Sponsors Link

Fungsi Pelvis Pada Ginjal Paling Penting

Ketemu lagi dengan penulis sobat, dengan bahasan yang sama seperti artikel sebelumnya yaitu tentang organ tubuh pada tubuh manusia, salah satunya adalah ginjal. Ginjal merupakan dua buah organ kecil yang berbentuk seperti kacang dengan ukuran sekitar sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Dan terletak persis dibawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang. Setiap ginjal terdiri dari satu juta unit penyaringan yang disebut dengan nefron. Setiap nefron tersebut mengandung kaliper kecil yang disebut dengan glomerulus, yang meletak pada tubulus yang berfungsi untuk mengumpulkan limbah dan disaring melalui air yang masuk kedalam tubuh manusia.

anatomi ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Ginjal berfungsi sebagai alat untuk menyaring darah dalam tubuh manusia dan merupakan salah satu bagian dari sisitem eksresi pada tubh berfungi untuk mempertahankan keseimbangan asam basa di dalam darah (electrolyte balance) dengan cara membuang metabolit dan zat – zat atau bahan – bahan yang tidak berguna bagi darah.

Atau istilah lainnya bagian – bagian yang tidak berguna tersebut dikeluarkan dari dalam darah agar darah yang ada dalam tubuh kita bersih. Bahan – bahan atau zat yang tidak penting tersebut dibuang melalui urin kita.

Dalam melaksanakan tugasnya yang penting itu dalam tubuh manusia, tentunya ginjal tidak sendirian. Artinya ginjal mempunyai partner atau beberapa bagian lainnya yang saling bekerja sama dan menjalankan perannya masing – masing di dalam tubuh manusia. Salah satu bagian dari ginjal tersebut adalah pelvis.

Adapun fungsi pelvis pada ginjal sebagai salah satu sistem ekskresi pada ginjal adalah digunakan untuk tempat penampungan urin, dan selanjutnya akan mengalirkan urin menuju kandung kemih atau vesika urinaria melalui saluran uritener. Dan didalam kandung kemih ini, urin disimpan untuk sementara waktu sebelum nantinya urin akan dikeuarkan dari tubuh kita melaui uretra.

Selain itu, pelvis merupakan bagian ginjal yang melebar dari ureter di bagian proksial dan terletak dalam sinus renalis. Jadi sobat pelvis ini merupakan organ dalam tubuh kita yang bisa membuat kita lancar mengeluarkan urin dari dalam tubuh kita sehari – harinya. Namun jika kebiasaan buruk minum  minuman berwarna bisa mengakibatkan ginjal menjadi rusak. Selanjutnya macam macam penyakit pada ginjal akan muncul tergantung seberapa parah bagiannya yang rusak.

Untuk itu sobat, kita perlu mengetahui bagian – bagian ginjal serta fungsinya dalam tubuh kita, agar setiap individu diantara kita memiliki kesadaran untuk menjaga organ ginjalnya untuk tetap sehat. Saat fungsi ginjal anda terganggu, maka kesehatan tubuh anda secara keseluruhan akan ikut terganggu juga. Hal ini dikarenakan oleh darah yang bersirkulasi keseluruh jaringan tubuh anda adalah darah kotor, yang bercampur dengan racun – racun yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh anda.


Selain itu kita juga disarankan untuk menjaga pola hidup sehat, makan yang teratur, istirahat dan olah raga yang cukup agar tubuh kita tidak gampang terserang penyakit dan bagian atau organ dalam tubuh kita tidak lemah. Karena pada intinya lebih baik mencegah penyakit itu datang dari pada mengobatinya dari dalam tubuh kita ya sobat.

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan dan ulasan di atas mengenai fungsi pelvis pada ginjal, mungkin bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi dalam upaya menjaga kondisi ginjal anda agar tetap baik.

Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini ya sobat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan atau pun pada artikel saya selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia