Sponsors Link
     Sponsors Link

Macam Macam Penyakit Pada Ginjal Manusia

Sponsors Link

Macam macam penyakit pada ginjal bisa terjadi karena pola makan dan minum yang kurang baik. Penyebab utama terganggunya ginjal adalah kurangnya asupan air putih di dalam tubuh dan juga terlalu banyak minum minuman yang berwarna serta berkarbonasi. Sehingga ginjal harus bekerja keras. Apabila lama kelamaan dibiarkan terjadi karena sudah menjadi kebiasaan, maka hal yang terburuk adalah terjadi kerusakan pada ginjal.

ads

Baca juga :

Macam – Macam Penyakit Pada Ginjal

macam-macam-penyakit-pada-ginjalGinjal merupakan salah satu organ dalam yang mempunyai fungsi dalam membantu melakukan penyaringan terhadap darah, kemudian berkeajiban mengeluarkan semua zat-zat sisa dari proses metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh bagian tubuh.

Ginjal ialah salah satu organ tubuh yang termasuk dalam kategori sistem ekskresi pada manusia. Untuk itu sangat diwajibkan untuk menjaga ginjal agar bisa tetap dalam kondisi baik.

Karena jika kondisinya tidak baik, maka zat-zat sisa dari metabolisme akan menjadi semakin menumpuk di bagian dalam darah dan selanjutnya beresiko akan menjadi racun bagi tubuh.

Berikut macam – macam penyakit pada ginjal, yuk kita simak penjelasannya :

1. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit pada ginjal dikarenakan adanya endapan asam urat dan juga garam kalium di bagian dalam ginjal yang selanjutnya akan mengalami proses pembentukan kalsium karbonat sehingga akan membuat aliran urine menjadi terhambat dan bisa membuat rasa nyeri.

Gejala yang biasa dirasakan ialah munculnya rasa sakit ketika anda sedang buang air kecil (kencing) dan juga urine akan menjadi sulit untuk keluar dari bagian tubuh. Cara tepat untuk mencegahnya ialah dengan tidak membiasakan diri menahan kencing dalam waktu yang lama dan sering – seringlah minum air. Sedangkan cara mengobatinya ialah dengan memusnahkannya menggunakan sinar laser (alat medis).

2. Uremia

Uremia merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena adanya timbunan urea di bagian dalam darah sehingga bisa menyebabkan keracunan. Penyakit ini bisa dikatakan akibat dari penyakit gagal ginjal yang bisa menimbulkan urea menjadi tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh dan kemudian akan menumpuk di bagian dalam darah.

Penyebab terjadinya uremia antara lain dikarenakan terlalu banyak obat-obatan, protein, gangguan yang terjadi pada aliran kemih dan juga tekanan darah rendah. Gejala yang bisa dirasakan meliputi perubahan mental, kelainan jantung, kram otot, kelainan endokrin, penurunan berat badan, koagulopatmual, anoreksida, asidosis, muntah, mual, anemia, dan cepat lelah. Cara mengobatinya ialah dengan cara melakukan proses dialisis yang digunakan untuk mengurangi kadar urea.


3. Pyelonephritis

Pyelonephritis merupakan salah satu penyakit karena terjadinya peradangan terhadap jaringan ginjal dan juga pelvis. Pyelonephritis diakibatkan karena bakteri dan bisa menjadi penyakit kronis. Penyakit ini bisa saja mengalami penyebaran sampai ke bagian utama dari ginjal dan selanjutnya mengakibatkan gagal ginjal.

Gejala yang sering dirasakan ialah sakit ketika buang air kecil (kencing), demam, dan juga jantung berdetak lebih kencang. Cara mengobatinya yakni dengan melakukan pemberian antibiotik, namu harus sesuai dengan aturan yang ada.

4. Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan salah satu kelainan karena ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya secara norma sebagai alat untuk menyaring darah. Gagal ginjal bisa sangat membahayakan dan bisa mengakibatkan kematian. Ginjal tidak bisa membuang zat-zat yang tidak diperlukan dari tubuh. Pada akhirnya zat-zat tersebut akan menumpuk semakin banyak di bagian dalam darah dan juga bisa meracuni tubuh. 

Penyebab utama dari gagal ginjal ialah terjadinya kerusakan nefron yang bisa diakibatkan oleh kadar obat-obatanyang terlalu berlebihan. Kelainan ini sulit dan bahkan tidak bisa untuk disembuhkan. Solusinya adalah hanya melakukan cuci darah secara rutin dan juga teratur agar bisa mengurangi kadar racun yang ada di bagian dalam darah. Cara lainnya ialah dengan melakukan operasi cangkok ginjal sehingga bisa digunakan untuk menggantikan ginjal yang sudah rusak.

5. Nefritis

Nefritis merupakan salah satu penyakit karena adanya kerusakan pada bagian glomerulus ginjal yang disebabkan oleh suatu reaksi alergi racun yang dihasilkan oleh bakteri Streptococcus. Pada saat bagian tersebut rusak, maka glomerulus tidak bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya suatu molekul besar seperti halnya protein akan bisa masuk ke bagian dalam glomerulus dan tidak bisa keluar sehingga bisa mengakibatkan suatu pembengkakan yang terjadi pada kaki karena adanya penimbunan urea. Solusinya ialah dengan melakukan cangkok ginjal ataupun melakukan cuci darah hingga memperoleh donor ginjal.

Baca juga :

6. Sindrom Nefrotik

Sindrom nefrotik merupakan kelainan karena keluar protein dari dalam tubuh dengan jumlah yang besar melewati urine. Hal tersebut akan mengakibatkan kekurangan kadar protein di bagian dalam darah sehingga bisa memunculkan penyakit lainnya meliputi tekanan darah tinggi, malnutrisi, kolesterol tinggi, penggumpalan darah, dan juga gagal ginjal.

Gejala yang dirasakan ialah terjadi pembengkakan pada area mata, kaki, dan pergelangan kaki kemudian urine akan menimbulkan busa. Cara mengobatinya ialah dengan melakukan penyembuhan terlebih dahulu terhadap penyakit yang mengakibatkan timbulnya sindrom ini.

7. Glomerulonephritis

Glomerulonephritis merupakan penyakit karena ditemukannya darah dan juga protein di bagian dalam urine yang disebabkan oleh terjadinya suatu kerusakan pada bagian glomerulus. Kerusakan tersebut disebabkan oleh bakteri streptococcal. Bakteri tersebut akan menyerang ketika kondisi daya tahan tubuh mengalami penurunan.

Selanjutnya bakteri itu akan menyerang bagian glomerulus sehingga bisa terjadi suatu peradangan. Gejala ialah dengan adanya darah pada urin, terjadi pembengkakan pada bagian jaringan tubuh, serta adanya protein berlebih pada urin. Penyakit ini bisa sembuh sendiri tanpa adanya pengobatan.

8. Anuria

Anuria merupakan penyakit karena gagalnya ginjal pada saat melakukan produksi urine. Penyebabnya ialah kurang adanya tekanan saat proses filtrasi pada darah atau pun adanya peradangan di bagian glomerulus. Kurangnya suatu tekanan mengakibatkan darah menjadi tidak bisa masuk ke bagian glomerulus, pada akhirnya proses filtrasi tidak akan terjadi.

Ciri-ciri penyakit ini ialah produksi urin dalam 1 harinya jumlah kurang dari 100 mililiter. Cara mengobatinya bisa dilakukan berdasarkan penyebabnya. Proses pengobatan akan lebih mudah apabila diakibatkan oleh kurang adanya tekanan. Solusinya dengan memasukkan alat bantu ke bagian saluran urine yang arahnya menuju bagian kandung kemih.

9. Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan penyakit karena adanya zat glukosa di bagian dalam urine. Penyebabnya ialah karena kurangnya hormon insulin dan pada akhirnya nefron tidak bisa melakukan aktivitas absorpsi glukosa sehingga akan menjadi terbuang bersama dengan urine.

Diabetes melitus kebanyakan sulit untuk disembuhkan, tetapi bisa dikontrol dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, olahraga secara rutin, dan juga rajin meminum obat sesuai dengan resep dokter. 


10. Albuminuria

Albuminuria merupakan penyakit karena adanya banyak protein albumin di bagian dalam urine. Penyebabnya ialah karena adanya kerusakan pada bagian glomerulus dan akhirnya albumin akan bisa lolos. Kerusakan biasanya adanya luka di bagian glomerulus.

Cara mencegahnya ialah dengan banyak makanan yang mempunyai gizi yang seimbang dan juga banyak minum air secara rutin berkisar 8 gelas setiap harinya. Cara mengobatinya ialah dengan cara mencangkok ginjal.

11. Hematuria

Hematuria merupakan penyakit karena ditemukan sel darah merah di bagian dalam urine. Penyebabnya ialah adanya suatu peradangan pada bagian organ ginjal yang bisa muncul karena gesekan dengan batu ginjal. Penyakit ini juga bisa diakibatkan oleh suatu kelainan pada bagian glomerulus.

Ciri-cirinya ialah ketika sedang buang air kecil akan timbul darah pada urine tersebut. Cara mengobatinya ialah dengan melakukan penyembuhan terhadap penyakit yang mengakibatkannya.

12. Polisistik

Polisistik merupakan penyakit karena adanya kerusakan pada bagian saluran ginjal yang mengakibatkan timbulnya kista di sepanjang bagian saluran ginjal, dan akhirnya akan merusak nefron. Penyakit ini bisa tumbuh dan berkembang menjadi penyakit gagal ginjal, terutama pada usia sekitar empat puluh tahun ke atas. Polisistik banyak terjadi karena faktor keturunan. Cara mengobatinya ialah dengan melakukan diet, minum obat dan juga infus.

13. Sindrom Alport

Sindrom alport merupakan penyakit yang diakibatkan oleh faktor genetik karena adanya perubahan pada gen di bagian tubuh. Penyakit ini akan mengakibatkan glomelurus menjadi tidak bisa bekerja dengan baik. Gejala yang dirasakan ialah tekanan darah tinggi, kaki dan tangan bengkak, terdapat banyak protein pada urin, pendarahan saat kencing,adanya gangguan pada pendengaran dan juga penglihatan. Cara mengobatinya dengan melakukan cuci darah.

14. Kista Ginjal

Kista ginjal merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya kista pada bagian ginjal. Kista yang bisa tumbuh akan membuat fungsi ginjal menjadi terganggu. Gejalanya yakni infeksi pada saluran kemih, ditemukan darah pada urin, sering buang air kecil, perut menjadi lebih besar, sakit kepala dan rasa sakit pada bagian punggung.

Cara mengatasinya ialah makan makanan yang banyak terdapat kandungan rendah garam di dalamnya, jangan sering memakan makanan yang banyak lemak.

15. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan penyakit yang timbul pada bagian ginjal kemudian akan mempengaruhi sistem kerja dari ginjal tersebut. Gejalanya yakni timbulnya demam dan sembuh tanpa perawatan, cepat lelah, turunnya berat badan secara drastis, timbulnya rasa nyeri pada bagian tulang rusuk, ditemukan darah pada urin. Cara mengatasinya ialah dengan melakukan operasi.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai macam – macam penyakit pada ginjal di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat belajar dan menambah wawasan baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai macam – macam penyakit pada ginjal. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini.

 

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 20th, August 2017 / 14:37 Oleh :
Kategori : Manusia