Sponsors Link

36 ciri Hewan Karnivora Herbivora Omnivora

Hewan hewan memiliki keterikatan satu sama lain sebagai anggota mata rantai makanan dialam bebas agar keseimbangan alam dapat terus terjaga dengan baik, termasuk komunitas, ekosistem, cara bertahan hidup dan berkembangbiakanya mempunyai keunikan masing masing. tanpa  adanya mata rantai makanan maka kehidupan hewan karnivora terancam .

Jika hewan jenis karnivora memangsa jenis herbivora maka keseimbangan alam akan terus berjalan dengan baik, karena kelahiran hewan herbivora terkenal lebih sering dan paling banyak setiap bulannya atau pertahunnya dibanding hewan berjenis karnivora. Contohnya jika hewan jenis karnivora memangsa 5 rusa dalam satu hari maka kelahiran bayi rusa bisa terjadi lebih banyak dalam hari yang sama dimana 5 ekor rusa telah mati termangsa. maka hewan herbivora tidak akan mengalami penurunan spesies atau kepunahan walaupun hewan karniviora selalu menteror serta membayang bayangi kehidupan mereka.

Inilah ciri ciri hewan Karnivora, Herbivora Omnivora beserta pengelompokan hewan nya:

Hewan Jenis Karnivora

Hewan karnivora bisa disebut sebagai predator paling buas didunia fauna, karena hewan berjenis karnivora paling lihai dan mampu menguasai kondisi dan keadaan ekosistem darat serta mengendalikan mangsa yang mereka inginkan untuk dijadikan santapan. mereka dikenal sebagai pemakan jenis daging dagingan. Kekuatan mereka terletak pada kecepatan berlari, kekompakan dalam berburu dengan anggota binatang buas sejenis yang masih satu famili, memiliki  gigi yang tangguh dan tajam dengan kuku yang runcing dan penuh bakteri yang berguna untuk melemahkan mangsanya serta memiliki pendengaran dan ketajaman mata yang berpuluh puluh kali lipat lebih tajam daripada manusia.

Hewan jenis karnivora adalah kelompok hewan yang umumnya mendapatkan hasil makanannya dari cara berkerja keras yaitu berburu atau memakan dan mengoyak binatang lain termasuk hewan mamalia. namun hewan jenis karnivora tidak mau bergabung dan berinteraksi dengan hewan buas lain dalam berburu misalnya singa dan macan, anjing hutan dan harimau. Yang membuat mereka tidak bisa saling berinteraksi dengan damai karena mereka memiliki wilayah kekuasaan masing masing. Mana mungkin mereka mau berbagi wilayah dan berbagi hasil buruan? Tak heran jika hewan jenis Karnivora adalah hewan yang menjadi kunci dari keselarasan dan sebagai pengaktif rantai makanan di dalam dunia perhewanan.

Ciri ciri hewan jenis karnivora :

Karnivora jenis darat 

  1. Mempunyai bentuk batang tengkorak yang khas dan kuat
  2. Taringnya cenderung menonjol dan tajam yang digunakan khusus unyuk merobek dan mengoyak tubuh mangsa
  3. Mengalami proses kelahiran atau beranak
  4. Mayoritas berkaki empat
  5. Memilikim kecepoataan lari diatas rata rata hewan lain (termasuk herbivora dan omnivora)
  6. Cenderung hidup didarat walaupun terkadang mereka bisa berenang dan menyeberangi air yang deras
  7. Gigi yang tajam dan tangguh
  8. Kuku yang runcing dan kuat
  9. Mempunyai pendengaran daan penglihatan yang lebih  10 kali lebih tajam dari manusia
  10. Hewan karnivora mayoritas memiliki anak hanya setahun sekali  Contohnya : Singa, Harimau, beruang, Srigala, Macan, Anjing dan lain lain

Karnivora jenis hewan laut

Hewan karnivora yang hidup pada ekosistem air laut dapat melakukan perkembangbiakan hewan secara Ovovivipar atau beranak, Memiliki tubuh yang relatif besar, kecerdasan otak yang baik, perenang lautan terdalam kecuali jenis karnivora piranha yang bertubuh kecil, bergigi tajam, insting memangsanya saangat kuat, kecepaatan bergerak cukup baik dan berkembangbiak secara bertelur. . Contoh karnivora ekosistem air laut adalah ikan hiu, ikan paus

Karnivora jenis Hewan Unggas

Hewan karnivora jenis unggas hidup pada ekosistem darat dan udara  mempunyai cakar yang tajam , memiliki insting berburu tunggal (tidak mengandalkan burung lain untyuk berburu) memiliki paruh yang kuat dan kecepatan dalam terbang yang baik serta ketajaman mata yang lebih baik daripadaa manusia atau hewan burung lain. misalnya Burung Elang dan rajawali.

Hewan Jenis Herbivora

Hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan , dedaunan ataupun rerumputan. Hewan jenis ini tidak mengandalkan ketajaman kuku, kecepatabn berlari artay tariung yang tajam unyuk membunuh mangsanya, karena yang mereka cari adalah makanan yang melimpah yang disediakan oleh alam berupa tumbuhan, bunga bungaan, dedaunan, akar kar kecil , buah buahan bahkan jenis rerumputan. Hewan herbivora dapoaat bergabung dan beriunteraksi dengaan damai bersama hewan jenis herbivora lain misalnya kuda bersama kijag ataau banteng, sapi , kerbau dan dombaa bisa berkumpul dengan kuda dan menjagan . mereka hanyaa dapat berbaur dengan hewaan yang memiliki persamaan cara makan, cara berkembang biak hewan, cara bertahan hidup dan sama sama sebagia incaran bintang karnivora.

Beberapa Hewan herbivora cenderung memiliki kecepatan berlari yang baik yang berguna untuk menghidari kejaran predator (hewan karnivora) dan bukan untuk mengejar hewan lain. Hewan jenis herbivora tidak memiliki insting berburu yang terorganisir secara berkelompok seperti singa atau macan, mereka mencari makan dilokasi yang sama namun dengan keinginan makan secara individu tetapi dengan kewaspadaan menjaga situasi kondusif dari serangan predator  selalu mereka lakukan secara kompak (saling mawas diri). mereka akan saling memberi tanda bahaya berupa suara suara jika ada bahaya mengancam agar hewan herbivora lain bersiap siap untuk meninggalkan tempat mereka.

Ciri ciri hewan jenis herbivora :

  1. Berdarah panas daan berkaki empat
  2. Hidupnya bisa bergabung dengan hewan jenis herbivora lain
  3. Mengalami proses kelahiran (beranak)
  4. Tidak memiliki gigi taring
  5. Memiliki geraham yang kokoh dan datar yang berguna untuk menghancukan dan menggiling makanan
  6. Ada beberap hewan herbivora yang mempunyai gigi depan yang berguna untuk merobek, menyayat daan mengoyak daun atau tumbuhan secara terpisah.
  7. Mempunyai kadara alir ludah yang bersifat basa namun bukan asam air ludah yang biasa dimiliki hewan karnivora
  8. Air liurnya bersiafat basa yang dapat menghambat dan memperlambat proses pencernaan bagian bawah agar enzim cerna selalu dalam konsisi normal, hal ini sama seperti yang ada pada manusia.
  9. Sebelum menggunakan pencernaaannya, hewan herbivora selalu teliti dan individual dalam upaya mempersiapkan dedaunan atau rerumputan yang akan di santap.
  10. Memiliki pendengaran yaang sangat jam dan sensitif dengan gerakan bayangan sekalipun.
  11. Makan secara individu namun mempunyai kewaspadaan yang sangat tinggi dalam mengawasi hadirnya binatang predator dan memberi tanda berupa suara suara pada hewan herbivora lain lain jika ada bahaya yang mengancam. Contohnya : Rusa, zebra, kijang, menjangan, kuda, sapi , domba, jerapah, dan lain lain

Hewan Jenis Omnivora 

Hewan jenis Omnivora adalah hewan yang dapat memakan apa saja termasuk tumbuhana dan daging. Hewan jenis omnivora memiliki insting berburu yang cukup baik dan dikombinasikan sebagai individual dalam hal bertahan hidup . misalnya tikus yang bisa bekerja sendiri tanpa bantuan tikus lain ketika sedang mencari makan . Tikus dapat memangsa hewan lain yang tubuhntya lebih kecil darinya seperti ikan, ular tanah ,cacing atau rayap bahkan tikus menyukai makanan yang dikonsumsi manusia seperti keju, cokelat, tahu, tempe, roti, nasi dan lain lain, tikus juga menyukai salad, sayuran mentah yang masih utuh berada diladang dan lain lain.

