Sponsors Link

Fungsi Korteks Pada Ginjal Paling Penting

Di dalam tubuh manusia terdapat sejumlah organ tubuh yang sangat penting dan sangat vital yang diciptakan Tuhan untuk manusia ciptaannya. Adapun tugas dan tanggung jawab kita sebagai manusia adalah untuk menjaga dan merawat tubuh kita karena kita adalah mahkluk yang paling berharga dihadapan – Nya. Setuju ya sobat.

Salah satu organ yang penting tersebut adalah bagian tubuh kita yang disebut dengan ginjal. Ginjal merupakan sistem filtrasi yang membantu sistem kerja dan fungsi kemih setiap harinya. Selain itu ginjal merupakan organ eksresi yang berfungsi untuk membantu memurnikan darah dan juga menghilangkan racun dalam tubuh.

Organ ini terletak di bagian belakang rongga perut. Dalam pengertian lebih luasnya, ginjal merupakan sistem filtrasi (penyaringan) atau bantuan dalam fungsi sistem kemih dan sebagai organ utama yang terlibat dalam kelangsungan homeostasis cairan.

Adapun sistem ginjal terbagi atas dua jenis, yaitu bagian eksternal yang biasa disebut dnegan korteks ginjal dan bagian internal yang disebut dengan medula. Pada pembahasan kali ini penulis akan memaparkan fungsi korteks pada ginjal ya sobat. Karena bagian yang satu ini sangatlah penting dalam kelangsungan hidup kita semua seperti halnya fungsi arteri ginjal. Selain itu, alangkah baiknya kita mengetahui fungsi dari setiap organ tubuh kita sobat, agar kita senantiasa bisa selalu waspada dan menjaga organ tubuh kita. Yuk sobat kita simak ulasan berikut ini.

Adapun fungsi utama dari bagian ginjal eksternal atau yang disebut juga dengan korteks adalah sebagai penyaring darah dan menghilangkan zat – zat sampah yang memang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Wah, ternyata fungsi korteks ini sanagtlah berperan  penting dalam tubuh kita ya sobat. dalam menjalankan tugasnya yang sangat penting tersebut dilakukan dengan bantuan yang disebut dengan nefron dan glomeruli yang bertempat di dalam ginjal itu sendiri.

Korteks dalam ginjal sebagai sistem ekskresi pada ginjal merupakan sebuah lapisan sekunder ginjal yang cenderung lebih tebal dari kebanyakan jaringan dalam organ yang lainnya. Selain itu, didalam korteks tersebut juga terdapat banyak hal lainnya yang memeiliki fungsi untuk menjaga ginjal anda agar tetap bekerja sesuai fungsinya dan selalu terisolasi.

Sedangkan untuk nefron yang merupakan partner dari korteks tersebut sebagian besar terkandung di dalam korteks itu sendiri, yang memang merupakan unit fungsional dasar dari organ ginjal itu sendiri serta pembuluh darah.


Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa fungsi korteks pada ginjal yang memang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh ginjal, yaitu sebagai berikut :

  • Korteks ginjal berfungsi sebagai penyaring plasma.
  • Korteks ginjal menembus diantara dua ginjal yang disebut sebagai kolom ginjal, sehingga bertindak sebagai dukungan untuk pembuluh darah.
  • Korteks ginjal aktif dalam menjalankan metabolism ginjal dengan menciptakan ammonia untuk titrasi urin keasaman dan dengan demikian membantu dalam asam basa regulasi.
  • Selain fungsi di atas, fungsi korteks pada ginjal lainnya berperan langsung dalam regulasi limbah metabolic, seperti asam urat, urea dan keratin dalam darah. Hal ini juga tentunya membantu dalam ekresi urin untuk di encerkan atau terkonsentrasi yang sangat penting untuk menjaga volume darah.

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan dan ulasan di atas mengenai fungsi korteks pada ginjal, mungkin bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi dalam upaya menjaga kondisi ginjal agar tetap baik.

Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini ya sobat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan atau pun pada artikel saya selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia