Sponsors Link

Penyebab Ikan Menghilang Saat Sungai Mengering yang Belum Diketahui

Seperti yang sudah kita kethui bersama, sungai merupakan sebuah aliran air alami yang mengalir dari hulu ke hilir. Adapun aliran sungai tersebut merupakan sumber utama untuk memenuhi air bagi kebutuhan manusia. Setuju ya sobat semua tentang pendapt penulis kali ini.

Adapun hutan di pegunungan merupakan sebuah daerah tangkapan hujan. Dari daerah tangkapan hujan tersebutlah air mengalir ke anak – anak sungai menuju daerah bawah dan laut. Selain itu, secara alami sungai mengalir aktivitas yang satu dengan yang lainnya yang selalu mengalami hubungan dalam sebuah ekosistem yang disebut dengan ekosistem air sungai dan termasuk kategori contoh ekosistem alami yang mudah anda temui.

Aktivitas yang dimaksud adalah seperti erosi ( pengikisan ), pengangkutan ( transportasi ), dan pengendapan ( sendimentasi ). Adapun ketiga faktor atau aktivitas tersebut sangatlah dipengaruhi oleh faktor kemiringan aliran air  sungai, volume air sunagi, dan kecepatan aliran sungai.

Itulah sekilas ulasan mengenai sungai ya sobat. Namun yang menjadi  pokok pembahasan kita dalam artikel kai ini adalah mengenai mengeringnya air sungai dan dampaknya terhadap keseimbangan ekosistem yang di dalamnya. Salah satu dampak yang dirasakan oleh ekosistem tersebut misalnya ikan pada saat sungai mengering adalah mereka akan kehilangan habitat aslinya dan harus berusaha menyelamatkan diri dan menyesuaikan diri sebisa mungkin jika mereka ingin bisa bertahan hidup.

Nah sobat semua, pada umumnya pada saat sungai mengering, ikan –  ikan yang ada di dalam sungai sepertinya seolah akan menghilang. Inilah salah satu yang menarik perhatian ya sobat, disini fungsi hutan mangrove juga penting untuk tempat berlindung karena pasti banyak sekali lumpur di sekitarnya. Nah sobat semua, sebenarnya kemana ikan –  ikan tersebut pada saat air sungai mengering, berikut ulasannya untuk anda mengenai ikan menghilang saat sungai mengering.

  • Proses Awal Pada Saat Air Sungai Mulai Surut

Pada saat air sungai akan surut, bisanya ikan – ikan yang ada dalam air sungai tersebut sudah mengetahuinya. Dan usaha yang mereka lakukan untuk bertahan hidup adalah mereka akan menggerak –  gerakkan tubuhnya untuk menggerus dasar sungai. Selanjutnya mereka akan mengubur diri mereka jauh  –  jauh di dalam dasar sungai di dalam lumpur dengan tujuan agar mereka tetap dapat hidup di lumpur sekalipun.

  • Proses Hibernasi

Ikan menghilang saat sungai mengering selanjutnya ialah karena melakukan hibernasi di dalam lumpur. Karena memang sungai sedang surut serta mengering, ikan – ikan yang biasanya berada dalam air sungai tersebut akan melakukan hibernasi atau tidur untuk sementara dalam lumpur. Hal ini akan dilakukan sampai musim penghujan datang kembali.


  • Bertahan di Dalam Lumpur

Apabila air sungai semakin hari semakin kering bahkan lumpurnya pun semakin kering, maka ikan – ikan tersebut akan berusaha untuk menyelamatkan dirinya dengan masuk ke dalam lumpur sejauh dan sedalam mungkin agar mereka tetap mendapatkan lumpur yang lembab, agar insang mereka tetap basah.

alat dan sistem pernapasan pada ikan memang sudah diatur sedemikian rupa untuk bisa bertahan dengan baik. Ikan ini mampu hidup berbulan –  bulan lamanya dalam lumpur dan melakuakan hibernasi pada waktu musim kering datang. Adapun sumber energi yang mereka dapatkan pada waktu hibernasi adalah dari lemak yang ada dalam tubuhnya.

Untuk itu jangan khawatir ya sobat jika dalam tubuh anda terdapat banyak lemak, karena bisa saja lemak tersebut anda gunakan sebagai sumber energi. Sekian informasi yang penulis bagikan pada anda ya sobat mengenai ikan menghilang saat sungai mengering, semoga bermanfaat. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan