Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Bertelur Terlengkap Beserta Penjelasannya

Setelah kalian mengetahui hewan vertebrata mempunyai jenis perkembangbiakan yang terbagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu contoh hewan vivipar, hewan bertelur dan hewan ovovivipar. Hewan vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan bertelur adalah hewan yang berkembang biak dengan telur. Jadi pada individu yang kan menetas, embrio pada hewan bertelur akan ditutupi oleh cangkang. Cangkang ini berguna untuk melindungi hewan bertelur dari pengaruh luar. Sedangkan yang terakhir dari jenis hewan berdasarkan perkembangbiakannya adalah hewan ovovivipar.

Jika kalian ketahui ovovivipar memiliki ciri khas dimana mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan cara bertelur dan melahirkan. Proses bertelur dan melahirkan pada hewan ovovivipar hampir sama dengan hewan ovipar dan hewan ovovivipar. Hanya saja contoh hewan ovovivipar memiliki ciri khas lain yang berbeda dari hewan ovipar dan hewan vivipar. Setelah kalian ketahu bersama bagaiman pengertian dari hewan berdasarkan jenis perkembangbiakannya. Kalian perlu mengetahui bahwa ada ciri-ciri hewan bertelur yang perlu kalian ketahui bahwa mereka memiliki ciri-ciri khas yang berbeda dari contoh hewan vivipar dan contoh hewan ovovivipar. Ini dia penjelasannya secara singkat dari kami dosen biologi kepada anda.

1. Perkembangan secara generatif/seksual

Perkembangan secara generatif/seksual adalah terjadinya pertemuan antara sel sperma pada organ reproduksi jantan dan sel telur yang dihasilkan oleh organ reproduksi betina. Pertemuan keduanya akan menyebabkan terjadinya proses pembuahan dimana sel sperma pada organ reproduksi jantan akan membuahi sel telur pada organ reproduksi betina.

2. Fertilisasi di dalam (internal)

Prose pertemuan antara sel sperma pada organ reproduksi jantan dan sel telur yang dihasilkan oleh organ reproduksi betina pada hewan bertelur terjadi di dalam tubuh. Tubuh yang menjadi tempat penyimpanan materi hasil proses pembuahan ini terjadi dalam tubuh induknya. Proses selanjutnya dari fertilisasi adalah masa bertelur. Masa bertelur pada hewan bertelur tergantung pada kondisi nutrisi yang ia peroleh dalam telur.

3. Berkembang dengan cara bertelur

Telur adalah pengganti rahim sehingga embrio bakal calon individu baru pada hewan bertelur akan tumbuh dan berkembang dalam telur. Selain itu telur merupakan dinding yang melindung calon individu tersebut sehingga ia akan mudah menetas nantinya diluar tubuh induknya.

4. Tidak punya kelenjar susu

Kelenjar susu pada hewan bertelur tentunya tidak dimiliki. Hal ini memungkinkan bahwa individu hewan bertelur saat menetas akan mencari makanannya sendiri atau meminta bantuan dari sang induk. Jadi sang induk tidak memberikan makanan dan nutrisi yang ada dalam tubuhnya. ciri ciri hewan mamalia yang memiliki kelenjar susu ini berfungsi untuk menghasilkan susu sebagai sumber makanan. Hanya saja pada hewan bertelur fungsi tersebut tidak bisa dirasakan karena mereka memang tidak memiliki kelenjar susu.


5. Tidak punya daun telinga

Daun telinga secara umum berfungsi sebagai perantara menghantarkan gelombang suara dari luar lingkungan menuju ke dalam telinga sehingga dapat ber-fungsi daun telinga, sehingga bisa diserap suara oleh makhluk hidup dan individu tersebut bisa mengetahui suara apa yang dihasilkan.

Beberapa hewan yang mempunya pendengaran cenderung lebih peka dibandingkan hewan lain karena kemampuan mendengarkan berguna untuk melindungi diri dari musuh apabila terjadi penyerangan secara tiba-tiba. Pada hewan bertelur kelebihan dari daun telinga ini tidak bisa dirasakan karena mereka sejak lahir tidak mempunyai daun telinga. Dengan demikian kemampuan hewan bertelur dalam mendengarkan tidak bagus atau mungkin memang tidak bisa mendengarkan.


Tidak kita sadari bahwasanya ciri-ciri hewan bertelur itu sudah kita ketahui bersama dan ada beberapa yang sebelumnya tadi baru kita ketahui bersama bukan ?. dengan demikian kalian semua bisa dengan mudah memahami bagaiman ciri-ciri hewan bertelur. Jadi kalau kalian menemukan hewan bertelur dilingkungan sekitar lingkungan, kalian jauh lebih mudah membedakannya. Belajar biologi jadi asik dan menyenangkan hanya dengan dosen biologi. Ayo majukan bangsa dengan ilmu pengetahuan. Selamat belajar, sampai jumpai dipertemuan selanjutnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan