Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Vivipar Terlengkap Beserta Penjelasannya

Beberapa contoh hewan vivipar dalam kehidupan mudah kita temui bersama. Hewan vivipar adalah hewan yang dapat tumbuh dan berkembang dengan melewati tahap dilahirkan oleh induknya. Secara kasat mata tentunya mudah untuk membedakan apakah hewan bisa dikatakan hewan vivipar. Hanya saja sebagian orang banyak yang belum mengetahui ciri-ciri lain dari hewan vivipar dan penjelasan terkait ciri-ciri hewan vivipar. Kali ini dosen biologi akan menyampaikan kepada anda bagaimana ciri-ciri hewan vivipar agar mudah kita bedakan dengan ciri-ciri hewan ovipar dan ovovivipar. Berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri hewan vivipar yang akan dosen biologi sampaikan kepada anda.

1. Punya Rahim

Tentunya vivipar mempunyai rahim sebagai tempat tersimpan, tumbuh dan berkembangnya calon individu baru. Tidak seperti ciri-ciri hewan ovipar yang bertelur ataupun ciri-ciri contoh hewan ovovivipar yang bertelur dan melahirkan. Hewan vivipar mempunyai rahim untuk melindungi calon individu baru tersebut. Selama dalam lahir sang induk, calon individu baru akan menerima nutrisi, makanan dan oksigen melalui darah yang disalurkan sang induk ke calon individu baru melalui plasenta. Dengan demikian, calon individu baru akan memperoleh makanan tergantung dari apa yang dikonsumsi oleh sang induk.

2. Menyusui individu baru yang baru dilahirkan

Pada umumnya ciri-ciri hewan vivipar setelah melakukan proses melahirkan. Ada masanya individu yang baru dilahirkan harus membutuhkan susu dari induknya. Proses induk hewan vivipar dalam menghasilkan susu dipengaruhi oleh kelejar mammae (kelenjar susu). Kerja fungsi kelenjar mammae pada mamalia (kelenjar susu) yang berfungsi mengatur produksi susu yang dihasilkan memiliki fungsi lain yaitu sebagai penyedia cadangan makanan bagi individu yang baru lahir. Kebutuhan nutrisi dari sang induk tentunya sangat memegang pernanan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan vivipar.

3. Punya puting susu

Puting susu adalah salah satu organ tubuh yang ada di setiap individu baik itu jantan dan betina hewan vivipar. Hanya saja fungsi puting susu bisa dimanfaatkan oleh organ tubuh betina karena organ ini merupakan perantara untuk sang ibu dan individu yang baru dilahirkan supaya bisa memberikan susu yang telah dihasilkan oleh sang induk.

4. Merawat individu baru yang baru dilahiran

Ya, selain memiliki kelenjar mammae (kelenjar susu) tentunya hewan yang termasuk ke dalam kategori hewan vivipar pasti akan merawan individu baru yang baru dilahirkan. Dalam merawat individu baru yang baru dilahirkan, sang induk akan merawatnya sampai benar-benar individu tersebut bisa berkembang  dan bertahan di kemudian hari.

5. Keluarnya individu baru melalui tubuh induknya

Proses calon individu baru hasil dari pembuahan antara sperma jantan dan sel telur betina akan dikeluarkan oleh tubuh induknya. Keluarnya individu baru ini tergantung dari waktunya dan kecukupan nutrisi yang telah diperoleh individu tersebut dalam masa kehamilan. Dengan demikian setiap hewan vivipar memiliki perbedaan waktu kapan bisa melahirkan individu baru tersebut.


6. Punya daun telinga

Daun teling pada hewan vivipar pasti akan dimiliki oleh setiap individu yang dilahirkan. Tentunya, keberadaan daun telinga ini bisa berfungsi sebagai pengumpul suara sehingga hewan vivipar mempunyai kemampuan mendengarkan.

7. Hewan mamalia

Ciri-ciri hewan vivipar yang paling mudah kita temukan adalah hewan vivipar biasanya kelompok dari mamalia. Mamalia sendiri merupakan salah satu jenis contoh hewan vertebrata. Ciri-ciri hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Ciri khas yang dapat dilihat dari hewan mamalia adalah kemampuan mereka beradaptasi lebih cepat dan bisa beradaptasi di lingkungan baru dibandingkan dengan hewan vertebrata lainnya. Tubuhnya yang ditutupi oleh rambut adalah ciri lain yang bisa kita lihat dari hewan vivipar.


Wah, ternyata ciri-ciri hewan vivipar sangat mudah untuk dipelajari bukan ?. Dengan demikian kawan-kawan semu bisa jadi lebih memahami bagaimana hewan dapat berkembang biak. Apabila kalian masih bingung dengan ciri-ciri hewan ovovivipar dan ciri-ciri hewan ovipar sebagai jenis hewan berkembang biak ada baiknya kalian mempelajarinya secara seksama supaya kalian bisa membedakan ketiga-tiganya. Belajar biologi jadi asik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Selamat belajar kawan. Terus berkarya majukan negeri ini. Sampai jumpa.

, , ,




Oleh :
Kategori : Hewan