar endokrin ini memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia, karena pada umumnya kelenjar endokrin tersebut berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang dipengaruhi oleh aktivitas – aktivitas sistem hormon pada manusia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin tersebut. Berikut ini adalah macam – macam kelenjar endokrin dan fungsinya. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Kelenjar Hipotalamus

Hipotalamus merupakan jenis kelenjar endokrin yang terletak di bawah otak besar aau celebrum yang mempunyai fungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan manusia. Hipotalamus ini mengeluarkan releasing hormon yang mempunyai  fungsi untuk merangsang kelenjar hipofisis yang berguna bagi tubuh manusia.

2. Kelenjar Tiroid Dan Paratiroid

Kelenjar Tiroid ini berbentuk seperti H dan terletak di leher atas trakea serta menghasilkan hormon tiroksin. Sementara itu kelenjar paratiroid merupakan 4 kelenjar pada bagian belakang kelenjar tiroid dan termasuk kelenjar endokrin terkecil yang ada dalam tubuh manusia. Kelenjar ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan parathyroid hormone ( PTH ).

3. Kelenjar Adrenal

Adapun kelenjar adrenal ini terletak di bagian atas setiap ginjal. Setiap kelenjar tersebut tersusun atas dua bagian, yaitu korteks dan  juga medula. fungsi korteks pada ginjal untuk menghasilkan hormon jenis kortikoid, sedangkan fungsi medula pada ginjal untuk menghasilkan hormon jenis adrenalin.

4. Kelenjar Pankreas

Adapun kelenjar pankreas ini terdapat dalam pulau – pulau hangerlandas. Kelenjar ini terdiri atas dua tipe, yaitu alpa dan juga beta. Adapun fungsi dari kelenjar jenis ini adalah untuk menghasilkan atau memproduksi hormon glucagon dan juga hormon insulin. Tanpa adanya insulin, keseimbangan metabolisme menjadi terganggu.

5. Kelenjar Kelamin ( Gonad )

Sesuai dengan namanya, kelenjar gonad merupakan kelenjar yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan kelenjar hormon kelamin. Untuk wanita, gonad ini terletak pada bagian ovarium, sedangkan pada pria gonad ini terletak pada bagian testis. Jika terjadi gangguan pada bagian kelenjar ini, maka rangsangan yang ada menjadi ikut terganggu ya sobat.

6. Kelenjar Pineal

Kelenjar pineal terletak pada tengah –  tengah otak dan menghasilkan hormon timosin yang berfungsi untuk mengatur ritme biologis, misalnya saja pada saat tidur. Pada saat malam hari, konsentrasi melantonin akan tinggi sehingga membuat seseorang akan mengantuk sehingga tidur. Sedangkan pada siang hari, konsentrasi melantonin ini akan rendah sehingga membuat seseorang menjadi terjaga. Oleh karena itulah fungsi hormon ini sangatlah berperan penting bagi aktivitas manusia sehari – hari.


7. Kelenjar Timus

Kelenjar timus merupakan kelenjar yang terletak di bagian atas rongga dada. Kelenjar ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan hormone timosi yang berfungsi untuk pematangan limfosit T. Adapun limfosit T ini merupakan sejenis sel darah putih yang berperan dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas).

Oke sobat semua, itulah macam – macam kelenjar endokrin dan fungsinya yang terdapat dalam tubuh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua ya sobat dan busa menambah wawasan baru dalam hal ilmu pengetahuan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar