Sponsors Link

Fungsi Medula Pada Ginjal Paling Penting

Organ tubuh seperti halnya ginjal sangat penting untuk kita pelajari, begitu pula dengan bagian yang terdapat didalamnya juga fungsi-fungsi yang dimilikinya, supaya kita lebih menyayangi lagi organ yang kita miliki. anatomi ginjal adalah organ tubuh yang utamanya berfungsi untuk menyaring darah. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi medula pada ginjal.

Fungsi Medula Pada Ginjal

Medula adalah bagian dari ginjal yang letaknya berada paling dalam dan termasuk salah satu bagian dari sistem ekskresi pada ginjal. Sumsum ginjal ini berbentuk kerucut atau renal pyramid dimana terletak lengkung helena. Medula terdiri dari 8-12 piramida renalis yang menjadi bagian utama pada medula. Fungsi dari piramida renalis tersebut yaitu sebagai penyalur sisa hasil filter dari tubulus kolektivus kekaliks.

Pembuluh darah kapiler dari Kapsula Bowman semuanyaberkumpul di medula. Kemudian di dalam medula akan mengalami terjadinya proses augmentasi dan reabsorbsi yang disebabkan oleh tubulus distal dan tubulus proksimalProses tersebut yaitu proses merubah urin primer menjadi urin sekunder, setelah terjadinya proses penyerapan yang sangat panjang barulah urin yang sesungguhnya dikeluarkan yaitu berupa air kencing.

Bagian ginjal lain yang sama pentingnya seperti medula yaitu bagian Korteks, Pelvis, Ureter, Vena Ginjal, Arteri Ginjal, dll. Apa fungsi dari bagian ginjal tersebut ?

Bagian Korteks

Proses penyaringan darah dimulai di bagian korteks, dimana dalam korteks terdapat jutaan nefron dan didalamnya terletak badan malpighi. Penyusun badan Malpighi yaitu karena adanya kapsula bowman, glomerulus, dan juga beberapa tubulus pendukung.

fungsi korteks pada ginjal yakni berfungsi dalam proses penyaringan plasma. Dukungan pembuluh darah didapatkan dari korteks yang menembus ke kolom ginjal. Asam basa yang terjadi karena adanya korteks ginjal yang aktif dalam mengambil partisipasi metabolisme ginjal dan menciptakan amonia titrasi urin keasaman. Korteks juga berfungsi untuk membantu ekskresi urin dan regulasi limbah metabolik.

Bagian Arteri Ginjal

fungsi arteri ginjal yakni untuk membawa darah ke dalam ginjal. Darah akan masuk kedalam glomerulus, sesampainya darah di ginjal barulah terjadi proses filter darah atau saring darah. Zat-zat penting seperti protein dan amino yang dibawa oleh darah akan diserap dan kemudian dimanfaatkan oleh tubuh, sedangkan zat yang tidak berguna akan berlanjut ke kandung kemih.

Bagaian Vena Ginjal

Bagian ginjal ini beguna untuk membawa darah keluar dari ginjal menuju vena cava inferior karena bagian vena ini berfungsi sebagai pembuluh balik. Setelah darah dikeluarkan dari ginjal maka darah akan dialirkan kembali ke jantung untuk diolah menjadi darah bersih yang mengandung oksigen.

Bagian Ureter

Bagian ureter berfungsi untuk mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih. Bentuk dari ureter sama seperti saluran maskuler yaitu berbentuk silinder. Ukuran panjang ureter yaitu 20-30 dengan maksimal diameter 1,7 cm yang terletak didekat kandung kemih dan hilus ginjal. Ada 3 bagian yang terdapat pada ureter yaitu pelvis, parsabdominimalis dan intravesikalis


Bagian Pelvis

Bagian ginjal berikutnya yaitu Pelvis. fungsi pelvis pada ginjal ini berguna sebagai tempat penampungan sementara urin yang telah di filter didalam ginjal. Bila urin sudah penuh di pelvis, maka urin akan turun melalui ureter menuju kandung kemih, setelah kandung kemih penuh otak akan menerima sinyal-sinyal kuat yang terjadi karena adanya kontraksi dari syaraf dan otot yang mengirimkan sinyal bahwa ingin buang air.

Sampai disini pembahasan kita kali ini mengenai fungsi medula pada ginjal, semoga bermanfaat bagi teman semuanya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ginjal dan tubuh anda secara keseluruhan ya sobat. Karena mengingat pentingnya peranan ginjal bagi kehidupan orang yang memilikinya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa dilain kesempatan.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia