Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ovovivipar secara umum dapat digambarkan sebagai bagaimana individu pada hewan yang keluar dari induknya dengan cara bertelur dan melahirkan. Selain dari ovovivipar, ada beberapa tipe berkembang biak pada hewan yaitu ovipar dan vivipar. Adanya 3 (tiga) tipe cara hewan berkembang biak ini tentunya berbeda-beda. Pada hewan ovipar, perkembangbiakan terjadi hanya melalui telur. Adapun perkembangbiakan hewan vivipar dapat terjadi apabila calon individu baru pada hewan vivipar melahirkan yang artinya tidak tertutup cangkang seperti telur pada hewan ovipar. Berikut ini dosen biologi akan menjelaskan dengan lengkap ciri-ciri hewan ovovivipar yang perlu kalian ketahui.

1. Pembentukan calon individu baru secara generatif/seksual

Pembentukan individu baru dari hewan ovovivipar dilakukan secara generatif/seksual. Hasil dari pembentukan secara generatif/seksual akan menghasilkan zigot. Kemudian zigot menjadi betina terjadi saat sperma jantan dan ovum betina bertemu. Kemudian terjadi pembuahan sehingga membentuk telur. Kemudian dalam telur, embrio tumbuh dengan sempurna karena ada cadangan makanan.

2. Calon individu baru bertelur dan menetas dengan keluar dari tubuh induk

Ciri-ciri hewan ovovivipar lainnya adalah individu akan bertelur dan menetas di luar tubuh induknya. Masa bertelur dalam tubuh induknya sama seperti pertumbuhan embrio pada contoh hewan vivipar. Masa embrio pada contoh hewan ovovivipar tergantung pada kondisi lingkungan yang ada di dalam tubuh induknya. Sedangkan waktu yang dibutuhkan individu baru tergantung pada kondisi lingkungan yang ada diluar, karena telur pada hewan ovovivipar sudah tidak berada lagi di dalam induknya.

3. Makanan diperoleh dari telur tetapi tetap berkembang dalam induknya

Zigot akan berkembang menjadi embrio yang matang apabila ketersediaan nutrisi dalam tubuh embrio terpenuhi. Oleh karena itu pada hewan ovovivipar, embrio akan mendapatkan makan dari telur. Proses telur bisa mendapatkan nutrisi ini ditentukan dari konsumsi yang dimakan oleh induknya.

4. Pembuahan terjadi di dalam (internal)

Adanya pertemuan antara sperma dari individu jantan dan sel telur dai individu betina pada contoh hewan ovovivipar ini terjadi di dalam (internal). Pembuahan yang terjadi di dalam (internal) adalah pengabungan sperma jantan dan sel telur betina berada di dalam tubuh induknya. Dengan demikian calon individu baru akan tumbuh dan berkembang di dalam tubuh induknya.

5. Tidak mempunyai rahim

Rahim pada contoh hewan vivipar berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan tertanamnya hasil pembuahan antara sperma jantan dan sel telur betina. Pada hewan ovovivipar tidak mempunyai rahim karena pertumbuhan individu baru dari hewan ovovivipar akan membentuk telur. Telur ini berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan pada calon individu baru di hewan ovovivipar.


6. Tidak menyusui

Hewan ovovivipar tidak menyusui calon individu baru yang bertelur dan menetas karena hewan ovovivipar tidak memiliki kelenjar susu. Kelenjar susu berfungsi untuk memproduksi susu yang bisa menjadi nutrisi atau makanan untuk individu baru.

7. Tidak mengasuh calon individu baru

Tidak seperti pada hewan vivipar, setelah hidup individu yang bertahan akan diasuh oleh induknya. Proses mengasuhnya induk pada hewan ovovivipar tergantung pada waktu dan cara hewan beradaptasi dengan lingkungannya dari bertahan dari individu baru tersebut.


8. Berdarah dingin

Beberapa contoh hewan ovovivipar adalah hewan berdarah dingin. Hewan berdarah dingin adalah hewan yang bertahan hidup dengan cara menyesuaikan kondisi tubuh dengan lingkungan melalui proses pengeluaran kalor. Beberapa contoh hewan ovovivipar adalah kadal, platypus, cicak dan ular.

Pengetahuan akan cara hewan dapat berkembang biak perlu diketahui. Hal ini karena setiap ilmu yang kita pelajari setiap harinya pasti akan memiliki keterkaitan satu dengan ilmu yang lainnya. Selain itu kalian juga perlu mengetahui beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara contoh hewan ovipar dan contoh hewan vivipar agar anda semua bisa membedakan kesetiap ciri-ciri yang dimiliki, termasuk ciri-ciri hewan ovovivipar. Belajar biologi jadi asik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Selamat belajar.

, , ,




Oleh :
Kategori : Hewan