Sponsors Link

Fungsi Kaliks Pada Ginjal yang Paling Penting

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh manusia. Karena sebanyak apapun uang anda jika tidak memiliki tubuh yang sehat tentunya itu tidak akan berguna ya sobat. Kedudukan yang tinggi, harta yang berlimpah, mempunyai kehormatan, itu semua tentunya tidak berarti apabila kesehatan anda bermasalah.

Pasalnya organ tubuh manusia sangatlah mahal dan penting ya sobat, selain itu organ tubuh manusia tersebut tidak akan bisa anda temukan atau beli dimanapun sekalipun sobat semua mempunyai uang yang berlimpah.

Untuk itu sebaiknya jaga dan rawatlah organ tubuh anda tersebut ya sobat. Dalam pembahasan kali ini, penulis akan membahas mengenai fungsi kaliks pada ginjal anda. Karena ginjal ini merupakan salah satu organ yang cukup berperan penting dan vital bagi tubuh kita.

Tapi sebelum membahas fungsi kaliks pada ginjal, sebaiknya kita ulas terlebih dahulu fungsi ginjal dan anatomi ginjal tersebut ya sobat. Ginjal merupakan organ eksresi manusia yang berbentuk seperti kacang dan terdapat di bagian pinggang kiri dan pinggang kanan anda ( dibelakang perut abdomen). Ginjal adalah alat eksresi yang berfungsi untuk proses sistem urin, yang meliputi penyaringan  kotoran ( terutama zat urea dalam tubuh) dari darah, dan membuangnya bersamaan dengan urin yang dikeluarkan dari dalam tubuh manusia.

Adapun fungsi ginjal terhadap tubuh manusia yaitu, sebagai berikut :

  • Mengatur zat asam dalam tubuh
  • Mengatur tekanan darah
  • Mengatur sel darah merah
  • Menyeimbangkan kadar cairan dan mengatur pembuangan

Nah sobat, betapa pentingnya fungsi ginjal ini dalam tubuh kita ya sobat, untuk itu kita harus menjaga dan merawatnya sebaik mungkin ya. Dalam menjalankan tugas dan peranan ginjal tersebut, ada beberapa bagian dalam ginjal tersebut yang juga sangat berperan penting dalam mendukung kinerja ginjal dalam tubuh manusia, atau bahasa lainnya ada beberapa organ pada ginjal yang berfungsi sebagai partner ginjal dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam tubuh manusia. Adapun bagian ginjal yang dimaksud adalah “kaliks”. Kaliks seperti halnya glomerulus sama – sama mempunyai posisi penting sebagai bagian dari ginjal.

Kaliks merupakan bagian ujung pelvis yang berbentuk seperti cawan, yang mengalami penyempitan dikarenakan adanya duktus papilaris yang masuk ke bagian pelvis ginjal. Adapun fungsi kaliks pada ginjal adalah untuk mengatur sistem beliverdin dan bilirubin pada ginjal serta mengeluarkan zat – zat amoniak, yang nantinya akan dikeluarkan dari dalam tubuh manusia bersamaan dnegan air seni atau urin. Kaliks bisa dikatakan sebagai bagian dari sistem ekskresi pada ginjal yang cukup penting.

Selain itu, kaliks juga berperan dalam proses penyaringan darah yang akan masuk ke tubulus. Penyaringan darah yang dimaksud adalah, proses pemisahan darah yang masih bermanfaat atau berfungsi untuk pembuluh darah manusia dan darah yang dianggap sudah tidak berfungsi, yang nantinya akan dikeluarkan dari tubuh manusia itu sendiri.


Penting bagi anda untuk mengetahui fungsi ginjal ini ya sobat, jangan sampai ginjal anda bermasalah. Karena jika ginjal adan sudah bermasalah akan sedikit kemungkinannya untuk bisa sembuh ke posisi semula. Jadi, dari pada mengobati lebih baik mencegahnya ya sobat. Ketahuilah bahwa macam macam penyakit pada ginjal bisa juga diakibatkan dari bagian kaliks yang rusak.

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan dan ulasan di atas mengenai fungsi kaliks pada ginjal, mungkin bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi dalam upaya menjaga kondisi ginjal agar tetap baik.

Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini ya sobat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan atau pun pada artikel saya selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia