Sponsors Link

Fungsi Arteri Ginjal Pada Ginjal Paling Penting

Halo sobat semua, masih dalam topik yang sama nih sobat dari topik sebelumnya. Pada kesempatan kali ini penulis juga masih akan membahas seputar organ tubuh manusia. Salah satunya adalah organ tubuh manusia pada bagian ginjal. Ginjal sendiri mempunyai peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia ya sobat, jadi sudah menjadi suatu keharusan bagi kita untuk menjaganya agar selalu dalam kondisi yang sehat dan jauh dari penyakit.

anatomi ginjal termasuk organ dalam tubuh kita yang memiliki fungsi sebagai sistem ekskresi tubuh atau pembuangan. Selain ginjal, organ lain juga yang memiliki fungsi sebagai sistem eksresi adalah hati (liver), paru – paru , dan kulit. Letak ginjal sendiri berada pada dinding posterior abdomen, pada bagian kan dan bagian kiri tulang belakang dalam tubuh kita.

Pada bagian atas ginjal terdapat kelenjar adrenalin (posisinya menempel). Ginjal dan kelenjar ini terbungkus oleh lapisan lemak yang cukup tebal yang fungsinya untuk memberi perlindungan terhadap ginjal tersebut.

Apabila ginjal mengalami kerusakan, pada umumnya banyak yang tidak dapat disembuhkan seperti sedia kala, atau dengan kata lain akan sulit untuk sembuh total. Apalagi kerusakan pada ginjal tersebut sudah parah atau sudah terlanjur terjadi gagal ginjal, maka ginjal anda tidak akan bisa bekerja sama sekali.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mewaspadai gejala ginjal bermasalah, supaya dapat dengan segera mengambil tindakan pengobatan dan perawatan apabila terjadi gangguan. Karena biasanya gejala awal kerusakan ginjal ini tidaklah begitu dirasakan oleh penderitanya. Untuk itu tetaplah waspada dan lakukan pengecekan yang rutin ya sobat.

Dalam menjalankan peran ginjal sebagai organ yang berfungsi untuk membersihkan darah, ada bagian ginjal lainnya yang membantu pekerjaan dari si ginjal itu sendiri. Bagian ginjal yang dimaksud tersebut adalah arteri. Fungsi arteri ginjal pada ginjal merupakan pembuluh nadi yang digunakan untuk membawa darah dalam ginjal yang kemudian akan disaring di dalam glomerulus.

Darah yang dianggap masih berguna  akan disaring dan di proses di dalam tubuh anda,  yang kemudian akan diserap di dalam tubuh anda. Karena seyogianya tubuh sangatlah membutuhkan darah ya sobat. Setelah itu, darah yang sudah tidak berguna akan menuju ke kandung kemih untuk ditamung dan nanti pada akhirnya akan dikeluarkan dalam bentuk urin.

Intinya fungsi arteri ginjal sebagai pengolah dan pemisah antara darah yang baik dan bermanfaat untuk diserap oleh tubuh dan darah yang sudah tidak diperlukan yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh anda. Fungsi arteri tentu saja berbeda dengan fungsi kaliks pada ginjal. Hebat ya sobat arteri ini.


Jadi sekarang sobat semua bisa membayangkan apabila fungsi arteri ginjal sebagai salah satu bagian dari sistem ekskresi pada ginjal anda bermasalah, tentunya darah yang ada dalam tubuh anda tidak akan bisa di filter, darah mana yang berfungsi atau yang tidak berfungsi pada tubuh anda. Hal ini pastinya akan sangat berdampak negatif pada tubuh anda. Untuk itu tetaplah menjaga kesehatan ya sobat.

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan dan ulasan di atas mengenai fungsi arteri ginjal, mungkin bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi dalam upaya menjaga kondisi ginjal anda agar tetap bagi.

Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini ya sobat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan atau pun pada artikel saya selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia