Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Contoh Simbiosis Netralisme yang Benar pada Hewan

Sponsors Link

Dalam suatu lingkungan yang luas ataupun lingkungan yang sempit tentunya akan terdapat hubungan atau interaksi antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya. Adanya interaksi antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya dalam sebuah lingkungan ini tidak lain adalah untuk menciptakan keseimbangan ekosistem. Dimana lingkungan yang seimbang harus didasari pada pola interaksi yang terjadi didalam lingkungan ataupun ekosistem tersebut. Selain adanya hubungan antara makhluk hidup satu dengan yang lain, tentu terdapat hubungan antara komponen biotik dengan abiotik agar keseimbangan lebih terjaga. ( baca : Interaksi dalam Ekosistem )

ads

Hubungan yang terjadi antara makhluk hidup tersebut biasa disebut sebagai simbiosis, dimana dalam pelajaran biologi tentunya sudah dibahas beberapa simbiosis seperti simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh simbiosis netralisme yang terjadi pada makhluk hidup tersebut dalam suatu lingkup wilayah.

Apa itu simbiosis netralisme ? Simbiosis netralisme adalah simbiosis yang terjadi antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya, dimana kedua makhluk hidup tersebut tidak dirugikan ataupun diuntungkan, mereka berada dalam satu lingkup akan tetapi keduanya sangat netral. Berikut adalah beberapa contoh dari simbiosis netralisme terebut.

Artikel terkait : Macam Macam Simbiosis

1. Gajah dengan Jerapah

Di sabana yang luas atau dalam ruang lingkup yang dilindungi, biasanya gajah akan bersatu dengan hewan hewan lainnya, contohnya disini adalah jerapah. Interaksi yang terjadi antar keduanya sangatlah netral, dalam artian tidak menguntungkan ataupun tidak merugikan. Meskipun keduanya termasuk hewan herbivora akan tetapi apabila mereka disatukan dalam satu wilayah mereka akan bersahabat. Hal ini dikarenakan mereka tidak berkompetisi dalam perebutan wilayah dan juga makanan, karena makanan mereka berbeda. Jadi, interaksi antara keduanya sangatlah damai dan mereka saling berbaur satu sama lain dengan tidak menimbulkan kompetisi.

Artikel terkait : Hewan Karnivora, Herbivora dan Omnivora

2. Ikan Lele dengan Ikan Sapu

Jika beberapa jenis ikan berada dalam satu tempat dengan makanan sama akan menimbulkan kompetisi diantaranya, akan tetapi hal tersebut tidak berlaku pada ikan lele dengan ikan sapu. Kedua ikan tersebut apabila berada dalam satu tempat tidak menimbulkan kompetisi ataupun predasi. Hal ini dikarenakan makanan mereka yang sangat berbeda meskipun mereka berada dalam satu tempat yang sama. Dimana ikan lele akan memakanan makanan berupa pelet, sedangkan ikan sapu nantinya akan memakan lumut yang berada dalam tempat tersebut. Jadi, hubungan antara keduanya dapat dikatakan netral, yaitu tidak saling merugikan ataupun saling menguntungkan.

Artikel terkait : Cara Memelihara Ikan Hias

3. Kupu Kupu dengan Kerbau

Contoh simbiosis netralisme selanjutnya adalah hubungan antara kupu kupu dengan kerbau. Keduanya merupakan hewan dan serangga yang hidup di alam bebas. Meskipun demikian, hubungan keduanya tidak memberikan keuntungan ataupun kerugian satu sama lain. Jika diumpamakan seekor kerbau atau sekelompok kerbau hidup dalam satu wilayah dan dalam wilayah tersebut terdapat beberapa kupu kupu, maka kehadiran kupu kupu tersebut tidak mengganggu aktivitas dari kerbau tersebut. Hal ini dikarenakan kerbau akan memakan rumput yang ada diwilayah tersebut tanpa mengganggu kupu kupu, sedangkan kupu kupu akan mencari makanan berupa nektar yang biasanya mereka cari ketika siang hari. Akan tetapi jika melihat keduanya bersama dalam satu lingkup akan kelihatan lebih harmonis.

Artikel terkait : Daur Hidup Kupu Kupu

Sponsors Link

4. Burung Hantu dengan Kambing

Burung hantu yang dikenal sebagai hewan noktural ternyata memiliki hubungan yang netralisme dengan kambing. Meskipun keduanya berada didalam satu wilayah yang sama, mereka tidak akan mengganggu satu sama lain. Bagaimana tidak ? Kambing akan memakan rumput di pagi hari tanpa mengganggu burung hantu yang sedang tidur disekitar pohon didekat kambing tersebut memakan rumput, sedangkan burung hantu sendiri akan mencari mangsanya pada saat malam hari ketika para kambing sedang tidur. Burung hantu tersebut tentunya tidak akan mengganggu kambing, mereka justru akan berfokus pada mangsanya tersebut. Jadi, pola interaksi antara burung hantu dengan kambing dapat dikatakan sebagai salah satu contoh simbiosis netralisme.

Artikel terkait : Homeostasis dalam Ekosistem

5. Kambing dengan Ayam

Kambing yang merupakan hewan herbivora memiliki hubungan yang baik dengan ayam. Hal ini ditunjukkan dengan keakraban mereka apabila disatukan dalam satu wilayah tertentu. Keduanya tidak akan memperebutkan makanan ataupun wilayah mereka, mereka justru berbaur satu sama lain. Selain itu, faktor perbedaan makanan antara keduanya inilah menjadi faktor terpenting kedua makhluk hidup ini hidup damai dan tidak terdapat kompetisi ataupun predasi. Sehingga hubungan keduanya ini dapat dikatakan sebagai salah satu contoh simbiosis netralisme yang terjadi antara hewan satu dengan hewan yang lainnya. ( baca : Cara Memelihara Ayam )

6. Semut dengan Rayap

Semut dan rayap merupakan sama sama serangga kecil yang biasanya keduanya bekerja secara berkelompok dalam mendapatkan makanan ataupun tempat tinggal. Jika kedua serangga ini disatukan dalam satu wilayah, keduanya tidak akan mempengaruhi satu sama lain, tidak saling merugikan ataupun menguntungkan. Hal ini dikarenakan semut akan membuat atau mencari tempat tinggalnya sendiri, juga akan mencari makanannya dengan cara bergotong royong.

Sedangkan rayap juga akan melakukan hal yang serupa, mereka akan mencari tempat serta makanan untuk dikumpulkan dan dijadikan sebagai cadangan makanan apabila musim penghujan tiba. Pola interaksi yang terjadi diantara keduanya ini sangat netral sehingga tidak heran jika kedua serangga ini termasuk dalam simbiosis netralisme.

Artikel terkait : Cara Hewan Beradaptasi dengan Lingkungannya

7. Panda dengen Kera

Panda dan kera merupakan 2 makhluk hidup yang memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang. Panda dengan kepribadiannya yang malas bergerak, sedangkan kera yang selalu aktif berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Interaksi yang terjadi diantara keduanya sangatlah normal, mereka tidak saling mengganggu ataupun bersaing dalam memperebutkan wilayah ataupun makanan. Sehingga tidak mengherankan apabila panda dan kera disatukan dalam satu wilayah, keduanya akan damai saja dan pola interaksi yang terjadi diantara keduanya inilah yang disebut sebagai simbiosis netralisme.

Artikel terkait : Hewan yang Hampir Punah – Hewan Aneh di Dunia

8. Kumbang dengan Lebah

Kumbang merupakan makhluk hidup kecil yang sering kita temukan menempel pada daun suatu tanaman. Para kumbang ini akan mencari makanan dengan cara menumpang di daun tumbuhan, sedangkan lebah sendiri akan mencari makanannya yang berupa nektar pada tanaman yang memiliki bunga. Meskipun lebah dan kumbang tersebut berada dalam satu tanaman, akan tetapi keduanya tidak saling mengganggu, mereka akan sibuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga interaksi yang terjadi antara keduanya ini merupakan bagian dari simbiosis netralisme, tidak saling menguntungkan ataupun merugikan satu sama lain.

Artikel terkait : Manfaat Lebah bagi Bunga

Sponsors Link

9. Lebah dengan Capung

Interaksi selanjutnya adalah interaksi antara lebah dengan capung yang sama sama mahkluk hidup kecil yang sering terbang bebas dalam satu wilayah ataupun dalam wilayah yang lebih luas. Akan tetapi apabila 2 makhluk tersebut bertemu, mereka tidak akan saling mengganggu. Hal ini dikarenakan kebiasaan mereka yang sangat bertolak belakang.

Para lebah akan mencari nektar sebagai makanannya tanpa berkompetisi dengan capung serta apabila lebah membuat rumahnya disuatu tempat, maka para capung tidak akan mengganggu ataupun terganggu dengan aktivitas dari lebah tersebut. Interaksi yang terjadi diantara keduanya ini cukup damai, sehingga tidak mengherankan apabila keduanya ini masuk dalam contoh simbiosis netralisme pada hewan.

Artikel terkait : Sistem Pernapasan pada Serangga – Sistem Ekskresi pada Serangga

10. Katak dengan Ikan

Katak yang merupakan hewan amfibi tentu juga akan mencari makanannya di air. Mereka nantinya akan bertemu beberapa jenis ikan yang juga mencari makanannya di dasar air ataupun dipermukaan air. Meskipun demikian, katak nantinya tidak akan memakan makanan yang dikonsumsi para ikan, mereka akan sibuk mencari makananya sendiri. Selain itu meskipun keduanya berada pada satu wilayah yang sama, mereka tidak akan berebut wilayah satu sama lain, mereka justru akan berbaur satu sama lain.

Artikel terkait : Daur Hidup Katak

Nah, itulah beberapa contoh simbiosis netralisme yang terjadi pada hewan yang dapat kita temukan dilingkungan sekitar. Netralisme antara hewan satu dengan yang lain ini tentunya dapat menciptakan keseimbangan lingkungan yang baik serta menjaga agar tidak terjadinya kompetisi ataupun predasi antar makhluk hidup demi kelangsungan hidupnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 05th, August 2017 / 06:31 Oleh :
Kategori : Hewan

Our Sponsors