Hewan jenis hewan Omnivora memiliki kemampuan dalam berinteraksi diberbagai cuaca ekstrem, misalnya saat musim hujan, salju, kemarau atau musim panas. tak heran jika pada musim salju yang kondisi dinginnya dibawah minus 6 atau pada musim panas dinegara negara bagian eropa , justru komunitas kehidupan hewan Omnivora termasuk tikus, burung gagak, Babi, kera dan lain lain mampu bertahan hidup dengan baik.

Ciri ciri hewan jenis Omnivora :

  1. Berdarah panas dan dingin (baca : hewan berdarah dingin dan panas)
  2. Memiliki gigi geraham
  3. Memiliki gigi seri yang relatif tajam sehingga dapat mengotyak daaging dengan mudah
  4. Gigi tajam terletak didepan yang berguna untuk melahap dan menyantap mangsa
  5. Gigi yang datar ada dibelakang berguna untuk mengunyah dan menghancurkan makanan.
  6. Memiliki taring dari yang semi tajam hingga sangat tajam
  7. Memiliki kecepatan berlari yang baik dan terrencana
  8. Memiliki pendengaran dan ketajaman mata yang relatif baik
  9. memiliki kecerdasan diatas hewan herbivora
  10. Mengerami telur (hewan unggas) misalnya burung gagak
  11. Mengalami proses kelahiran (beranak) misalnya  tikus, babi
  12. Berkaki dua dan berkaki empat
  13. Memiliki insting berburu yang baik
  14. Hewan Omnivora jenis burung maka akan memiliki paruh yang kokoh dan cukup tajam
  15. Hewan Omnivora jenis kelelawar yang bisa makan segalanya dan dapat meracuni hewan lain yang akan dimangsanya.

Hewan jenis Omnivora memiliki pencernaan yang sangat beragam dan cenderung kompleks, hal ini disesuaikan denagn jenis makanan yang mereka makaan sehari hari dengan ekosistem yaang juga berbeda.


Kelemahan dan kekuatan dari berbagai hewan Karnivora Herbivora Omnivora

Pada dasarnya hewan karnivora, herbivora, dan omnivora memiliki kelemahan dan kekuatannya masing masing yang justru hal itu  membuat mereka semakin tangguh ketika berada dialam liar.

  • Hewan Karnivora memiliki kecepatan berlari, pendengaraan dan penglihatan yang super tajam dan mempunyai insting berburu yang sangat  baik namun dalam hal berinteraksi dan bergabung dengan hewan lain dalam spesien yang sama misalnya Singa dan harimau ataua Srigala dengan macan atau keempat hewan tersebut, merejka tidak mampu dalam berbagi wilayah dan hasil buruan. mak dari itu hewan buas selalu berkelahi jika sudah berbeda wilayah kekuasaan.
  • Hewan herbivora tidak mempunyai keterampiklan dalam mengejar mangsa kaaren mereka tidak makan daging. mereka memakan dedaunan dan rumput tanpa harus bersusah payah berlari lalu menerkam dan mengoyak mangsanya. walaupun hewan jenis herbivora tak mempunyai insting berburu namun kehebatnnya dalamn berinteraksi dan berbaaur dengan jenis hewan lain tetapi masih sama saama dalam keluarga herbivora, mereka tidak akan pernah berseteru, tidak saling berebut lahan dan tidak mempunyai minat atau berusaha menguasai wilyah tertentu.
  • Hewan Omnivora adalah hewan yang paling fleksibel karena hidupnya mempunyai kemudahan dalam hal pola makan dan gaya hidup. Apa yang disantap hewan herbivora dan karnivora adalah yang akan dimakan oleh hewan jenis Omnivora. kelebihan yang lain adalah dapat berinteraksi dengan baik di berbagai macam cuaca ,sama halnya seperti manusia yang cenderung mampu bertahan hidup pada cuaca apapun.

Apapun jenis hewannya mereka memiliki keunikan masing masing dan memiliki sesuatu yang bisa membanggakan para pecinta margasatwa didunia , termasuk kecerdasan cara mereka dalam menguasai wilayah dan cara mereka bertahan hidup dan cara hewan beradabtasi dengan lingkungannya dengan hidup saling berkelompok untuk menciptakan rasa saling kebersamaan pada sesama spesiesnya.

 

, , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!