Sponsors Link

Contoh Ikan Predator Air Laut Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ikan predator identik dengan ikan yang ganas dan menyeramkan. Namun beberapa ikan predator ada yang tidak memiliki ciri yang demikian. Keberadaan ikan predator di lingkungan perairan seringkali menjadi permasalahan bagi ikan yang dimangsanya. Lain halnya dengan kelangsungan ekosistem yang ada. Adanya interaksi antara ikan predator dan ikan yang dimangsa termasuk contoh rantai makanan di air. Selain itu interaksi keduanya dapat memberikan manfaat seperti terjaganya ekosistem rantai makanan di air laut. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai contoh ikan predator air laut.

1. Ikan Fangtooth Fish (Anoplogaster Cornuta)

Ikan fangtooth fish adalah ikan yang memiliki gigi yang runcing dan besar dengan perawakan fisik yang bisa dibilang menyeramkan. Kondisi gigi yang demikian menyebabkan ikan fangtooth fish tidak bisa menutup mulutnya. Ikan fangtooth fish dapat hidup di perairan laut kedalaman 4.800 meter. Ikan fangtooth fish dapat dengan mudah ditemukan di perairan wilayah tropis tepatnya di Australia.

2. Ikan LionFish (Pterois Volitans)

Ikan lionsfish adalah ikan yang secara fisik memiliki panjang 30 cm sampai dengan 35 cm. Ikan lion fish memiliki bisa yang dapat digunakan untuk memangsa korbannya. Namun ikan predator yang satu ini bukan tipe penyerang melainkan bertahan. Jenisnya dapat dengan mudah ditemukan di laut Samudera Atlantic dan Laut Karibia. Beberapa jenis ikan lionfish yang dapat dengan mudah ditemukan dilaut adalah sawcheek scorpionfish, hawaiian lionfish, twospot tukeyfish dan shortfin dwarf turkeyfish.

3. Ikan Kepe Kepe (Chaetodon Lunula)

Ikan hias ini bisa dijadikan sebagai ikan hias karena memiliki corak yang indah. Selain itu ikan ini hidup di koral. Adapun ikan kepe-kepe disebut sebagai ikan predator karena ikan ini memangsa ikan-ikan kecil yang hidup didekat koral. Secara fisik ikan kepe-kepe tidak memiliki duri preoperkulum dan tutup insang. Pada terumbu karang di Samudera Pasifik dan Atlantik, ikan kepe-kepe dapat dengan mudah ditemukan. Selain itu anda perlu mengetahui ciri- ciri terumbu karang.  Ikan kepe-kepe memiliki nama lain yaitu ikan kupu-kupu. Beberapa jenis ikan kepe-kepe yang dapat ditemukan lainnya adalah san felix, lord howe butterflyfish, phillipine butterflyfish dan andaman butterflyfish.

4. Ikan AngelFish (Lophius Piscatorius)

Tidak ada yang menyangka ikan jenis ini termasuk dalam ikan predator bagi hewan kecil. Ikan ini sangat terkenal untuk dijadikan hewan hias. Cara ikan angelfish dalam memangsa korbanya dengan cara saling menggigit mangsanya secara agresif. Ikan angelfish dapat dengan mudah ditemukan di wilayah Amerika Selatan tepatnya di Amazon dan Orinoco. Ikan angelfish bisa disebut ikan manfish. Beberapa jenis ikan angelfish adalah Veil dan super Veil angelfish, Black and black lace angelfish serta zebra angelfish.


5. Ikan DragonFish Hitam (Idiacanthus Atlanticus)

Banyak ikan yang sering disebut drgaon fish tetapi ikan drgaonfish kali ini adalah jenis Idiacanthus Atlanticus. Secara fisik ikan ini tidak terlalu mirip dengan naga tetapi ikan dragon fish hitam ini mampu menghasilkan cahaya sendiri. Ikan dragon fish dapat hidup di laut badian terdalam. Cara ikan dragonfish hitam memangsa korbannya dengan cara memancing korbannya dengan menggunakan anggota tubuh ikan dragonfish hitam yang seperti pancing yang membawa makanan. Di laut subtropis antara lintang selatan 25 derajat selatan dan 60 derajat timur  serta kedalaman mencapai 2000 meter dapat dengan mudah ditemukan ikan dragonfish hitam.

6. Ikan Pacific Viperfish (Chauliodus Macouni)

Ikan pasific viperfish adalah ikan yang memiliki ciri fisik yaitu mulut besar dengan gigi panjang serta berwarna perak-biru warna gelap. Di laut, ikan pasific viperfish dapat ditemukan di kedalaman 200 meter sampai dengan 5000 meter. Hewan lain yang biasa dimangsa oleh ikan pasific viperfish adalah hewan crustaceae yang memiliki ciri ciri hewan crustaceae adalah punya ruas pada bagian tubuhnya. Baca : ikan menghilang saat sungai mengering.

Sekian penjelasan dosen biologi mengenai contoh ikan predator air laut. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, , ,




Oleh :
Kategori : Hewan