Sponsors Link
     Sponsors Link

Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

Fungsi hutan mangrove memang sangat penting untuk menghindari pengikisan yang terjadi akibat air laut. Selain itu juga bias dimanfaatkan untuk menahan ombak yang tinggi dan juga menghalangi tiupan angina yang kencang dari laut menuju ke daratan.

ads

Baca juga :

Fungsi Hutan Mangrove

fungsi-hutan-mangroveHutan merupakan paru-paru dunia yang keberadaannya sangat menentukan kehidupan di sekitarnya. Oksigen akan tersedia semakin banyak di lingkungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya. Dengan adanya banyak hutan seperti mangrove berarti kelestarian lingkungan dan ekosistem bisa tetap terjaga dengan baik.

Hutan mangrove banyak ditemukan di daerah pesisir pantai yang mempunyai ombak dengan intensitas tinggi. Khususnya di daerah pantai pesisir selatan pulau Jawa yang terkenal mempunyai ombak yang cukup ganas.

Namun untuk mewujudkan hutan mangrove diperlukan kesadaran dari semua pihak agar keberadaannya bisa tetap dipertahankan. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai fungsi hutan mangrove, yuk kita simak bersama-sama penjelasan dan penjabarannya!

Baca juga :

1. Fungsi Hutan Mangrove Secara Ekonomis Bagi Manusia

Berikut beberapa fungsi hutan mangrove secara ekonomis bagi manusia, penjelasannya sebagai berikut :

  • Bisa Dimanfaatkan Kayunya

Dalam kehidupan sehari-hari mangrove bisa membantu meyokong perekonomian warga yang hidup di lingkungan sekitarnya. Kayu mangrove bisa dimanfaatkan untuk digunakan sebagai kayu bakar, salah satu bahan baku untuk konstruksi, bisa dibuat menjadi arang.

Baca juga :

Selain itu ada sebagian orang yang memanfaatkan mangrove untuk dijadikan tiang ataupun pancang. Ada juga yang memakai serbuk kayunya untuk bahan pembuatan bubur kayu. Serbuk-serbuk kayu nantinya bisa diolah menjadi bahan bakar untuk memasak.

  • Bisa Dimanfaatkan Untuk Budidaya Udang, Ikan, Kepiting

Banyak orang yang memanfaatkan kawasan hutan mangrove untuk budidaya udang, ikan dan kepiting. Udang cenderung nyaman dan bisa berkembang biak dengan baik, karena banyak area hutan mangrove bisa digunakan untuk sembunyi dari musuh. Hutan mangrove juga menyediakan banyak makanan bagi udang.

Ada juga yang memanfaatkan hutan mangrove sebagai tempat budidaya kepiting dan ikan. Selain tempat yang digunakan gratis, makanannya pun juga gratis sehingga biaya operasional yang dikeluarkan sangatlah kecil. Hanya bermodalkan bibit saja sudah memperoleh hasil yang cukup menjanjikan.

Baca juga :

Ikan dan kepitingpun juga merasa lebih nyaman dan aman hidup di area hutan mangrove. Jadi hutan mangrove memang sangat membantu menghidupi dan menjalankan roda perekonomian masyarakat yang berada di sekeliling hutan mangrove. tersebut.

  • Hutan Mangrove Banyak Dimanfaatkan Untuk Destinasi Wisata

Sekarang ini sedang menjamur destinasi wisata dengan background dan tema utama hutan mangrove. Kekreatifan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan mendadani area hutan mangrove dengan maksimal, ternyata membawa mereka untuk berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui hasil dari pembukaan tempat wisata yang murah, tapi menarik dan nyaman untuk dinikmati.

Banyak tempat wisata baru yang menyuguhkan keindahan hutan mangrove melalui jembatan-jembatan kecil yang menghubungkan akses luar hutan mangrove sampai ke akses dalam hutan mangrove. Sehingga keindahan hutan mangrove bisa dieksplore oleh setiap orang.

  • Hutan Mangrove Banyak Digunakan Untuk Konservasi, Penelitian Ataupun Pendidikan

Fungsi hutan mangrove poin ini sangat menarik. Selain digunakan untuk destinasi wisata guna menggali lebih dalam hal apa saja yang terdapat di hutan mangrove, maka seringkali hutan mangrove dimanfaatkan sebagai tempat untuk konservasi, penelitian dan juga pendidikan. Hal ini akan lebih menguntungkan karena pengunjungnya akan datang sekaligus banyak dalam satu waktu yang bersamaan.

Dengan dijadikannya hutan mangrove sebagai tempat konservasi, penelitian ataupun pendidikan, berarti akan membawa manfaat baik bagi si pengunjung ataupun segala aspek yang ada di dalam hutan mangrove tersebut. Karena secara tidak langsung penelitian akan membawa manfaat baik bagi bahan yang diteliti.

Baca juga :

2. Fungsi Hutan Mangrove Secara Biologis Bagi Manusia

Berikut beberapa fungsi hutan mangrove secara biologis bagi manusia, penjelasannya sebagai berikut :

  • Hutan Mangrove Untuk Menanggulangi Pengikisan Karena Air Laut

Di Indonesia sangat banyak pesisir pantai yang terbentang luas dan perlu ditanami mangrove untuk mengurangi resiko pengikisan daratan oleh air laut. Dengan adanya mangrove di pesisir pantai, maka akan membantu mempertahankan daratan agar tidak terkikis oleh air laut.

Baca juga :

Karena jika pengikisan air laut dibiarkan saja tanpa adanya tindakan yang tepat, lama kelamaan luas daratan akan menjadi semakin berkurang. Nah terjadinya kasus seperti hilangnya pulau-pulau kecil, kemungkinan besar diakibatkan karena adanya pengikisan. Kemudian dalam jangka waktu yang lama, pulau-pulau kecil tersebut akan tenggelam.

Jika kasus seperti itu tidak ingin terjadi, diperlukan penanganan dan penanggulangan yang cepat. Utamakan penanaman di daerah pesisir pantai yang mempunyai intensitas ombak besar dan tinggi. Perbaiki hutan-hutan mangrove yang mulai rusak, sehingga nantinya pengikisan daratan oleh air laut bisa dikendalikan. Akar mangrove akan mempertahankan keberadaan tanah di daerah pesisir pantai.

  • Hutan Mangrove Untuk Menahan Angin Yang Bertiup Dari Laut

Intensitas angin yang terlalu kencang dari laut menuju daratan akan beresiko merusak rumah-rumah dan bagunan-bangunan yang bermukim di dekat pesisir pantai. Dengan adanya hutan mangrove angin menjadi terhalangi dan intensitasnya menjadi berkurang saat sampai ke daratan.

  • Hutan Mangrove Untuk Menetralisir Pencemaran Air Laut (Polutan)

Sekarang ini makin banyak saja ditemukan pencemaran air laut karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuang limbah dan sampah-sampah plastik. Dengan kondisi semacam ini, kondisi air laut menjadi memprihatinkan. Banyak terdapat zat-zat beracun yang membahayakan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Kandungan zat-zat akibat pencemaran ini akan dinetralisir oleh akar-akar mangrove sehingga air yang semula kurang baik akan menjadi lebih baik. Oleh karena itu keberadaan hutan mangrove sangatlah penting keberadaannya untuk keseimbangan ekosistem yang ada. Pada kasus ini berarti hutan mangrove ikut berperan aktif untuk membantu dalam menyelamatkan lingkungan dari dampak bahaya pencemaran.

  • Hutan Mangrove Sebagai Tempat Berlindung Satwa

Hutan mangrove seringkali dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat berlindung dan berkembang biak satwa liar seperti contohnya burung ataupun satwa-satwa lainnya. Karena memang lebat dan rimbunnya hutan mangrove sangat cocok digunakan untuk berlindung.

Dengan banyaknya satwa seperti burung yang bersarang di hutan mangrove akan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jika dilihat dari sisi lain, hutan mangrove juga ikut berpartisipasi dalam memperbaiki dan menjaga ekosistem yang ada sehingga bisa berjalan dengan seimbang.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai fungsi hutan mangrove yang diulas secara detail diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari dan memahami lebih dalam lagi sehingga nantinya akan menambah wawasan baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai fungsi hutan mangrove. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini.

 

 

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 16:55 Oleh :
Kategori : Tumbuhan

Our Sponsors