Sponsors Link

4 Contoh Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Berbicara mengenai perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif, sobat semua masih ingatkah tentang pelajaran yang satu ini? Kalau tidak salah ini merupakan pelajaran kelas 4 SD ya sobat. Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas masalah biologi nih sobat, karena pelajaran ini sering kali kita temui dan dapati dalam lingkungan hidup kita sehari – hari.

Untuk lebih spesifik lagi, pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan. Seperti apa sih perkembangbiakan generatif tersebut, yuk sobat mari kita bahas bersama – sama dalam ulasan berikut ini.

Seperti yang sudah kita ketahui dan lihat bersama, makhluk hidup dalam hidunya bukanlah hanya bertumbuh semata, melidungi dirinya dari musuh, dan bertahan hidup. Tetapi selain itu ada hal yang tidak kalah penting dari pertumbuhan tumbuhan itu sendiri sobat, yaitu perkembang biakan yang fungsinya selain melanjutkan hidup juga untuk memperbanyak atau melestarikan jenisnya.  Salah satu cara perkembangbiakan tersebut dinamakan dengan perkembangbiakan secara generatif.

cara perkembangbiakan tumbuhan yang dimaksud dan dibahas dalam artikel ini adalah perkembang biakan generatif yang terjadi pada tumbuhan ya sobat. Perkembangbiakan pada tumbuhan merupakan perkembang biakan yang terjadi akibat seksual atau kawin yang dilakukan oleh tumbuhan berbiji.

Adapun proses perkembangbiakan ini diawali dari penyerbukan dan kemudian diikuti oleh pembuahan. Karena memang dilakukan secara seksual, maka tumbuhan berbiji juga memiliki kelamin jantan dan kelamin betina. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari pada kepala putik dan pembuahan adalah proses peleburan gamet betina dan gamet jantan.

Perkembang biakan generatif pada tumbuhan biji tertutup diawali dengan penyerbukan yaitu proses atau peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala butik. Adapun contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah sebagai berikut ;

1. Penyerbukan yang Dilakukan Sendiri atau Autogami

Penyerbukan sendiri adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik dengan sendirinya. Yang hanya dapat dilakukan oleh bunga yang lengkap, karena proses tersebut merupakan ciri ciri penyerbukan. Contoh tumbuhan yang melakukan outogami adalah bunga kembang sepatu, bunga pacar air dan bunga terompet.

2. Penyerbukan Geitonogami

Penyerbukan geitonogami adalah proses tajuhnya serbuk sari ke kepala putik bunga lain yang memang masih dalam satu pohon atau masih dalam satu batang tumbuhan tersebut. Contoh tumbuhan yang melakukan geitonogami adalah bunga yang tidak lengkap. Contohnya adalah bunga aster, bunga biji matahari, dan lain sebaginya.


3. Penyerbukan Silang atau Alogami

Penyerbukan silang atau alogami adalah proses terjadinya serbuk sari ke kepala putik bunga lain. Bunga tersebut merupakan bunga tumbuhan lain yang memang berbeda batang atau pohon dengan tumbuhan tersebut, tetapi masih satu jenis.

4. Penyerbukan Bastar atau Hybrid

Penyerbukan bastar atau hybrid adalah prose jatuhnya serbuk sari ke kepala butik bunga yang lain, tetapi sudah berbeda jenis dengan bunga yang menjatuhkan serbuk sari tersebut.


bagian bagian bunga yang sempurna atau lengkap adalah bunga yang memiliki dua jenis alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Jenis bunga inilah yang melakukan penyerbukan senagn cara autogami. Sedangkan bunga yang tidak lengakp adalah bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin saja, yaitu saah satu dati benang sari atau kepala putik.

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan dan ulasan di atas mengenai contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, mungkin bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi dalam mendukung proses pembelajaran.

Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini ya sobat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan atau pun pada artikel saya selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan